32.7 C
Jakarta
Rabu, 25 Mei, 2022

IKI Modal Tawarkan Pinjaman untuk Modal Usaha

IKI Modal adalah bisnis financial technology (fintech) peer to peer lending (P2P Lending) Indonesia yang melayani pembiayaan secara online. Platform ini punya fungsi menjadi penghubung antara pemberi dana dengan penerima pembiayaan melalui platformnya.

Jika kamu ingin menjadi pemberi modal di platform IKI Modal, kamu dapat memberikan pendanaan mulai dari Rp 3 juta. Sedangkan, bagi kamu yang ingin mengajukan pinjaman sesuai kebutuhan usaha tinggal mengakses platform ini untuk diproses.

Platform ini menerima segala kebutuhan modal kerja dan cash flow dari agen PPOB dan Remittance, serta agen-agen PPOB dan/atau pengiriman/pencairan uang, dapat mengajukan pinjaman talangan cash flow atau modal kerja melalui IKI Modal.

Cara Kerja IKI Modal

Platform pembiayaan modal kerja ini menyediakan sistem penilaian kelayakan kredit (credit risk rating sheet) yang komprehensif, sistem pembayaran yang mudah dengan Virtual Account, serta teknologi mutakhir yang mampu meningkatkan pengalaman penggunaan bagi pendana dan peminjam.

Calon peminjam dapat mengajukan pinjaman untuk tujuan modal usaha, bisnis, maupun pinjaman karyawan secara daring (dalam jaringan) di IKI Modal. Nantinya, calon peminjam di platform ini akan dipertemukan dengan pemberi pinjaman dalam marketplace online setelah pengajuan pinjaman disetujui oleh platform.

Di dalam platform marketplace IKI Modal ini, pemberi pinjaman dapat memilih tujuan dari modal pendanaannya akan dialokasikan berdasarkan tujuan peminjaman masing-masing dari peminjam. Dengan begitu, para pemberi pinjaman dapat melihat transparansi dan memilih siapa yang akan menerima pinjaman tersebut.

Mengajukan Pinjaman di  Platform

Bagi kamu yang ingin mengajukan peminjaman, maka platform ini bisa kamu manfaatkan. IKI Modal adalah platform yang menyediakan layanan pinjam meminjam uang secara daring yang bertujuan membantu pemilik usaha kecil menengah (UKM) untuk mendapatkan bantuan modal dan kebutuhan usahanya.

Platform ini memberikan pinjaman mulai dari Rp 3 juta dengan jangka waktu atau tenor peminjaman mulai dari 3 bulan, 6 bulan, 9 bulan, hingga 12 bulan. Para peminjam dapat memilih tenor yang sesuai dengan kemampuannya.

Menariknya, operasional platform pinjol ini telah mencakup dan melayani pinjaman ke seluruh wilayah Indonesia. Di sisi lain, platform pinjol yang telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan terdaftar sebagai anggota asosiasi fintech pendanaan bersama Indonesia (AFPI) menerima berbagai jenis industri peternakan, perdagangan, pengolahan, perkebunan, dan lain sebagainya.

Untuk syarat yang harus dilengkapi, platform ini menetapkan peminjam harus sesuai dengan ketentuan sebagai berikut.

  1. Calon peminjam berdomisili di wilayah Indonesia
  2. Calon peminjam punya omzet atau pendapatan bisnis yang tercatat dengan baik dan rapi

Para calon peminjam juga harus melengkapi dokumen untuk mengajukan pinjaman, laporan keuangan minimal 1 tahun terakhir.

Pihak pinjol memiliki credit risk rating sheet, yaitu salah sarana yang digunakan untuk mengidentifikasi pengajuan pinjaman untuk menilai kelayakan pemberian kredit komersial serta memonitor perkembangan risiko penerima pinjaman saat kredit berjalan.

Sehingga, penggunaan sarana ini bisa mengelompokkan calon penerima pinjaman ke dalam urutan klasifikasi risiko, mulai dari yang rendah, hingga yang tinggi. Apabila calon peminjam telah memenuhi persyaratan di atas, maka pihak platform akan menganalisis pengajuan pinjaman yang telah diajukan selama 2×24 jam.

Sebagai informasi, platform ini menetapkan biaya administrasi sebesar 6 persen dan suku bunga yang cukup kompetitif, mulai dari 0,13 persen per hari.

Menjadi Pemberi Pinjaman

Bagi kamu yang ingin menjadi pemberi pinjaman, kamu dapat mendaftarkan diri melalui situs website resmi IKI Modal. Jika data diri kamu telah diverifikasi, maka kamu akan melihat laman marketplace yang terdiri dari pengajuan pinjaman dari para pelaku UKM yang membutuhkan modal.

Sebagai informasi, platform ini menerima perorangan yang ingin memberikan pinjaman serta bisnis yang mencari alternatif investasi dengan hasil yang cukup tinggi daripada melakukan deposito di Bank.

Bagi para pemberi pinjaman, pihak platform memberikan jaminan bahwa seluruh pengajuan pinjaman yang tersedia di marketplace ini telah melalui metode credit risk rating sheet sebagai tahap evaluasi usaha UKM dari aspek kepemimpinan, manajemen, kinerja keuangan, komposisi pembiayaan, bidang usaha, dan koleteral jika tersedia.

Para pemberi pinjaman akan mendapatkan keuntungan dari suku bunga yang diberikan kepada masing-masing pemilik usaha. Para pemberi pinjaman akan mendapatkan pinjaman pokok sesuai jangka waktu yang ditentukan penerima dana.

Sementara itu, angsuran pokok dan keuntungan bunga akan dibayarkan per bulan atau secara keseluruhan di akhir jatuh tempo pinjaman.

 

Penulis: Kontributor

Editor: Anju Mahendra

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Rekomendasi Ide Bisnis Kekinian 2022 dengan Modal Rp1 Juta

JAKARTA, duniafintech.com – Ide bisnis kekinian 2022 menjadi sebuah hal yang penting bagi Anda yang sedang mencari peluang usaha dengan modal Rp1 juta. Saat...

Mau Beli Kacamata Pakai BPJS? Intip Cara dan Daftar Optiknya di Sini

JAKARTA, duniafintech.com – Tertarik untuk beli kacamata pakai BPJS Kesehatan? Sejatinya, caranya sangatlah gampang. Pasalnya, Anda bisa langsung datang ke optik yang bekerja sama...

Investasi Digital Mulai Tercoreng dan Perlu Segera Dipulihkan

JAKARTA— Ekosistem investasi digital tampaknya sekarang menjadi tercoreng karena beberapa pemberitaan buruk yang terjadi belakangan ini. Ini tentunya mengancam literasi keuangan digital. Padahal, masih...

Bertandang ke Indonesia, Elon Musk hingga Bill Gates Konfirmasi Hadir di B20 Summit Bali

JAKARTA, duniafintech.com – Orang terkaya di bumi dipastikan berkumpul pada agenda B20 Summit Bali. Chair of B20 Indonesia Shinta Kamdani menyampaikan bahwa sejumlah pebisnis...

Gegerkan Masyarakat, Sumber Harta Karun Emas 2 Miliar Ton Ditemukan di NTB

JAKARTA, duniafintech.com - Jumlah harta karun Indonesia akan bertambah setelah PT. Sumbawa Timur Mining (STM) mengumumkan adanya potensi sumber daya tembaga dan emas di...
LANGUAGE