25 C
Jakarta
Selasa, 19 Oktober, 2021

Investasi Properti Digital Ini Tawarkan Investasi Mulai Rp10 Ribu

Bagi sebagian orang, investasi properti mungkin harus dengan membeli sebuah properti dengan modal yang besar. Padahal, saat ini ada cara investasi properti digital yang bisa dimulai dengan nominal yang sangat kecil, yaitu melalui aplikasi PropertiLord.

Perkembangan industri investasi dalam sektor properti membuat Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencanangkan kategori Property Investment Management. Klaster ini akan menyalurkan dana dari para investor kepada aset properti, baik dilakukan secara langsung, atau melalui pembelian saham atau obligasi perusahaan properti. Salah satu platform yang menyediakan wadah investasi di properti adalah PropertiLord.

PropertiLord, Platform Investasi Properti Digital di Indonesia

Perkembangan teknologi membuat hampir seluruh sektor mulai masuk ke ranah digitalisasi, termasuk properti. Melalui teknologi digital, dengan terbitnya Property Investment Management, kini siapa pun dapat melakukan investasi properti dengan cara menjadi investor.

Nah, di Indonesia, tidak banyak platform yang bergerak di sektor propert ini, namun pada 26 Maret 2019 lalu, platform PropertiLord pun muncul untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Nah, platform ini mencatatkan dirinya sebagai platform kategori Property Investment Management pada 14 Januari 2020 melalui Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

PropertiLord diawasi dan tercatat di Otoritas Jasa Keuangan Indonesia (OJK No: S-105/MS.72/2019) dan sedang mengusahakan status terdaftar.

Platform ini dihadirkan dengan tujuan mempermudah masyarakat dalam mendukung sektor properti melalui investasi. Langkah ini tentunya akan sangat membantu para pemilik properti dan kliennya untuk menjual, menyewa, atau mencari berbagai tipe properti.

Melalui PropertiLord, kamu dapat menjadi investor dengan menginvestasikan uang mulai dari Rp 10 ribu saja. Artinya, platform ini dapat dimanfaatkan oleh siapapun, tidak memandang golongan. Hingga saat ini.

Fitur PropertiCrowd

Fitur di atas disebut sebagai PropertiCrowd, yaitu fitur pasar jual beli saham atau kepemilikan property secara tokenisasi yang memungkinkan pengguna melakukan investasi properti mulai dari Rp 10 ribu.

Untuk menjadi investor di platform property crowdfunding ini, kamu harus membeli PL Coin atau token digital yang nantinya akan menjadi nilai dari kepemilikan kamu atas suatu aset properti.

PL Coin merupakan token digital atau tanda bukti digital yang menunjukkan bagian kepemilikan atas suatu aset properti yang dijual di platform ini. Pengguna yang telah memiliki token PL Coin artinya dapat memiliki bagian dari kepemilikan properti yang akan dibelinya.

Nah, untuk nilainya, PL Coin ini memiliki nilai sebesar 1 PL Coin sama dengan Rp 1. Untuk menjadi investor di aplikasi crowdfunding ini, kamu harus melakukan registrasi akun terlebih dahulu, kemudian melakukan verifikasi data sebagaimana yang diminta oleh platform.

Alur Investasi

Bagi yang ingin berinvestasi di platform ini, kamu dapat melakukan investasi di Penawaran Perdana dalam waktu 90 hari. Saat itu, platform akan mengumpulkan dana dari para investor sampai target nominal dana yang dibutuhkan tercapai. Pada penawaran perdana ini, investor bisa membeli token suatu aset properti yang dijual di platform tetapi belum dapat menjual token yang dimilikinya.

Setelah Penawaran Perdana berakhir, kemudian akan dilanjutkan dengan tahapan Pasar Sekunder. Pada tahapan ini, investor bisa membeli token atau menjual token miliknya di harga yang diinginkan investor, dengan pertimbangan dari nilai pasar properti di aplikasi.

Apabila dibandingkan dengan investasi saham pada perusahaan, investasi properti memiliki risiko yang lebih kecil daripada saham perusahaan. Pasalnya, dalam investasi saham perusahaan, apabila perusahaan tersebut mengalami pailit atau bangkrut, maka nilai saham bisa menjadi 0.

Hal ini tidak berlaku apabila kamu berinvestasi di sektor properti melalui aplikasi ini. Di sini, harga token yang kamu miliki tidak akan menjadi 0 karena investasi properti memiliki nilai tanah serta nilai bangunan.

Sedangkan untuk para pemilik properti, kamu dapat mengajukan review aset ke aplikasi PropertiLord. Nantinya, aset tersebut akan direview oleh platform dan apabila diterima, kamu dapat melakukan perjanjian kerja sama dan menitipkan sertifikat yang kamu miliki di platform.

Dengan kehadiran platform ini, tentu saja pemilik properti akan banyak terbantu. Pasalnya, teknologi yang dibawa oleh aplikasi ini dapat menyiarkan properti yang dimilikinya kepada investor, pembeli, atua penyewa sekalipun.

 

Penulis: Kontributor
Editor: Anju Mahendra

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

DIREKTORI LIST

ARTIKEL TERBARU

OJK Dorong Pertumbuhan Teknologi Finansial Urun Dana

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus mendorong peran industri teknologi finansial urun dana atau securities crowdfunding (SCF) untuk meningkatkan skala bisnis pelaku UMKM di Indonesia. Pasalnya,...

Regulatory Sandbox: Strategi Jitu Tangkal Kealpaan Regulasi Fintech

Center for Indonesian Policy Studies (CIPS) menilai, penggunaan regulatory sandbox atau ruang uji coba terbatas bagi para perusahaan rintisan di bidang finansial teknologi atau...

Kesenjangan Akses Keuangan antara Kota dan Desa, Ini Kata OJK

Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen, Tirta Segara mengungkapkan bahwa masih tercipta gap atau kesenjangan yang cukup lebar...

Disinggung OJK, AFPI Putus Keanggotaan Penagih Utang PT ITN

Kantor milik PT Indo Tekno Nusantara (ITN) digerebek kepolisian pada Kamis, (14/10) lalu. ITN merupakan perusahaan penagih utang yang mengoperasikan 13 perusahaan pinjol, di...

Tentang Waktu dan Petunjuk Cara Ikut Lelang Pegadaian

Lelang Pegadaian adalah penjualan barang gadai oleh Pegadaian dengan cara dilelang kepada khalayak masyarakat. Mengingat debitur tidak sanggup melunasi pinjamannya, Pegadaian pun berhak untuk...
LANGUAGE