26 C
Jakarta
Rabu, 29 Juni, 2022

Rekomendasi Ide Bisnis Kekinian 2022 dengan Modal Rp1 Juta

JAKARTA, duniafintech.com – Ide bisnis kekinian 2022 menjadi sebuah hal yang penting bagi Anda yang sedang mencari peluang usaha dengan modal Rp1 juta. Saat ini,  memang sudah tidak zaman lagi ide bisnis Anda terhenti hanya karena alasan belum punya modal besar. 

Padahal, dengan bermodalkan hanya Rp1 jutaan, Anda sejatinya sudah bisa mendapatkan keuntungan yang kemudian dapat dimanfaatkan untuk memenuhi perencanaan keuangan lebih baik.

Nah, apa saja sih ide bisnisnya? Simak yuk dalam ulasan berikut ini.

  1. Ide Bisnis Kekinian 2022: Cetak Foto Polaroid

Jasa cetak foto polaroid nyatanya termasuk bisnis bermodal kecil tapi menguntungkan. Foto bergaya polaroid ini banyak diminati sebab memberikan kesan keren dan cocok untuk dijadikan koleksi, aksesoris aesthetic ruangan, serta dekorasi acara.

Dengan modal printer khusus foto dan 1 set kertas foto yang dijual dengan harga ekonomis, Anda sudah bisa memulai bisnis ini. Bahkan, kalau Anda bisa mengembangkan kreativitas dengan jasa cetak foto polaroid ini maka Anda bisa mendapat lebih banyak keuntungan lebih.

Contohnya, dengan mendesain berbagai background foto yang membuat pelanggan lebih tertarik untuk mencetak foto dengan jasa Anda.

  1. Bisnis Kaos Pre-Order: Ide Bisnis Kekinian 2022

Contoh usaha kekinian yang bisa dimulai dengan modal 1 juta, yakni membuka jasa kaos pre-order. Ide ini tak kalah menarik karena industri fashion seolah tidak pernah ada matinya. 

Anda juga tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk modal karena dengan sistem pre order, kaos atau baju yang akan diproduksi adalah kaos yang sudah dipesan dan pembeli sudah membayarkan DP (down payment) atau uang muka di awal.

  1. Souvenir pernikahan

Keperluan pernikahan yang semakin unik dan beragam juga menjadi peluang bisnis menarik yang harus dipertimbangkan, salah satunya adalah souvenir unik terbuat dari kain flanel yang dapat dibentuk jadi gantungan kunci atau bros.

Dengan modal kain flanel 1 meter, Anda bisa membuat 50 gantungan kunci. Setiap gantungan kunci dijual seharga Rp4 ribu, lalu kalikan 50, sehingga hasilnya Rp200.000. 

Biasanya, untuk pernikahan sederhana, diperlukan 250 gantungan kunci. Dengan demikian, total modal yang dibutuhkan sebesar Rp1 juta. Dari situ, Anda bisa keuntungan sekitar Rp862.500 atau hampir dua kali lipat.

  1. Usaha Dropship 

Ini merupakan contoh usaha kecil-kecilan yang bisa dibilang modalnya Rp0 alias tanpa perlu modal. Sistem dropship dalam bisnis belanja online memiliki kemudahan akses dengan bujet minim.

Anda cukup menggunakan gadget yang dimiliki untuk memposting produk-produk yang dijual melalui sosial media.  Usahakan produk yang dijual berkaitan dengan kebutuhan harian agar peminat barangnya terus ada, misalnya seperti baju, perabot rumah tangga, hijab, dan sebagainya. 

Pilih juga reseller yang terpercaya, lihat review dari para pembeli di toko online yang akan menjadi reseller Anda. Tujuannya agar produk yang dijual nantinya tidak mengecewakan pembeli. Lakukan bisnis ini dengan konsisten agar keuntungannya bisa sangat menjanjikan.

  1. Pembuatan Parsel atau Hamper

Usaha kecil-kecilan seperti pembuatan parsel atau hamper ini hanya perlu modal Rp1 juta untuk membeli keranjang dan peralatan pendukung lainnya. Bisnis yang satu ini bisa mendulang keuntungan yang sangat besar menjelang hari raya.

Bahkan, kalau Anda jeli melihat peluang dan pintar menyusun strategi pasar maka Anda bisa mengembangkan bisnis parsel ini dalam skala yang intens, misalnya parsel untuk pernikahan, hantaran, atau acara lainnya.

Dengan demikian, setiap bulan bahkan minggu pasti akan ada saja orang yang membutuhkan jasa pembuatan parsel/hampers ini untuk berbagai keperluan. Jangan lupa juga untuk melakukan promosi di media sosial agar jangkauan bisnis pembuatan parsel Anda semakin luas.

