31.1 C
Jakarta
Rabu, 25 Mei, 2022

Investasi Emas Tidak Menguntungkan, Ini Alasannya

Emas merupakan investasi yang sering dilakukan sebelum adanya aplikasi untuk mempermudah tabungan jangka panjang. Tetapi siapa sangka jika ada 5 hal investasi emas tidak menguntungkan bagi pemiliknya. Oleh sebab itu investasi emas tidak hanya digunakan sebagai investasi yang mudah tetapi juga harus mengetahui apa saja yang membuat investasi emas tidak baik.

  1. Bentuk Emas

Emas memiliki dua bentuk yang banyak ditemukan di pasaran yaitu batangan dan bentuk perhiasan. Kedua bentuk tersebut memiliki keunggulannya masing-masing bagi pemilik. Bahkan ada perbedaan jika disimpan untuk dijadikan investasi jangka panjang.

Emas yang sudah dijadikan perhiasan bisa menjadi investasi jangka panjang. Tetapi lebih baik jika menggunakan emas batangan untuk dijadikan investasi.

Emas perhiasan memiliki penyusutan kadar saat proses pembuatan, sehingga tidak akan memberikan untung yang besar untuk pemilik. Tetapi berbeda dengan emas batangan yang memiliki nilai tetap karena tidak mengalami penyusutan.

Perhiasan memiliki kelebihan yang bisa digunakan untuk acara atau kegiatan lainnya. Tetapi emas batangan hanya bisa disimpan pada brangkas rumah agar tetap aman.

2. Investasi Emas Bodong

Saat ini investasi emas sangat menguntungkan bagi banyak orang, terutama untuk oknum yang licik agar mendapatkan kemudahan dalam mencari uang. Investasi emas bodong saat ini juga marak terjadi dan merugikan banyak orang. Oleh sebab itu, sebelum melakukan investasi emas cobalah untuk mengecek bagaimana perusahaan tersebut apakah legal atau tidak.

Investasi emas bodong bisa dilihat dari izin OJK yang bisa dicek melalui online. Lalu dengan melihat nama, alamat, nomor telpon yang harus disesuiakan dengan internet agar lebih mudah diamati. Tetapi jika tidak ada informasi mengenai perusahaan cobalah untuk menganalisa pemberian keuntungan dari investasi. Jika keuntungan yang diberikan menggiurkan dan cepat, cobalah untuk berpikir kembali. Sebab tanda investasi bodong adalah memberikan keuntungan yang sangat banyak.

3. Harga Tidak Selalu Naik

Emas memang cocok untuk dijadikan simpanan dan dijual saat dibutuhkan. Bahkan emas memiliki kecenderungan nilai yang tetap. Tetapi emas tidak akan menguntungkan bagi pemilik yang ingin menabung dengan jangka pendek.

Sebab harga pada emas setiap harinya bisa mengalami penurunan, tetapi jika dihitung keuntungan pertahun maka akan ada keuntungan yang terlihat. Sehingga emas sangat cocok investasi jangka panjang yang memberikan keuntungan.

Maka bagi seseorang yang ingin melakukan investasi emas harus memiliki kesabaran dalam menunggu keuntungan.

4. Tidak Bisa Dijadikan Dana Darurat

Emas tidak bisa dijadikan sebagai dana darurat karena sifatnya sebagai investasi jangka panjang. Sehingga tidak bisa dijadikan penambah uang untuk dana cadangan. Sebab harga jual emas memiliki perubahan setiap harinya. Bisa saja sedang meningkat tinggi atau bahkan kurang dari harapan.

Maka cobalah untuk melakukan perencanaan keuangan terlebih dahulu dengan tepat agar bisa dijadikan keuangan yang stabil tanpa mengganggu investasi jangka panjang. Sebab investasi dan dana darurat merupakan dua hal yang berbeda. Persiapkan dahulu dana darurat, asuransi, baru menuju ke investasi.

Sebab investasi hanya bisa dilakukan dengan aman jika tidak menggunakan uang untuk kebutuhan harian. Bahkan investasi akan lebih baik jika digunakan dari hasil penghasilan yang sudah diorganisasi menjadi beberapa bagian.

5. Proses Pembelian

Pembelian pada emas bisa dibagi menjadi dua yaitu dengan proses tunai atau non tunai. Sebab kedua proses pembelian tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jika pembeli menggunakan pembayaran tunai maka harga akan tetap tanpa bunga dan bisa menghasilkan keuntungan lebih cepat.

Sedangkan jika pembelian dilakukan dengan cara kredit, biasanya harga belie mas menjadi lebih mahal. Hal itu bisa terjadi karena adanya suku bunga yang diberikan untuk pembelian barang. Maha harganya pun akan naik sesuai dengan tenor waktu cicilan yang dimiliki.

Maka jika menggunakan cicilan keuntungan akan lebih lama didapatkan karena bunga yang harus ditanggung tersebut.

Dalam merencanakan investasi emas agar menguntungkan harus memiliki perencanaan keuangan yang tepat agar keuntungan lebih banyak. Selain itu jangan sampai membuat beberapa kesalahan yang membuat nilai investasi menjadi berkurang karena keuangan yang kurang siap saat melakukannya.

Penulis : Kontributor

Editor : Gemal A.N. Panggabean

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Mengenal Apa Itu Zenius, Startup Teknologi Edukasi yang PHK 200 Karyawannya

JAKARTA, duniafintech.com – Sedang ramai diperbincangkan, apa itu Zenius? Pada dasarnya, Zenius adalah sebuah aplikasi belajar yang cukup populer di Indonesia. Namun, startup teknologi...

Zenius vs Ruangguru, Manakah yang Lebih Cocok Buat Bimbingan Belajar Online? 

JAKARTA, duniafintech.com - Dua startup bimbingan belajar online terbesar di Indonesia, Zenius dan Ruangguru hadir memberikan fasilitas belajar secara online bagi pelajar di tanah...

Pesaing Ruangguru, Zenius PHK 25 Persen Karyawannya, Total Lebih dari 200 Orang

JAKARTA, duniafintech.com - Perusahaan teknologi edukasi (EduTech) Zenius mengumumkan adanya pemutusan hubungan kerja atau PHK terhadap 25 persen karyawannya atau lebih dari 200 karyawan. Berdasarkan...

8 Tips Memilih Travel Haji dan Biro Umroh Terbaik

JAKARTA, duniafintech.com – Panduan tips memilih travel haji dan biro umroh terbaik ini penting diketahui oleh Anda yang berkeinginan untuk menunaikan ibadah haji atau...

Subsidi Minyak Goreng Curah Akan Dicabut, Mari Simak Harga Migor Terkini

JAKARTA, duniafintech.com – Pemerintah berencana mencabut subsidi minyak goreng curah pada 31 Mei 2022. Tetapi, pencabutan tersebut belum diiringi dengan penurunan harga komoditas tersebut...
LANGUAGE