22.8 C
Jakarta
Minggu, 29 Mei, 2022

Simak Yuk! Inilah 16 Tips Bisnis Frozen Food Rumahan untuk Pemula

JAKARTA, duniafintech.com – Tips bisnis frozen food rumahan untuk pemula berikut ini penting diketahui oleh Anda yang berniat untuk membuka usaha dimaksud.

Sebagai informasi, peluang usaha aneka frozen food homemade pun kini kian terlihat geliatnya, di antaranya karena beberapa hal berikut ini:

  • Praktis: bagi konsumen dan penjual, makanan beku merupakan menu yang praktis karena penyimpanan di freezer yang baik bisa membuat makanan beku siap dikonsumsi kapan saja dengan cara yang mudah. Adapun bagi para penjual, frozen food sangat mudah disimpan dan cepat laku sehingga perputaran bisnis cukup menjanjikan.
  • Tanpa pengawet: kendati tahan dalam jangka waktu tertentu, tetapi makanan beku tidak menggunakan bahan pengawet atau MSG. Makanan ini justru akan rusak jika diberi bahan pengawet dan bahan tambahan lainnya
  • Peluang bisnis makanan beku masih terbuka lebar. Dengan modal yang kecil dan cara pengelolaan barang yang mudah, tentu bisnis ini akan memberikan keuntungan yang menjanjikan bagi Anda.

Lalu, apa saja tipsnya? Simak ulasannya di bawah ini.

  1. Tips Bisnis Frozen Food Rumahan untuk Pemula: Berkomitmen!

Sebelum memulai bisnis ini, Anda perlu menanamkan niat yang kuat dan komitmen yang dalam untuk mengembangkan sebuah usaha. Kalau komitmen awal dari diri sendiri sudah kuat maka rencana mendirikan bisnis makanan beku ini dapat berjalan kendati banyak rintangan di depan.

  1. Lakukan Riset Terlebih Dahulu—Tips Bisnis Frozen Food Rumahan untuk Pemula

Kendati memulai bisnis frozen food terbilang cukup mudah, tetapi tentunya Anda tidak dapat segampang itu memulainya. Anda perlu melakukan riset terlebih dahulu terkait modal, bahan baku, cara pengolahan, penyimpanan, dan cara distribusinya. Terlebih kalau Anda ingin mengolah makanan beku sendiri dari bahan-bahan mentah yang kamu siapkan

  1. Kenali Produk dengan Baik

Terdapat banyak contoh frozen food yang tersedia di pasaran. Sebelum Anda memutuskan untuk memilih produk-produk yang akan dijual, tentukanlah satu jenis makanan beku yang jadi pilihanmu. Dengan fokus pada satu jenis frozen food, Anda bisa menyasar pasar yang telah Anda ciptakan sendiri dan ini sangat baik untuk pengembangan bisnis selanjutnya.

  1. Pilih Produk Frozen Food yang Unik

Sebagai pebisnis pemula dan baru terjun dalam dunia makanan beku, Anda mesti memahami produk yang unik. Dalam sebuah bisnis produk, Anda perlu mengetahui tentang positioning, differentiation, dan branding dari produk yang bakal ditawarkan. Produk yang akan dijual itu harus punya ciri khas tersendiri agar tidak mudah diikuti oleh pesaing.

Baca juga: Dear Investor Pemula, Begini Cara Beli Bitcoin Melalui Pedagang Aset Kripto Resmi di Indonesia

  1. Tentukan Target Pasar dan Pelanggan yang Sesuai

Pangsa pasar frozen food begitu luas sehingga bakal membuat Anda mencari-cari pelanggan yang akan disasar. Tidak mungkin Anda langsung bisa memenuhi kebutuhan pasar seluas itu. Oleh sebab itu, penting untuk memetakan secara spesifik target pasar dan pelanggan dari produk yang akan dijual.

  1. Pelajari Persaingan

Sebagai pebisnis baru dalam dunia makanan beku, sebaiknya Anda tidak terlalu takut dengan adanya pesaing. Dengan adanya pesaing, hal itu justru menandakan bahwa pangsa pasar memang sudah tercipta dan Anda hanya perlu membuat strategi marketing yang jitu untuk bisa bersaing secara sehat dengan kompetitor.

  1. Pikirkan Modal

Biasanya, fokus utama para pebisnis pemula selalu berkaitan dengan modal. Adapun langkah awal untuk mempersiapkan modal, yakni dengan menghitung anggaran yang dibutuhkan untuk memulai bisnis frozen food ini. Catatlah dengan detail dan rinci semua kebutuhan dan dana yang diperlukan.

  1. Miliki Peralatan Storage/Penyimpanan yang Benar

Adapun kunci dari bisnis makanan beku, yakni media penyimpanan yang baik. Kalau suhu dingin tetap terjaga maka produk bakal aman dan siap dijual dalam kondisi yang segar. Akan tetapi, kalau penyimpanan kurang baik maka hal itu dapat menyebabkan produk menjadi busuk sehingga tidak bisa dijual dan tentunya Anda akan mengalami kerugian.