  1. Butik Preloved Sistem Konsinyasi

Ingin menjual barang-barang bekas? Cobalah buka butik preloved sederhana di rumah Anda sebagai ide bisnis kekinian 2022.

Awali dengan mengumpulkan outfit-outfit yang tidak terpakai milik Anda dan keluarga. Anda juga bisa mengajak teman-teman untuk titip jual barang preloved mereka di lapak Anda dan tawarkan sebagian keuntungan dari setiap penjualan. 

Di samping itu, pilih rak-rak baju gantung yang menarik untuk display t-shirt, kemeja, atau dress preloved milik Anda. Supaya makin cepat cuan, jangan lupa buka akun Instagram khusus jualan dan promosikan di sana juga. Selain itu, Anda juga bisa memasarkan barang-barang ini lewat marketplace.

  1. Usaha Makanan Beku (Frozen Food)

Salah satu ide bisnis makanan kekinian yang sedang hype, yakni usaha makanan frozen food atau juga makanan ready to cook. Sebagai permulaan, gunakan dulu freezer kulkas di rumah untuk penyimpanan sementara.

Jika permintaan terus bertambah maka Anda bisa mulai pertimbangkan membeli freezer dengan ukuran penyimpanan lumayan besar. Freezer bekas dengan kualitas yang bagus pun bisa jadi pilihan.

Adapun risiko bisnis berjualan makanan beku ini bisa dibilang sangat minim mengalami basi lantaran makanan yang dijual memang khusus dikemas untuk tahan lama.

  1. Jual Sarapan di Depan Rumah

Masih terkait ide usaha menjual makanan yang serba praktis, kali ini Anda bisa menjual menu sarapan cukup mudah diolah. Contohnya, nasi uduk atau lontong sayur.

Meski cukup mudah diolah, tetapi menu ini pasti disukai oleh masyarakat Indonesia. Sekarang, tergantung pada Anda bisa bikin sarapan yang lezat atau tidak.

Jangan salah, saat menu makanan yang Anda jual itu enak maka tidak sedikit orang yang merekomendasikan makanan-makanan itu ke orang lain. Orderan sarapan yang dijual di depan rumah Anda juga akan semakin banyak.

  1. Menerima Pesanan Kue

Ini bisa jadi ide bisnis kekinian modal kecil yang menarik. Pada hari-hari tertentu, Anda bisa terima pesanan kue yang memang jadi andalan Anda, misalnya kue kering, cake, dessert box, atau jenis kue-kuean kekinian lainnya.

Tidak akan ada  yang bisa menolak kenikmatan camilan yang satu ini dan target pasarnya pun dijamin ada di mana-mana. Bisnis ini tidak butuh banyak modal, bergantung pada jumlah pesanan kue yang diterima.

Baca juga: Apa Saja Manfaat Asuransi Bisnis? Yuk, Simak Ulasannya di Sini

  1. Jual Kue dan Jajanan Pasar

Ada satu lagi ide bisnis kekinian 2022 terkait makanan ringan kecil-kecilan buat Anda yang memang hobi memasak, yakni menjual kue dan jajanan pasar. Anda bisa menjual berbagai jajanan pasar seperti risol, pastel, lemper, dan arem-arem. 

Adapun kue dan jajanan pasar memang tidak memiliki modal yang terlalu besar. Kalau Anda bisa menjual dengan rasa yang enak maka jualan Anda pasti akan diburu para pembeli.

  1. Jual Pulsa dan Paket Internet

Ide lainnya adalah berjualan pulsa dan paket internet. Usaha ini menguntungkan dalam jangka panjang sebab pulsa sudah menjadi kebutuhan penting masyarakat masa kini.

Anda tidak harus membuka konter pulsa di depan rumah sebab kini Anda juga bisa berjualan pulsa dan paket internet lewat e-commerce.

12 Jasa Jahit

Membuka usaha jahit tidak harus investasi dengan beli mesin jahit mahal. Namanya juga bisnis kecil-kecilan, mesin jahit bekas yang kualitasnya baik pun bisa digunakan.

Nah, awali bisnis kecil-kecilan yang satu ini dengan menawarkan jasa permak pakaian ke tetangga sekitar Anda yang memang membutuhkan.

  1. Usaha Laundry

Usaha laundry tidak harus bermodalkan puluhan juta sebab dengan modal Rp1 juta Anda kini juga bisa memulai usaha laundry rumahan. Cara cerdas yang kekinian untuk memulai usaha laundry rumahan adalah dengan bekerja sama dengan usaha laundry yang sudah besar.

