26.7 C
Jakarta
Jumat, 30 September, 2022

Cepat Kaya di Era Digital, Inilah Peluang Bisnis Menjanjikan pada Era Revolusi Industri

Duniafintech.com – Perkembangan zaman membuat industri teknologi semakin berkembang secara alami. Para inovator selalu ingin terus menggali lebih dalam lagi inovasi-inovasi baru dalam rangka mempermudah kinerja hidup manusia. Hal inilah yang membuat muncul berbagai peluang bisnis menjanjikan era revolusi industri 4.0.

Revolusi pada industri 4.0 merupakan fase revolusi teknologi yang mengubah cara beraktivitas manusia dalam skala, ruang lingkup, kompleksitas, dan transformasi dari pengalaman hidup yang sebelumnya. Prinsip dasar revolusi industri 4.0 adalah menggabungkan mesin, alur kerja, dan sistem dengan menerapkan jaringan cerdas di sepanjang rantai dan proses produksi.

Apa saja peluang bisnis menjanjikan era revolusi dari industri terbaru ini? Apakah bisa memberikan keuntungan besar bagi lapisan masyarakat Indonesia? Simak di sini.

Mendirikan Startup

Pemerintah melalui Kementerian Perindustrian telah membuat inisiatif Making Indonesia 4.0 yang berfokus pada lima sektor industri untuk implementasi sistem industri 4.0. Kelima sektor tersebut adalah industri makanan dan minuman, otomotif, elektronik, kimia, serta tekstil dan produk tekstil.

Mendirikan startup yang berfokus pada industri tersebut akan membuat jalan Anda lebih mudah karena sangat berpotensi mendapatkan dukungan dari pemerintah. Namun, demikian bukan berarti Anda harus mengikuti rekomendasi tersebut, karena masih banyak sekali sektor industri yang belum memiliki pemain besar, misalnya industri artificial intelligence, augmented reality, crypto, fintech, dan masih banyak lagi.

Baca Juga:

Bisnis Jual Beli Online

Saat ini Indonesia sudah memiliki beberapa marketplace besar seperti Tokopedia dan Bukalapak yang dapat Anda manfaatkan untuk jual beli online. Tidak peduli ukuran bisnis, marketplace dapat memberikan kesempatan yang sama kepada seluruh pelaku bisnis, baik bisnis besar maupun kecil.

Dengan besarnya jumlah pengguna di marketplace tersebut, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk promosi – meski masih lebih baik jika Anda memiliki anggaran untuk itu. Selain itu, dengan jual beli online, Anda juga tidak perlu mengeluarkan biaya lain seperti biaya sewa tempat dan biaya operasional, sehingga keuntungan Anda akan lebih maksimal.

On-Demand Service

Peluang bisnis menjanjikan era revolusi industri selanjutnya adalah bisnis on-demand service. Bisnis ini adalah layanan jasa yang diberikan setelah ada permintaan dari penggunanya. Contoh, ojek online seperti Gojek dan Grab beserta produk-produk turunannya.

Ada banyak sektor yang dapat Anda masuki, mulai dari housekeeping, cuci motor atau mobil, produk-produk custom, jasa lukis, dan masih banyak lagi. Inilah saat kejelian Anda diuji, temukan sektor yang memiliki pasar yang luas dan belum memiliki pemain dominan, sehingga Anda lebih mudah untuk memenangkan persaingan bisnis.

Itulah beberapa peluang bisnis menjanjikan era revolusi industri 4.0. Jika memang Anda jeli, maka Anda bisa memanfaatkan revolusi industri ini menjadi pundi-pundi uang yang menguntungkan.

(DuniaFintech/VidiaHapsari)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Butuh Integrasi Pertumbuhan Hijau

JAKARTA, duniafintech.com - UOB Indonesia berpandangan bahwa proses integrasi pertumbuhan hijau ke dalam strategi pembangunan nasional akan menjadi kunci dari pertumbuhan ekonomi berkelanjutan jangka...

Potensi Resesi di Negara Maju Tahun 2023

JAKARTA, duniafintech.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani memperkirakan negara maju seperti Amerika Serikat dan Uni Eropa sebagai negara penggerak perekonomian dunia, diprediksi akan memiliki...

Harga BBM Indonesia Masih Lebih Murah Dibanding Negara Lain

JAKARTA, duniafintech.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menilai harga bahan bakar minyak (BBM) di Indonesia masih tergolong lebih murah jika dibandingkan dengan negara-negara lain. Jokowi...

Literasi Keuangan dan Inklusi Keuangan Timpang, Timbulkan Korban

JAKARTA, duniafintech.com - Literasi keuangan dan inklusi keuangan yang timpang, menjadi sorotan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. Bamsoet sapaan akrab Bambang Soesatyo menyatakan indeks...

Pinjol Cepat Cair: Prosedur Pengajuan & Daftar Aplikasinya

JAKARTA, duniafintech.com – Pinjol cepat cair adalah pinjaman yang diajukan via aplikasi di smartphone, dengan proses pencairan dana yang cepat. Saat ini, pinjol yang berizin...
LANGUAGE