31.1 C
Jakarta
Rabu, 25 Mei, 2022

3 Tips Investasi Jangka Pendek agar Menguntungkan dan Jenisnya

Saat ingin melakukan investasi, setiap orang harus mengetahui tips yang ada pada investasi yang ingin dilakukan dan jenis investasi apa yang menguntungkan. Terdapat dua istilah investasi yaitu investasi jangka panjang dimana keuntungan yang didapat harus menunggu waktu yang cukup lama. Sedangkan investasi jangka pendek adalah investasi yang keuntungannya akan didapatkan dalam waktu yang singkat. 

Kedua investasi ini memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Tetapi untuk pemula lebih disarankan melakukan investasi jangka pendek. Ketika baru memasuki dunia investasi pemula cenderung tidak sabar dan ingin mendapatkan keuntungan secepat mungkin karena itu investasi jangka pendek sangat cocok. Sebelum kamu melakukan investasi jangka pendek yuk kenali jenis-jenis investasi jangka pendek agar menguntungkan.

  1. Deposito 

Deposito merupakan simpanan dimana untuk menariknya memerlukan waktu yang sudah ditentukan sehingga tidak bisa mencairkannya dengan cara yang bebas. Hal itu disebabkan karena investasi jangka pendek memiliki periode waktu yang beragam dan umumnya 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan ,12 bulan sampai 2 tahun.

Bunga yang ditawarkan dari produk deposito juga lumayan tinggi dan membuat investasi jangka pendek terus menguntungkan.

  1. Surat Utang Negara (SUN)

Surat Utang Negara merupakan pernyataan hutang yang diterbitkan oleh negara untuk para investor. Investasi ini cukup menguntungkan serta sangat aman karena negara menjamin pembayaran modal dan bunga dalam jangka waktu tertentu.

Investor juga bisa memulai investasi ini dengan cepat karena tidak memerlukan modal yang banyak yaitu mulai dari Rp 1.000.000 dan memiliki resiko investasi yang kecil. Cara kerja investasi ini dimulai dari negara mengeluarkan surat untuk investor lalu investor memberikan dana dan dana tersebut digunakan untuk pembangunan dan kebutuhan  negara.

  1. Reksadana

Jika ingin memulai investasi dengan modal yang kecil, reksadana merupakan jenis investasi yang cepat. Selain memerlukan modal yang keci melakukan investasi reksa dana juga sangat cocok bagi kamu yang tidak memiliki waktu dan tidak mengerti resiko investasi.

Cara kerjanya dengan mengumpulkan modal dalam 1 wadah yang dapat dipergunakan, lalu modal tersebut akan dikembangkan lagi oleh manager investasi. Dengan kata lain manager investasi merupakan pihak yang dipercaya untuk mengelola dana yang terkumpul.

Setelah mengetahui jenis-jenis investasi jangka pendek, ada beberapa jenis investasi yang harus dicocokkan dengan kriteria investor. Berikut ini 3 tips dari investasi jangka pendek yang bisa menguntungkan investor

  1. Investor harus mengetahui apa tujuan invetasi.

Jika investor mau melakukan investasi, lebih baik mulailah dengan  memikirkan apa tujuan dalam melakukan investasi dan hal apa yang membuat investor ingin melakukan investasi.

Selain itu investor bisa memulai untuk memikirkan apakah investasi jangka pendek adalah suatu hal yang dibutuhkan atau malah sebaliknya.

Selain itu cobalah untuk menentukan target atau harapan yang inginkan dalam melakukan investasi dan berusahalah untuk mencapainya agar ada hasil yang didapatkan dalam waktu dekat.

  1. Mencari tahu kinerja produk investasi

Setelah yakin dengan pilihan investasi dan sudah mengetahui tujuan serta target yang ingin dicapai. Hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah mengenal produk-produk investasi.

Cobalah untuk mempelajari dan mengenal produk-produk investasi sebelum memastikan dengan jenis investasi yang sesuai, dengan mempelajari dan mengenal produk-produk investasi, seorang investor akan paham produk mana yang cocok dan bisa menghindari terjadinya kerugian dalam melakukan investasi.

  1. Buatlah strategi sebelum melakukan investasi

Setelah memahami dua poin yang ada diatas, jangan hanya sekedar melakukan investasi dan memahami. Dalam Melakukan investasi, harus diperhatikan juga dalam membuat strategi agar mendapatkan keuntungan yang maksimal.

Investasi dilakukan saat kemampuan untuk menganalisa sangat dibutuhkan. Cara termudah untuk melihat kualitas produk invetasi adalah dengan melihat kinerja dari produk tersebut. Untuk dapat menganalisa kinerja produk, bisa dengan cara menilai apakah produk investasi ini baik atau tidak.

Selain ketiga hal tersebut yang ada di atas, cobalah untuk mempertimbangkan beberapa hal sebelum mulai melakukan investasi. Buatlah sebuah pertimbangan yang matang dan persiapkanlah diri sebelum melakukan investasi untuk menghindari kebingungan.

Penulis : Kontributor

Editor : Gemal A.N. Panggabean

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Mengenal Apa Itu Zenius, Startup Teknologi Edukasi yang PHK 200 Karyawannya

JAKARTA, duniafintech.com – Sedang ramai diperbincangkan, apa itu Zenius? Pada dasarnya, Zenius adalah sebuah aplikasi belajar yang cukup populer di Indonesia. Namun, startup teknologi...

Zenius vs Ruangguru, Manakah yang Lebih Cocok Buat Bimbingan Belajar Online? 

JAKARTA, duniafintech.com - Dua startup bimbingan belajar online terbesar di Indonesia, Zenius dan Ruangguru hadir memberikan fasilitas belajar secara online bagi pelajar di tanah...

Pesaing Ruangguru, Zenius PHK 25 Persen Karyawannya, Total Lebih dari 200 Orang

JAKARTA, duniafintech.com - Perusahaan teknologi edukasi (EduTech) Zenius mengumumkan adanya pemutusan hubungan kerja atau PHK terhadap 25 persen karyawannya atau lebih dari 200 karyawan. Berdasarkan...

8 Tips Memilih Travel Haji dan Biro Umroh Terbaik

JAKARTA, duniafintech.com – Panduan tips memilih travel haji dan biro umroh terbaik ini penting diketahui oleh Anda yang berkeinginan untuk menunaikan ibadah haji atau...

Subsidi Minyak Goreng Curah Akan Dicabut, Mari Simak Harga Migor Terkini

JAKARTA, duniafintech.com – Pemerintah berencana mencabut subsidi minyak goreng curah pada 31 Mei 2022. Tetapi, pencabutan tersebut belum diiringi dengan penurunan harga komoditas tersebut...
LANGUAGE