33.1 C
Jakarta
Minggu, 24 Oktober, 2021

Pilihan Investasi Modal Kecil Mulai Rp10.000

Investasi modal kecil bisa dimulai dari Rp10.000 saja. Dari sini, setiap orang dapat membangun finansial yang mapan di masa depan, karena era digitalisasi memungkinkan semua itu. Dengan kata lain, investasi bisa dilakukan semua kalangan.

Saat ini, sudah banyak wadah bagi para investor pemula untuk melakukan investasi online dengan modal minim. Besar kecilnya modal investasi bergantung pada konsistensi investor dalam berinvestasi.

Investasi modal Rp10.000 mungkin terdengar sepele. Namun, jika itu dilakukan dengan konsisten dalam jangka panjang, tidak menutup kemungkinan akan mendapatkan profit yang maksimal.

Pilihan Investasi Modal Kecil Mulai Rp10.000

Nah, kira-kira apa saja investasi dengan modal kecil tersebut? Simak pilihannya di bawah ini.

1. Saham

Tak sedikit orang skeptis investasi saham bukan karena risikonya, tetapi lebih kepada terbatasnya modal. Paradigma tentang investasi saham memerlukan modal besar menyurutkan keinginan seseorang untuk berinvestasi.

Padahal di zaman serba digital ini, investasi telah menjelma sebagai produk yang dapat dijangkau semua kalangan. Jadi, kamu gak perlu modal jutaan untuk berinvestasi di saham.

Cukup dengan duit Rp10.000, sudah bisa membeli saham sebuah perusahaan. Sebagai contoh, kamu bisa membeli saham IPO atau yang harganya di bawah Rp1.000.

Perlu digarisbawahi, jangan gegabah untuk membeli saham. Pelajari dan cari tahu saham yang kinerjanya baik agar uangmu berkembang meskipun modalnya tipis. Apabila kamu seorang pemula, maka sebaiknya lakukan analisa fundamental terlebih dahulu.

2. Reksa dana

Jika saham menurut kamu saham terlalut njelimet, kamu bisa menggunakan reksa dana untuk memulai investasi modal kecil.

Reksa dana adalah suatu instrumen investasi dengan pengelolaan dananya dipercayakan pada Manajer Investasi (MI) yang sudah mendapat izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Reksa dana tidak termasuk produk perbankan, sehingga tidak dijamin LPS (Lembaga Penjamin Simpanan), seperti deposito.

Perlu diketahui, reksa dana juga tidak dijamin negara karena bukan produk investasi yang dirilis pemerintah. Reksa dana adalah produk investasi pasar modal,yang dapat dipilih jenisnya sesuai profil risikomu.

Untuk lebih mengetahui apa itu reksa dana, berikut 4 jenis reksa dana dengan berbagai risikonya.

  • Reksa dana pasar uang (risiko rendah),
  • Reksa dana pendapatan tetap (risiko rendah),
  • Reksa dana campuran (risiko sedang), dan
  • Reksa dana pasar saham (risiko tinggi)

Reksadana online membuat investasi ini semakin membumi. Sebab, selain mudah, juga murah. Misalnya investasi reksadana online di platform transaksi investasi online milik perusahaan sekuritas.

Siapa pun dapat membeli produk reksa dana yang dijual perusahaan sekuritas dengan modal Rp 10.000 di platform tersebut. Bahkan kamu bisa top up, pengalihan, sampai mencairkannya.

Adapun tempat investasi reksa dana online modal Rp10.000 bisa melalui marketplace atau situs belanja online. Umumnya, marketplace bekerja sama dengan beberapa sekuritas untuk menjual produk reksa dana mereka.

Kemudahan pada investasi reksadana online, yaitu transaksi dapat dilakukan kapanpun dan di manapun hanya lewat gadget atau smartphone. Proses pendaftarannya cepat, hanya dalam hitungan menit, serta ada yang menawarkan bebas biaya transaksi.

