25 C
Jakarta
Senin, 18 Oktober, 2021

Ini Penyebab Harga Bitcoin Turun Seminggu Terakhir

Penyebab harga Bitcoin dan banyak kripto turun ternyata sudah diketahui. Beberapa regulasi di luar negeri masih menghambat kenaikan Bitcoin.
Berita utama baru-baru ini menunjukkan tindakan keras peraturan global terhadap cryptocurrency belum berakhir. Seperti yang dikutip dari coindesk, pada hari Kamis, Perusahaan Listrik Negara China mengumumkan bahwa mereka sedang melakukan inspeksi pada bitcoin dan fasilitas penambangan kripto lainnya.

Artikel tersebut menyatakan bahwa mata uang virtual seperti bitcoin membuang-buang energi dan menghindari pengawasan keuangan, dan tidak memiliki status hukum yang jelas di China,” cuitan crypto newswire WuBlockchain, seperti laporan coindesk.

Juga pada hari Kamis, Gubernur Riksbank Swedia Stefan Ingves memperingatkan bahwa “uang pribadi biasanya runtuh lebih cepat daripada nanti” selama konferensi perbankan. Ingves juga membandingkan bitcoin dengan “perdagangan perangko” dan menyatakan keprihatinan tentang pencucian uang.

Dan minggu lalu, Otoritas Sekuritas dan Pasar Eropa menerbitkan sebuah laporan yang menyatakan bahwa “harga aset kripto sangat fluktuatif dan beroperasi di luar kerangka peraturan UE (Uni Eropa) yang ada, yang menimbulkan masalah perlindungan investor.”

Bitcoin diperdagangkan sekitar $45.000 pada Sabtu 11 September 2021 dan turun sekitar 8% selama seminggu terakhir. Beberapa analis memperkirakan harga Bitcoin akan turun dan bisa naik dan akan berkonsolidasi dengan dukungan terdekat pada rata-rata pergerakan 200 hari, meskipun ada kenaikan dan resistensi tetap kuat di sekitar level harga $50.000.

Support Harga Ether sudah Terlihat

Ether, cryptocurrency terbesar kedua di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar, telah memberi sinyal support di atas level breakout $3.000 yang dicapai pada bulan Agustus. ETH turun dari level resistensi $4.000 karena pembeli tidak dapat menyamai harga tertinggi sepanjang masa di sekitar $4.360 yang dicapai pada bulan Mei.

Berita tentang Altcoin

Selain itu, ada beberapa berita besar tentang Altcoin yang terjadi dalam waktu dekat ini. Salah satunya adalah Alonzo hardfork dari Cardano (ADA).

Pertukaran Cryptocurrency Binance mengumumkan dukungannya terhadap hard fork Cardano, yang akan dimulai sekitar pukul 21:44 UTC pada hari Minggu. Setoran dan penarikan ADA, token asli Cardano, akan ditangguhkan sekitar pukul 21:00 UTC dan akan dibuka kembali setelah pertukaran menganggap jaringan yang ditingkatkan menjadi “stabil.”

Pembaruan jaringan diharapkan membawa fungsionalitas kontrak pintar ke mainnet Cardano, yang saat ini beroperasi di lingkungan testnet. Pertukaran juga mencatat bahwa perdagangan ADA tidak akan terpengaruh.

Kemudian, ada SCOPE Art Show Miami menjual tiket VIP sebagai NFT: Festival seni bekerja sama dengan YellowHeart, platform tiket acara langsung berbasis blockchain, untuk menjual tiket dalam bentuk token non-fungible (NFT).

NFT telah menjadi tren yang berkembang di ruang seni dan hiburan dengan memberikan akses ke konten dan pengalaman unik dan menghilangkan perantara, menurut Helene Braun dari CoinDesk.

Penulis : Kontributor
Editor : Gemal A.N. Panggabean

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

DIREKTORI LIST

ARTIKEL TERBARU

OJK Dorong Pertumbuhan Teknologi Finansial Urun Dana

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus mendorong peran industri teknologi finansial urun dana atau securities crowdfunding (SCF) untuk meningkatkan skala bisnis pelaku UMKM di Indonesia. Pasalnya,...

Regulatory Sandbox: Strategi Jitu Tangkal Kealpaan Regulasi Fintech

Center for Indonesian Policy Studies (CIPS) menilai, penggunaan regulatory sandbox atau ruang uji coba terbatas bagi para perusahaan rintisan di bidang finansial teknologi atau...

Kesenjangan Akses Keuangan antara Kota dan Desa, Ini Kata OJK

Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen, Tirta Segara mengungkapkan bahwa masih tercipta gap atau kesenjangan yang cukup lebar...

Disinggung OJK, AFPI Putus Keanggotaan Penagih Utang PT ITN

Kantor milik PT Indo Tekno Nusantara (ITN) digerebek kepolisian pada Kamis, (14/10) lalu. ITN merupakan perusahaan penagih utang yang mengoperasikan 13 perusahaan pinjol, di...

Tentang Waktu dan Petunjuk Cara Ikut Lelang Pegadaian

Lelang Pegadaian adalah penjualan barang gadai oleh Pegadaian dengan cara dilelang kepada khalayak masyarakat. Mengingat debitur tidak sanggup melunasi pinjamannya, Pegadaian pun berhak untuk...
LANGUAGE