33 C
Jakarta
Kamis, 21 Oktober, 2021

IBM X Hello Tractor Tingkatkan Agribisnis Blockchain

duniafintech.com – IBM Research telah bekerja sama dengan perusahaan teknologi pertanian Amerika Serikat, Hello Tractor, untuk meningkatkan industri pertanian Afrika dengan blockchain. Kemitraan tersebut dijelaskan dalam pos blog 11 Desember di situs web resmi IBM.

Baca juga : Line Akuisisi GrayHash Tingkatkan Keamanan Fintech

Menurut pos, divisi Riset IBM di Kenya bekerja sama dengan pengembang Hello Tractor untuk menerapkan berbagai alat dan teknologi, termasuk blockchain, ke platform seluler Hello Tractor yang memungkinkan petani untuk mengakses layanan traktor sesuai permintaan.

Secara khusus, para ilmuwan IBM Research akan menggabungkan teknologi blockchain dan Internet of Things (IoT) ke platform alat Hello Tractor. IBM Research juga bermaksud untuk mengintegrasikan platform dengan solusi cloud miliknya IBM Cloud, serta Watson Decision Platform for Agriculture, alat agribisnis yang dikembangkan bersama berdasarkan kecerdasan buatan/artificial intelligence (AI).

Platform baru yang dikembangkan bersama dilaporkan akan mewakili “dompet digital pertanian” yang menampilkan platform AI berbasis blockchain yang akan memberikan tingkat transparansi tinggi dari data yang dibagikan secara instan antara semua pihak yang terlibat dalam rantai nilai agribisnis tertentu.

Secara, pilot tersebut diharapkan untuk mengatasi berbagai proses dalam industri pertanian, seperti prediksi hasil panen oleh petani, manajemen pemanfaatan armada dan pemeliharaan prediktif, dan kompilasi portofolio kredit untuk petani dan pemilik traktor oleh bank, juga sebagai proses investasi dan regulasi oleh pemerintah.

Menurut IBM, kurang dari 20 persen tanaman dikelola oleh traktor dan mesin lain di sub-Sahara Afrika hingga saat ini, sementara permintaan makanan terus meningkat karena pertumbuhan penduduk rata-rata 11 juta per tahun. Selain itu, sekitar 50 persen petani menghadapi kerugian panen yang signifikan setiap tahun, yang disebabkan oleh praktik penanaman yang buruk.

Pekan lalu, blockchain venture wing Overstock.com, Medici Ventures membeli $ 2,5 juta dalam ekuitas dalam proyek blockchain pertanian GrainChain, yang memungkinkan rantai pasokan untuk melacak proses distribusi panen.

Awal tahun ini, pemerintah Ethiopia menandatangani MOU dengan crypto startup Cardano (ADA) untuk menerapkan teknologi blockchain ke industri agritech negara.

Written by : Dinda Luvita
Picture by : Pixabay.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

DIREKTORI LIST

ARTIKEL TERBARU

Bitcoin Pecah Rekor Sepanjang Masa, Analis Berharap Lewati US$100.000

Reli terbaru Bitcoin ke harga tertinggi sepanjang masa di atas US$66.000 sudah memunculkan gelombang prediksi bullish baru, dengan harga cryptocurrency sudah lebih dari dua...

Komite Senat Australia Buat 12 Rekomendasi untuk Regulasi Crypto

Komite Terpilih Senat Australia sudah menyerahkan laporan terakhirnya tentang tinjauan selama setahun terhadap pendekatan negara ini terhadap peraturan kripto dan blockchain. Seperti dikutip dari...

Bitcoin Lewati Rp932 Juta Setelah Peluncuran ETF di NYSE

Harga Bitcoin (BTC) terus naik. Harga Bitcoin sempat dijual Rp932 juta di marketplace Indodax, Kamis (21 Oktober 2021) dini hari. Hal ini terjadi semenjak...

Keuntungan dan Daftar Produk Asuransi Rawat Inap Terbaik di Indonesia

Produk asuransi kesehatan dengan manfaat asuransi rawat inap sangat berperan untuk membebaskan dari kekhawatiran dan kegelisahan terkait kondisi keuangan yang terganggu akibat tidak adanya...

Kasus Pinjaman Online: Contoh dan Cara Melaporkan

Belakangan ini marak terjadi kasus pinjaman online, mulai dari penipuan yang mengatasnamakan pinjaman online terpercaya, pinjaman online ilegal, kasus pinjaman online tidak dibayar, hingga...
LANGUAGE