29.9 C
Jakarta
Selasa, 29 November, 2022

Jalani Usaha Musiman? Ini Dia Tips Biar Bisnis Untung

DuniaFintech.com – Menemukan ide bisnis bukanlah hal mudah. Ada banyak hal yang harus Anda lakukan biar bisnis untung. Tapi jika ingin cara yang cepat, Anda bisa memilih bisnis musiman.

Bisnis musiman sendiri adalah sebuah bisnis jangka pendek yang biasanya hanya bertahan saat trennya masih ada. Begitu tren berakhir, biasanya bisnis juga ikut bubar.

Meskipun terdengar sulit, faktanya banyak orang yang berhasil meraup keuntungan besar dengan menjalankan bisnis musiman. Ada beberapa tips yang bisa Anda praktekkan biar bisnis untung walaupun sifatnya hanya musiman.

  1. Cek Apa yang Sedang Tren

Karena namanya bisnis musiman, Anda tentu harus tahu tren. Apa yang sedang disukai dan digemari di pasaran? Jika produk yang ingin dijual makanan, dapatkan resepnya. Apabila produknya berupa pakaian, temukan bagaimana Anda bisa mendapatkannya (misalnya dengan memproduksi sendiri atau mencari supplier). 

Paham tren saja tidak cukup. Karena produk yang Anda tawarkan juga ditawarkan oleh banyak pedagang lain, pastikan Anda memasang harga yang bersaing. Jangan lupa sesuaikan dengan segmentasi pasar agar bisnis untung.

  1. Sisipkan Hal Unik dalam Produk Anda

Bayangkan Anda menjual tahu goreng di antara pedagang tahu goreng lainnya. Anda akan terlihat sama saja dan pelanggan akan kesulitan menemukan Anda. Salah satu cara untuk membuat bisnis Anda standout adalah dengan menyisipkan sesuatu yang berbeda.

Anda bisa menggunakan nama unik, memberikan promo yang menarik hingga memberikan harga yang jauh lebih murah. Ini akan membuat orang lain memilih Anda di antara ribuan pedagang lain yang menjual produk serupa.

Baca Juga:

  1. Pastikan Stok Barang Tidak Berlebihan/Overload

Tren kerap kali tidak bisa dibaca dengan pasti. Apa yang disangka orang akan segera berakhir, bisa saja bertahan hingga bertahun-tahun. Begitu juga sebaliknya. Karena Anda tidak tahu kapan tren akan berakhir, pastikan Anda tidak menyimpan stok barang dalam jumlah yang terlalu banyak. Ini penting untuk menghindarkan Anda dari kerugian besar seandainya tren menyurut.

  1. Lakukan Promosi di Berbagai Platform

Promosi adalah kunci penting agar bisnis untung. Manfaatkan media sosial untuk memperkenalkan produk Anda. Jika memungkinkan, manfaatkan juga marketplace sebagai sarana untuk menjangkau konsumen yang lebih luas.

  1. Pintar-pintar Membaca Tren

Sebagai pebisnis musiman, Anda tentu tidak bisa hanya menggantungkan diri pada satu tren saja. Jika tren A sudah berakhir, bisnis Anda tentu tidak boleh ikut berakhir bukan?

Caranya adalah dengan membaca atau memprediksi pergerakan tren yang berikutnya. Ketika Anda bisa membaca tren yang akan datang, Anda akan berada satu langkah di depan dan mungkin saja akan menjadi trendsetter bagi pebisnis musiman lain.

Itu dia beberapa tips penting yang bisa Anda coba biar bisnis untung meski musiman. Selamat mencoba!

(DuniaFintech/Dita Safitri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

BI Fast Tambah 29 Bank Peserta, Biaya Transaksi Hanya Rp2.500

JAKARTA, duniafintech.com – BI Fast akan kian meluas. Hal itu sejalan dengan kian bertambahnya jumlah peserta pada layanan keuangan ini. Adapun pada Senin (28/11), Bank...

Asuransi Mobil Terbaik 2022, Simak Rekomendasinya Yuk!

JAKARTA, duniafintech.com – Asuransi mobil terbaik menjadi salah satu bentuk perlindungan penting bagi kendaraan roda empat milik kamu. Hal itu karena aset ini punya nilai...

Investasi Kripto Terpercaya di Aplikasi, Ini Rekomendasinya

JAKARTA, duniafintech.com – Investasi kripto terpercaya dan aplikasinya tentu penting untuk diketahui jika ingin terjun ke investasi ini. Aset crypto sendiri dalam beberapa waktu terakhir...

Berita Fintech Indonesia: 6 Pinjol Legal Bunga Rendah Terbaik

JAKARTA, duniafintech.com – Berita fintech Indonesia terbaru kali ini akan mengulas tentang pinjaman online bunga rendah terbaik saat ini. Pinjol dengan bunga rendah memang masih...

Dollar ke Rupiah Hari Ini, Simak Kurs Selengkapnya di Sini

JAKARTA, duniafintech.com – Dollar ke rupiah hari ini, sesuai kurs, melemah pada level Rp 15.673 di perdagangan pasar spot Jumat (25/11). Rupiah melemah 0,05% dibanding...
LANGUAGE