  1. Jalin Relasi dengan Produsen Terpercaya

Buat Anda yang berkeinginan bekerja sama dengan produsen frozen food maka carilah supplier frozen food terdekat terpercaya dan kerja sama bisnis yang baik. Hubungilah produsen dan supplier untuk memperoleh penjelasan skema kerja sama yang ditawarkan. Datangilah kantor dan cari tahu soal katalog produk frozen food, keunggulan, dan juga sistem kerja sama yang diajukan.

  1. Pilih Metode Pemasaran yang Tepat

Walaupun Anda baru merintis usaha bisnis makanan beku, Anda juga mesti memahami tentang metode pemasaran yang tepat untuk mendongkrak penjualan. Anda dapat memanfaatkan media sosial untuk mengiklankan dan mempromosikan bisnis makanan beku yang kamu rintis.

Baca juga: Berapa Ya Limit Kartu Kredit Mandiri? Ketahui Selengkapnya di Sini

  1. Cobalah Berjualan Online

Di samping menggunakan media sosial untuk sarana promosi dan menjual produk frozen food, Anda pun dapat membuka akun toko online, misalnya di Instagram, Tokopedia, atau Shopee untuk mempermudah transaksi dengan para konsumen. Banyak keuntungan yang didapat saat melakukan transaksi di toko online.

  1. Miliki Lisensi Makanan jika Ingin Memperluas Usaha

Seluruh produk makanan beku yang dikeluarkan oleh produsen besar pastinya sudah punya lisensi dan memenuhi persyaratan legalitas. Akan tetapi, bagi Anda yang membuat produk olahan makanan beku sendiri, sebaiknya Anda sudah mengantongi legalitas seperti izin BPOM, PIRT, Halal MUI, dan lainnya.

  1. Memiliki Nilai Tambah/Keunikan Tersendiri

Menjadi penggiat bisnis berarti Anda mesti jeli terhadap tren dan yang diinginkan konsumen saat ini. Hal itu dapat menjadi peluang besar saat Anda mampu melirik apa yang sedang digemari banyak orang dan produk apa yang menjawab kebutuhan tersebut.

  1. Tambah Networking dan Teman

Kendati Anda baru merintis bisnis makanan beku ini dalam skala rumahan, tetapi Anda dapat mengajak rekan dan kerabat untuk menjadi marketing atau reseller. Kalau produk yang Anda tawarkan memang benar baik dan layak untuk dikonsumsi maka pastinya banyak kerabat yang tidak segan untuk mempromosikannya.

  1. Pertimbangkan untuk Memiliki Distributor/Reseller

Mungkin saja ketika baru merintis bisnis frozen food ini Anda akan menjadi reseller dan bekerja sama dengan beberapa distributor. Hal itu akan membuat Anda punya banyak macam-macam frozen food dari distributor yang berbeda dan semakin mudah untuk menjualnya. Dengan menjadi reseller produk yang sudah ada, Anda pun tidak perlu lagi membangun brand dari awal dan product development dari nol.

  1. Waralaba Bisnis Frozen Food

Tips bisnis frozen food rumahan untuk pemula yang terakhir adalah banyaknya produsen membuka sistem waralaba untuk melebarkan penjualan sehingga Anda dapat bekerja sama dengan menjadi mitra waralaba dari sebuah brand besar dengan sistem yang sudah terkelola dengan baik tanpa harus membangun semuanya dari nol dan belajar bisnis dengan risiko kerugian.

Baca juga: China, Vietnam hingga Jepang Incar Tanaman Penghasil Emas RI, Ternyata Banyak di Sekitar Rumah

 

Penulis: Kontributor/Boy Riza Utama

Editor: Rahmat Fitranto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Pembatalan Polis Asuransi Mobil: Prosedur dan Risikonya

JAKARTA, duniafintech.com – Pada dasarnya, pembatalan polis asuransi mobil merupakan cara menyelesaikan polis asuransi mobil yang masih dalam masa pertanggungan. Dalam arti, belum satu...

Baik Online Maupun Offline, Begini Cara Bayar Mandiri Virtual Account

JAKARTA, duniafintech.com – Pengertian Mandiri virtual account adalah metode pembayaran dari Bank Mandiri untuk bertransaksi di e-commerce atau aplikasi belanja online dengan menggunakan nomor...

2.290 Calon Jemaah Haji Riau Siap Berangkat ke Tanah Suci Awal Juni 2022

JAKARTA, duniafintech.com - Sebanyak 2.290 orang calon jemaah haji dari Provinsi Riau siap berangkat ke Tanah Suci. Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama Provinsi Riau...

Investasi Bodong Minyak Goreng, Emak Asal Ponorogo ini Masuk Penjara 4 Tahun

JAKARTA, duniafintech.com - EV (30) warga Desa Munggung, Kecamatan Pulung, Ponorogo, diamankan Satreskrim Polres Ponorogo usai melakukan penipuan investasi bodong, dengan kedok jual minyak...

Indonesia Masuk Jebakan Utang dari China?, Ini Jawaban Luhut..

JAKARTA, duniafintech.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marinves) Luhut Binsar Pandjaitan buka suara terkait anggapan bahwa Indonesia telah terperangkap jebakan utang...
LANGUAGE