Sistem kerjanya, yaitu rumah Anda dijadikan tempat untuk mengumpulkan baju para pelanggan yang ingin mencuci pakaiannya. Di samping itu, Anda juga harus memilah baju tersebut berdasarkan kategori jenis pakaian.

Lantas, tunggu kurir laundry datang mengambil semua pakaian tersebut. Keuntungan yang didapat adalah komisi dari tiap potong pakaian yang dicuci pelanggan.

  1. Bisnis Parkir di Lahan Strategis

Jika Anda punya properti di daerah strategis, misalnya dekat mall, perkantoran, stasiun dan lainnya, maka itu bisa dijadikan modal usaha kecil-kecilan yang kekinian. Keterbatasan lahan parkir di bangunan-bangunan itu bisa jadi peluang bagus untuk Anda menyediakan tempat parkir.

Modal untuk menyediakan lahan parkir ini bahkan tidak sampai Rp1 juta. Anda hanya perlu membuat portal sederhana dan pastikan bahwa keamanannya selalu terjaga selama masih ada kendaraan di situ.

Baca juga: Simak Yuk! Inilah 16 Tips Bisnis Frozen Food Rumahan untuk Pemula

  1. Usaha Cuci Motor

Masih terkait dengan kendaraan, jumlah pengguna sepeda motor pun semakin tahun semakin meningkat. Hal itu tentu bisa membuka peluang kamu untuk memulai bisnis jasa cuci motor sebagai ide bisnis kekinian 2022. 

Modal yang dibutuhkan berupa pompa air, semir ban, shampo motor dan kain untuk mengeringkan. Dengan bermodalkan Rp1 juta, bisnis ini sudah dapat menjadi sumber rezeki bagi Anda dan orang yang dipekerjakan nantinya.

  1. Membuka Toko Kelontong

Adapun toko kelontong yang menjual berbagai keperluan sehari-hari mulai dari kopi, roti, air minum, dan beberapa jualan snack adalah salah satu bisnis kecil-kecilan yang bisa dicoba. Apalagi, daerah Anda termasuk jauh dari toserba atau minimarket.

Anda bisa memulai membuka toko kelontong dengan lapak kecil di depan rumah. Modal barang dagangan bisa disesuaikan dengan kebutuhan warga sekitar, bahkan sangat mungkin untuk dimulai dengan harga di bawah Rp1 jutaan.

  1. Jualan Sayur-mayur di Teras Rumah

Dengan memanfaatkan lapak di depan rumah, Anda bisa menjadikan kebutuhan rumah tangga yang satu ini sebagai peluang bisnis.  Usaha ini cocok bagi yang sudah berumah tangga.

Caranya adalah Anda berbelanja bahan sayur-mayur dan kebutuhan dapur lainnya di pasar. Lalu, kamu jual lagi di teras rumah. Tidak perlu banyak modal buat ide bisnis satu ini sebab Anda bisa sisihkan uang Rp1 juta buat beli berbagai sayur, beragam buah, bumbu-bumbu dan beberapa kilogram ikan maupun ayam.

  1. Waralaba Minuman

Contoh ide bisnis minuman kekinian kecil-kecilan berikutnya, yakni waralaba minuman. Namun, ingatlah untuk jangan asal pilih franchise minuman. Pastikan minuman itu memang lagi ngehits atau dicari banyak orang, misalnya boba atau kopi kekinian.

Banyak dari jenis usaha seperti ini bisa dimulai hanya dengan modal Rp1 jutaan. Akan tetapi, yang harus diperhatikan baik-baik adalah skema balik modal yang ditawarkan pihak franchisor. Jangan sampai terjebak skema keuntungan yang menggiurkan karena bisa jadi itu hanya sebatas ilustrasi.

  1. Menjual Gorengan

Buat Anda yang tinggal di daerah padat penduduk, menjual gorengan bisa menjadi pilihan yang tepat. Anda bisa menjual gorengan seperti bakwan, tempe goreng, cireng, pisang goreng, dan beberapa jenis gorengan lainnya.

Tanpa perlu modal sampai Rp1 jutaan, Anda pun sudah bisa menjalankan bisnis yang satu ini.

  1. Nasi Goreng Rumahan

Kalau Anda hobi memasak maka menjual nasi goreng rumahan di malam hari tentu menjadi pilihan yang tepat sebagai salah satu ide bisnis kekinian 2022. Sebelum memulai usaha, Anda bisa mencoba berbagai resep nasi goreng, lalu bertanya kepada tetangga resep mana yang paling enak menurut mereka.

