26.2 C
Jakarta
Jumat, 19 Agustus, 2022

Ingin Cepat Kaya? Atur Keuangan Anti Ribet dengan 5 Tips ini!

DuniaFintech.com – Bagi anda yang menginginkan untuk disiplin secara finansial namun enggan untuk mengelola keuangan karna ribet, DuniaFintech akan membagikan tips atur keuangan anti ribet untuk Anda agar cepat kaya. Mayoritas orang dapat menghabiskan uang yang dihasilkan secara foya-foya pada masa awal bulan, dan mulai berhemat di saat akhir bulan. Di saat akhir bulan, pengeluaran akan berusaha sangat di hemat karena uang gaji yang diterima mungkin sudah habis saat berada di masa akhir bulan.

Kadangkala pengeluaran bulanan Anda tentu akan sedikit sulit untuk diprediksi, sehingga perlu kehati-hatian dalam memperkirakan berapa banyak mengeluarkan uang untuk hal-hal seperti makanan, sewa, utilitas, tagihan ponsel, layanan TV kabel, dan bahkan untuk liburan. Apalagi untuk para pekerja lepas dengan penghasilan yang bervariasi setiap bulan dan mendambakan cepat kaya agar hidup berkecukupan. bukan tidak mungkin untuk membuat anggaran yang sederhana dan realistis.

Dilansir dari laman Grow Acorns, berikut 5 tips untuk membantu Anda atur keuangan anti ribet dengan penghasilan yang tidak menentu:

1. Membuat Target Pengeluaran Setiap Bulan

Cara pertama yang dapat dilakukan untuk atur keuangan anti ribet adalah dengan mencatat seluruh rencana alokasi dana di awal bulan. Hal tersebut dapat membantu agar bisa menyisihkan beberapa lembar uang yang dapat ditabungkan. Buatlah catatan tersebut di smartphone pribadi saja sekalian dipakai untuk pengingat. Selain itu, Anda juga dianjurkan untuk selalu menyiapkan dana darurat jika suatu saat ada pengeluaran yang tak terduga. Percayalah bahwa jika Anda rutin melakukan hal tersebut, tabungan pasti akan menggendut seketika.

2. Membawa Sedikit Uang Tunai di Dompet

Di zaman yang serba modern, segala jenis teknologi telah tersedia. Begitupula dalam hal bertransaksi, Anda bisa menggunakan e-money agar lebih mudah. Lagipula hal tersebut akan membantu untuk lebih berhemat.

Baca Juga:

3. Cobalah untuk Berburu Diskon jika Berbelanja

Semua orang pasti tidak asing dengan istilah diskon. Istilah tersebut dapat diartikan sebagai sebuah potongan harga yang dikeluarkan oleh penjual untuk menarik banyak pembeli. Hal tersebut juga akan sangat menguntungkanmu sebagai konsumen untuk berhemat. Maka dari itu cobalah untuk senantiasa mencari diskonan sebanyak mungkin agar pengeluaran bisa terjaga.

4. Hindari Membeli Barang Tidak Dibutuhkan

Setiap orang wajib berhemat jika ingin hidup dengan berkecukupan. Yang harus Anda lakukan pertama kali dengan tidak berbelanja sesuatu tak penting. Jangan pernah turuti gengsi akibat rasa iri yang timbul karena orang lain. Cobalah menahan semua keinginan untuk membeli sesuatu meskipun hal tersebut sangat susah. Fokus pada pemenuhan kebutuhanmu saja dan sesekali cobalah untuk memberikan self-reward kepada diri sendiri karena telah berhasil dalam berhemat.

5. Menabung Sekaligus Investasi

Jika Anda ingin tabungan tidak berhenti di angka itu-itu saja, cobalah untuk menabung sekaligus berinvestasi. Apalagi di zaman yang serba digital ini, Anda dapat berinvestasi melalui berbagai platform yang bisa diunduh di smartphone. Namun alangkah lebih baik jika kamu berinvestasi reksa dana karena platform tersebut sangat cocok untuk investor pemula. Di dalam investasi reksa dana kamu hanya perlu menabung secara rutin agar keuntungan itu bisa muncul dengan sendirinya.

(DuniaFintech/VidiaHapsari)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Alasan Token ASIX tak Lolos Izin, Bappebti Beberkan Hal Ini

JAKARTA, duniafintech.com - Token ASIX milik pesohor tanah air, Anang Hermansyah tak lolos izin dari Badan Pengawas Bursa Berjangka Komoditi (Bappebti). Hal ini lantas...

Bisa Dicoba! Inilah Pilihan Platform untuk Mining Ethereum

JAKARTA, duniafintech.com - Platform untuk mining Ethereum (ETH) penting diketahui, guna mendukung proses mining atau penambangan tersebut. Selain trading, cara mudah untuk mendapatkan kripto jenis...

Penambahan Modal BUMN, Erick: Jangan Dibilang Utang Lagi 

JAKARTA, duniafintech.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memberikan penjelasan gamblang mengenai rencana penambahan modal sejumlah BUMN  seperti PT Bank Tabungan...

Cara Top Up OVO lewat ATM Permata hingga Internet Banking

JAKARTA, duniafintech.com – Cara top up OVO lewat ATM Permata dan beberapa metode lainnya berikut ini perlu disimak oleh pengguna layanan ini. Kalau kamu sering...

Cara Cek Tagihan Kartu Kredit BCA dengan 6 Metode Termudah

JAKARTA, duniafintech.com – Cara cek tagihan kartu kredit BCA dengan beberapa metode termudah berikut ini tentunya penting untuk diketahui. Di samping kartu debit, Bank BCA...
LANGUAGE