Poin penting untuk kamu yang ingin mencoba investasi reksa dana, pastikan pilih tempat investasi reksadana online, dan perusahaan sekuritas sebagai Agen Penjual Efek Reksadana (APERD) yang sudah terdaftar dan diawasi OJK agar lebih tenang dan nyaman dalam berinvestasi.

3. Emas

Harga emas saat ini berada dikisaran Rp 900.000-an per gram. Jika beli offline untuk investasi, setidaknya kamu memerlukan uang Rp1 juta.

Namun investasi emas di era digitalisasi tak memberlakukan model konvensional lagi. Dengan kata lain, sistem yang diterapkan saat ini adalah dengan cara menabung emas melalui aplikasi khusus investasi emas maupun marketplace atau e-commerce.

Membeli emas juga tidak harus langsung satu gram. Oleh karena itu modal untuk investasi emas online pun cukup terjangkau, yakni Rp10.000 saja.

Contohnya saja jika kamu berinvestasi emas online di marketplace. Kamu dapat membeli dan menjual emas atau bertransaksi secara daring. Kendati transaksinya online, tetapi ada fisik emasnya.

Setiap gram emas yang kamu beli akan dikonversi menjadi bentuk fisik dan bisa ditarik kapan saja. Seru kan?

4. Investasi Aset Crypto di Indodax

Belakangan investasi Crypto begitu menarik perhatian publik di Indonesia. Pasalnya, harganya dapat meroket alias melonjak tinggi dalam sehari.

Banyak yang mengira untuk investasi crypto seperti bitcoin memerlukan modal yang besar. Padahal, investasi Crypto tidak ubahnya dengan pilihan investasi yang telah disebutkan di atas. Investasi Bitcoin di dapat dimulai dari Rp10.000 saja di Indodax.

Perlu diketahui, Indodax merupakan salah exchange marketplace pertama dan terbesar dalam investasi jual beli mata uang crypto di Indonesia, dan resmi terdaftar dan diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI)

Selain terdaftar di BAPPEBTI, Indodax juga memiliki dua standar ISO Internasional yaitu standar ISO 9001 mengenai Sistem Manajemen Mutu dan ISO 27001 mengenai Information Security sebagai bentuk tanda keprofesionalan manajemen Indodax.

Itulah beberapa pilihan invetasi dengan biaya yang cukup terjangkau. Kamu bisa memilih satu produk di antara tiga jenis produk investasi di atas.

 

Penulis: Anju Mahendra
Editor: Anju Mahendra

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

DIREKTORI LIST

ARTIKEL TERBARU

Panduan Sukuk Terlengkap untuk Investasi Obligasi Syariah

Investasi obligasi belakangan ini kian diminati sehingga panduan sukuk terlengkap sangat penting untuk diketahui. Istilah sukuk yang menjadi lini investasi ini prospeknya dilirik oleh...

Bunga Bank: Hukum, Faktor yang Mempengaruhi, dan Jenisnya

Bunga bank atau bank interest adalah salah satu istilah perbankan terpopuler, yang meski seringkali didengar, tetapi masih banyak orang yang belum begitu dekat dengan...

Kenali 12 Prinsip Asuransi Syariah sesuai Syariat Islam

Sebagaimana diketahui, prinsip asuransi syariah harus sesuai dengan syariat Islam sebab jenis pertanggungan yang satu ini mendasarkan kriterianya sesuai dengan ajaran Islam. Saat ini,...

Keuntungan dan Cara Menjadikan Perusahaan Go Public

Perusahaan go public berarti perusahaan tersebut telah menawarkan sahamnya kepada masyarakat umum sesuai tata cara yang telah diatur oleh UU Pasar Modal dan Peraturan...

Pinjaman AwanTunai, Layanan Cicilan Online tanpa Kartu Kredit

Awantunai adalah pinjaman online tanpa kartu kredit sehingga memberikan kemudahan dan kenyamanan dalam bertransaksi. Aplikasi ini merupakan sebuah aplikasi cicilan tanpa kartu kredit dan...
LANGUAGE