Namun, jangan terpaku di nasi goreng saja sebab kwetiau dan mie goreng juga bisa menjadi menu andalan Anda untuk bisnis yang satu ini.

  1. Usaha Jus Buah

Salah satu ide bisnis rumahan dengan modal kecil berikutnya, yaitu membuka usaha jus buah. Minuman ini menjadi primadona bagi mereka yang suka makanan dan minuman sehat. Hal itu karena jus buah bagus untuk memenuhi nutrisi tubuh karena buah mengandung banyak vitamin dan mineral.

Anda pun bisa memulai usaha ini dengan modal di bawah Rp1 juta untuk keperluan membeli blender, gelas plastik, dan bahan-bahan jus lainnya.

  1. Jual Mainan Anak 

Bisnis jualan mainan anak dapat sangat menguntungkan kalau ditekuni. Cukup dengan modal kurang dari Rp1 juta untuk membeli mainan anak di pasar secara grosir, kemudian jual dengan harga yang lebih tinggi.

Namun, perhatikan juga saat menaikan harga mainan. Kuncinya, yaitu untung sedikit, tetapi barang atau mainan yang laku banyak.

  1. Jasa Potong Rambut

Jasa potong rambut juga sangat memungkinkan untuk ditekuni jika Anda punya passion di bidang ini. Cukup bermodalkan gunting dan alat cukur rambut, Anda sudah bisa membuka usaha potong rambut di teras rumah. 

Modal yang dibutuhkan untuk membuka usaha ini sekitar Rp1 juta sebab alat cukur yang dijual berkisar Rp150 ribu sampai paket alat cukur yang lengkap sekitar Rp900 ribuan.

  1. Jasa Cuci Sepatu

Adapun jasa cuci sepatu menjadi bisnis yang populer akhir-akhir ini. Dengan jumlah pebisnis yang masih sedikit memungkinkan, Anda punya peluang untuk menguasai pasar. 

Modal diperlukan juga tidak besar untuk memulai bisnis cuci sepatu rumahan. Berbekal pengetahuan tentang merawat sepatu, deterjen khusus, dan peralatan yang sesuai, Anda sudah bisa langsung menjalankan bisnis ini.

  1. Usaha Warung Kopi

Membuka warung kopi alias warkop juga bisa menjadi peluang bisnis yang cukup menggiurkan. Keuntungan yang ditawarkan juga tidak main-main sebab bisa sampai 50% dari modal yang dikeluarkan.

Hanya bermodal kopi saset seharga Rp1.500 dan air panas, Anda sudah bisa menjual satu cangkir kopi dengan harga Rp2.000—Rp3.000.

Demikianlah penjelasan mengenai ide bisnis kekinian 2022 yang perlu Anda ketahui. Dengan modal hanya Rp1 juta, Anda sudah bisa meraup keuntungan yang terbilang lumayan. Selamat mencoba!

Baca juga: Wow, Pelaku Bisnis di Singapura Mulai Terima Pembayaranan dengan Kripto

Penulis: Kontributor/Boy Riza Utama

Editor: Rahmat Fitranto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Mengenali P2P Lending Syariah, Halal Tanpa Riba

JAKARTA, duniafintech.com – Mengenali P2P Lending Syariah nampaknya menjadi salah satu hal yang penting saat ini. Kemajuan teknologi membuat peer to peer (P2P) lending...

Kelebihan dalam P2P Lending Syariah, Halal Pastinya!

JAKARTA, duniafintech.com – Kelebihan dalam P2P lending syariah akan jadi pembahasan tim DuniaFintech.com kali ini. Untuk lebih mengenal apa itu P2P lending syariah, simak...

Cara Kerja Akad P2P Lending Syariah, Simak ini Guys!

JAKARTA, duniafintech.com – Cara Kerja Akad P2P Lending Syariah, seperti apa? Kini anda bisa dengan bebas berinvestasi dan mengajukan pembiayaan syariah melalui fintech P2P...

Bengkel Spesialis Mercy, Ini Daftar Lengkapnya

JAKARTA, duniafintech.com – Bengkel spesialis Mercy terdekat adalah tempat yang paling dicari oleh pengguna mobil keluaran Jerman ini. Di samping lantaran membutuhkan perawatan khusus, di...

Tahapan Investasi P2P Lending Syariah, Jadi Solusi Keuangan

JAKARTA, duniafintech.com – Tahapan investasi P2P lending syariah kali ini bisa dijadikan solusi, jika Anda mencari investasi yang terpercaya dan menawarkan imbal hasil yang...
LANGUAGE