25 C
Jakarta
Selasa, 19 Oktober, 2021

Impor BBM dari Singapura dengan Blockchain Telah Dilakukan HSBC Bangladesh

DuniaFintech.com – Satu langkah besar penggunaan Blockchain dalam industri kembali terjadi. Kali ini dilakukan oleh HSBC Bangladesh. HSBC Bangladesh telah menyelesaikan perdagangan lintas batas bertenaga blockchain pertama di negara itu yang diselesaikan menggunakan letter of credit dengan melakukan impor bbm dari Singapura dengan Blokchain.

Perusahaan perbankan global HSBC cabang Bangladesh tersebut telah melakukan transaksi letter of credit berbasis Blockchain pertama di negara itu dengan menggunakan platform Contour DLT. Transaksi tersebut digunakan untuk menyelesaikan impor BBM dari Singapura dengan Blockchain sebanyak 20.000 ton bahan bakar minyak dari anak perusahaan United Mymensingh Power di Singapura.

Baca juga:

Kepala eksekutif HSBC Bangaladesh, Md Mahbub ur Rahman, menggambarkan transaksi tersebut sebagai bukti komitmen bank untuk mendukung perdagangan lintas batas oleh bisnis Bangladesh menggunakan platform teknologi mutakhir.

“Saya yakin ini akan mengantarkan era baru perutean transaksi perdagangan internasional karena bisnis dan pemerintah mengakui transparansi, keamanan, dan kecepatan dalam melakukan tugas menggunakan teknologi blockchain,” ungkap Rahman.

Blockchain Jadikan Prosedur Layanan Lebih Efisien

Layanan pembayaran global SWIFT memperkirakan bahwa perdagangan Bangladesh menggunakan letter of credit atau LC bernilai lebih dari $ 34 miliar selama paruh pertama tahun 2020. Dengan memanfaatkan teknologi blockchain, waktu yang dibutuhkan untuk memproses transaksi berkurang dari antara lima hingga 10 hari menjadi kurang dari 24 jam. 

Managing Director United Group, Moinuddin Hasan Rashi, mengatakan, “LC bahan bakar minyak sangat sensitif terhadap waktu di mana setiap detik diperhitungkan dan kami percaya teknologi Blockchain ini akan membantu mengelola waktu secara efisien dan juga memastikan peningkatan efisiensi dan manajemen biaya yang lebih baik.”

Contour adalah platform Blockchain yang dibangun menggunakan Corda R3 yang menghubungkan lembaga keuangan dan entitas perusahaan dalam jaringan pembiayaan perdagangan terdesentralisasi. Contour dimiliki oleh delapan lembaga keuangan termasuk HSBC, ING, Citi, Bangkok Bank, BNP Paribas, Standard Chartered, SEB dan CTBC. Pengembangan platform dimulai pada pertengahan 2017, kemudian diberi nama “Voltron”, sebelum diluncurkan dalam versi beta tertutup pada tahun berikutnya.

Delapan puluh entitas berbeda yang mencakup 17 negara telah menguji Contour menjelang peluncuran beta komersialnya pada awal tahun 2020. Sementara itu versi uji cobanya baru keluar bulan lalu.

Contour juga telah digunakan untuk menyelesaikan 176.000 perdagangan bijih besi antara Malaysia dan China, dengan Bank Pembangunan Asia yang berbasis di Filipina juga menggunakan platform tersebut untuk melaksanakan transaksi LC Blockchain lintas batas pertama antara Vietnam dan Thailand.

(DuniaFintech/ Dita Safitri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

DIREKTORI LIST

ARTIKEL TERBARU

OJK Dorong Pertumbuhan Teknologi Finansial Urun Dana

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus mendorong peran industri teknologi finansial urun dana atau securities crowdfunding (SCF) untuk meningkatkan skala bisnis pelaku UMKM di Indonesia. Pasalnya,...

Regulatory Sandbox: Strategi Jitu Tangkal Kealpaan Regulasi Fintech

Center for Indonesian Policy Studies (CIPS) menilai, penggunaan regulatory sandbox atau ruang uji coba terbatas bagi para perusahaan rintisan di bidang finansial teknologi atau...

Kesenjangan Akses Keuangan antara Kota dan Desa, Ini Kata OJK

Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen, Tirta Segara mengungkapkan bahwa masih tercipta gap atau kesenjangan yang cukup lebar...

Disinggung OJK, AFPI Putus Keanggotaan Penagih Utang PT ITN

Kantor milik PT Indo Tekno Nusantara (ITN) digerebek kepolisian pada Kamis, (14/10) lalu. ITN merupakan perusahaan penagih utang yang mengoperasikan 13 perusahaan pinjol, di...

Tentang Waktu dan Petunjuk Cara Ikut Lelang Pegadaian

Lelang Pegadaian adalah penjualan barang gadai oleh Pegadaian dengan cara dilelang kepada khalayak masyarakat. Mengingat debitur tidak sanggup melunasi pinjamannya, Pegadaian pun berhak untuk...
LANGUAGE