32.1 C
Jakarta
Minggu, 21 Juli, 2024

Perkembangan Investasi di Indonesia 2018 Meningkat

duniafintech.com – Pasar Indonesia bisa dikatakan sebagai surganya para investor baik itu lokal ataupun mancanegara. Bagaimana tidak? Hal ini dikarenakan, negara Indonesia menjadi salah satu pasar paling potensial di kawasan Asia, dimana pada tahun 2018 perkembangan investasi di Indonesia meningkat.

Lantaran, negara Indonesia masih masuk ke dalam kategori negara berkembang di dunia, hal ini pula yang mendorong banyaknya terjadi invansi yang dilakukan baik itu oleh investor ataupun perusahaan asing yang ingin memperluas jaringan pemasaran produk atau jasa yang mereka miliki ke Indonesia.

Tren dan kebudayaan yang berkembang di Indonesia juga menjadi faktor penting dan penentu, mengapa investor asing ingin menanamkan modalnya di Indonesia.

Semua investor baik dalam ataupun luar negeri mengetahui bahwa budaya konsumtif masyarakat Indonesia memang sudah sangat kental dan mendarah daging dalam kehidupan masyarakat Indonesia, hal ini membuat peluang produk-produk luar negeri untuk bersaing dengan produk lokal menjadi kian kompetitif saja. Peluang inilah yang dimanfaatkan oleh banyak investor untuk memberanikan diri dalam memasarkan dan menawarkan jasa/produk unggulan mereka ke Indonesia.

Investasi di Indonesia 2018 Saat Ini

Berdasarkan data statistik yang dikeluarkan oleh Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), dalam kurun waktu kuartal pertama yaitu dari Januari-Maret 2018, investasi di Indonesia mencapai angka Rp 185,3 triliun.

Dari data tersebut bisa disimpulkan bahwa perkembangan investasi di Indonesia berjalan ke arah yang positif dan sejalan dengan target investasi di Indonesia 2018 yaitu sebesar Rp 765 triliun.

Perkembangan Sektor Usaha di Indonesia

Pada tahun 2018, setidaknya ada beberapa sektor usaha atau industri yang mengalami perkembangan yaitu properti, industri logam, elektronik, perkebunan, transportasi, gudang, listrik , air , gas, dan juga telekomunikasi.

Bagaimana Investasi Pada Bidang Teknologi Melalui Startup di Indonesia Tahun 2018?

Dalam beberapa tahun terakhir investasi pada perkembangan teknologi menjadi sebuah hal yang banyak dibicarakan oleh kalangan luas yakni dari sektor industri digital seperti banyaknya bermunculan bisnis startup-startup di Indonesia yang menawarkan layanan fintech (Financial Technology) dan juga e-commerce.

Namun pada awal tahun 2018, dana investasi baru mengalir kepada beberapa startup terkemuka di Indonesia.

Dana Investasi Baru Startup di Indonesia

Pada awal 2018, startup unicorn, GO-JEK mengumunkan menerima kucuran dana sebesar Rp 20 triliun dari beberapa investor, yang mana nilai investasi tersebut jika benar akan menjadikan GO-JEK mendapatkan investasi terbesar kedua pada periode kuartal pertama 201, dana yang diterima GO-JEK masih kalah dengan pendanaan yang diterima oleh Uber yang diberikan oleh Softbank.

Kabar ini juga menjadi angin segar bagi sektor industri digital di Indonesia. Yang mana, hal ini menunjukkan bahwa iklim industri startup di Indonesia sudah mendapatkan kepercayaan dari pihak investor baik itu lokal maupun mancanegara.

Indonesia “Sebagai Negara Tujuan Investasi Terbaik Kedua di Dunia 2018”

Setelah melihat perkembangan investasi di Indonesia baik dari nilai investasi startup serta berbagai macam sektor usaha lainnya.

Indonesia mendapatkan julukan sebagai “Negara Tujuan Terbaik Investasi Kedua di Dunia 2018”. Tentu saja sebutan atau julukan yang disematkan kepada negara Indonesia tidak begitu saja didapatkan dengan mudah melainkan Indonesia harus menunjukkan bahwa memang iklim investasi di Indonesia memang benar-benar sangat ramah bagi para investor sehingga pihak investor tidak segan-segan mengucurkan dana mereka ke Indonesia dan menjadikan Indonesia sebagai rumah atau surganya para investor.

Indonesia hanya kalah dari negara tetangga, Filipina dalam hal tempat terbaik untuk berinvestasi di dunia. Namun, tetap saja hal tersebut patut kita syukuri dan apresiasi sebesar-besarnya. Dengan semakin banyaknya investasi yang terjadi di Indonesia, hal ini akan memiliki peranan besar dalam pertumbuhan dan pembangunan ekonomi di Indonesia.

Written by: Febrian Surya

 

2 KOMENTAR

Iklan

mau tayang di media lain juga

ARTIKEL TERBARU