25 C
Jakarta
Selasa, 19 Oktober, 2021

Mana Lebih Baik Investasi Rumah atau Apartemen?

Salah satu bentuk investasi properti yang menguntungkan adalah investasi rumah. Di samping itu, investasi rumah pun cukup stabil, dengan kemungkinan turun harga yang sangat kecil. Namun, seseorang tetap harus jeli apabila hendak berinvestasi dalam bentuk rumah ini. Hal itu karena terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum membeli rumah untuk investasi.

Dalam hal ini, pertama, harus menentukan lokasi yang bagus agar mudah disewakan atau dijual kembali. Lalu, juga mesti mempertimbangkan fasilitas internal, misalnya ketersediaan kolam renang, taman, keamanan, dan sebagainya.

Di sisi lain, saat akan berinvestasi di industri properti, orang-orang juga dihadapkan pada dua pilihan, yakni antara investasi rumah atau apartemen. Keduanya memang tampak akan memberikan banyak cuan, tetapi manakah yang lebih baik di antara keduanya? Simak ulasan terkait hal itu di bawah ini.

Lebih Baik Investasi Rumah atau Apartemen?

Pilihan antara investasi rumah atau apartemen memang terkadang tampak menyulitkan. Pasalnya, rumah tampak lebih menguntungkan sebab rumah adalah bangunan berkualitas yang dapat menaikkan harga sewa. Akan tetapi, apartemen dengan tipe studio diketahui memiliki harga yang cenderung lebih murah ketimbang rumah standar tipe 45.

Sebelum menjawab dan menentukan mana yang lebih baik di antara kedua investasi di bidang properti itu, sebaiknya ketahui terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan dari keduanya.

Perbandingan antara investasi rumah dan apartemen adalah sebagai berikut:

Kelebihan Investasi Rumah

  1. Lebih mudah dijual.
  2. Lebih mudah dijadikan jaminan kredit di bank.
  3. Bisa disewakan dengan harga tinggi jika bangunan bagus.
  4. Tingkat kenaikan harga umumnya lebih tinggi ketimbang apartemen. 

Kekurangan 

  1. Bangunan mengalami penyusutan nilai hingga 10 persen per tahun, jadi harus direnovasi untuk menaikkan nilai jualnya.
  2. Butuh asuransi, minimal kebakaran, untuk berjaga-jaga.
  3. Bayar biaya lingkungan, seperti kebersihan dan keamanan.
  4. Harus mencari penyewa yang bertanggung jawab, jika tak mau rumah rusak tak terurus saat disewa.

Kelebihan Investasi Apartemen

  1. Harga tipe studio biasanya lebih murah daripada rumah tapak tipe 45.
  2. Fasilitas komplet, misalnya ada kolam renang dan pusat kebugaran.
  3. Harga sewa unit biasanya lebih tinggi ketimbang rumah.

Kekurangan 

  1. Biaya rutin, seperti listrik dan perawatan, lebih tinggi ketimbang rumah.
  2. Jika dipakai sebagai jaminan kredit, nilainya lebih rendah daripada rumah.
  3. Lebih kecil ketimbang rumah.
  4. Tak bisa direnovasi sesuai dengan keinginan, hanya interior yang bisa diubah.
  5. Kadang masalah di unit lain merembet ke unit sendiri, misalnya pipa air unit di atas bocor atau tembok unit samping retak.
  6. Return lebih kecil karena biaya rutin yang tinggi.

Dari perbandingan di atas diketahui bahwa rumah dan properti di tempat yang sama dengan harga yang sama, punya fitur masing-masing. Hal pertama yang harus dilakukan sebelum menentukan pilihan antara investasi rumah atau apartemen, yaitu mempertimbangkan dana atau budget yang dimiliki.

Di sisi lain, dengan mengetahui perbandingan di antara keduanya, setidaknya seseorang memiliki wawasan lebih sehingga ia tidak bingung lagi dalam menentukan investasi rumah atau apartemen.

Kiat Investasi Rumah saat Pandemi

Perekonomian di tanah air ataupun global cukup terdampak oleh pandemi Covid-19 yang melanda hampir dua tahun belakangan. Pandemi ini pun membuat sebagian orang menjadi lebih berhati-hati dalam memanfaatkan uang mereka, termasuk dalam berinvestasi properti. Karena itu, sangat diperlukan sejumlah kiat agas sukses.

Hal-hal yang mesti diperhatikan ketika hendak berinvestasi properti di masa pandemi, antara lain, memperhatikan lokasi hunian. Dalam hal ini, perlu dicek apakah rumah yang dipilih itu terletak di lokasi strategis atau dekat dengan kantor. Apabila memang demikian, rumah itu layak dibeli.

Kemudian, periksa juga ketersediaan fasilitasnya. Adapun sebelum berinvestasi, pertimbangkan terlebih dahulu ketersediaan fasilitas dasar yang menunjang aktivitas, misalnya rumah sakit, sekolah, pusat perbelanjaan, dan semacamnya.

Terkahir, hal yang harus diperhatikan, yaitu prospek pengembangan Kawasan. Hal itu dapat diketahui dari rencana pembangunan infrastruktur di area sekitar properti, contohnya akses jalan tol, Light Rapid Transit (LRT), dan lain-lain.

Apakah Investasi Rumah menguntungkan?

Apabila ingin menangguk keuntungan dari investasi ini, sebaiknya jangan memilih rumah subsidi karena jenis rumah ini biasanya dibangun di lokasi yang tidak begitu strategis atau spesial sehingga nilai kenaikannya lambat. Karena itu, pilihlah rumah di kawasan strategis karena tentu didukung oleh fasilitas dan infrastruktur yang mumpuni. 

Investasi terbaik 2021, dalam hal ini adalah rumah memang akan sangat menguntungkan, tetapi investasi apartemen pun cukup menjanjikan. Meski kenaikan harganya tidak setinggi harga rumah, tetapi apartemen tetap menjadi salah satu properti primadona yang masih diperhitungkan.

 

Penulis: Kontributor

Editor: Anju Mahendra

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

DIREKTORI LIST

ARTIKEL TERBARU

OJK Dorong Pertumbuhan Teknologi Finansial Urun Dana

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus mendorong peran industri teknologi finansial urun dana atau securities crowdfunding (SCF) untuk meningkatkan skala bisnis pelaku UMKM di Indonesia. Pasalnya,...

Regulatory Sandbox: Strategi Jitu Tangkal Kealpaan Regulasi Fintech

Center for Indonesian Policy Studies (CIPS) menilai, penggunaan regulatory sandbox atau ruang uji coba terbatas bagi para perusahaan rintisan di bidang finansial teknologi atau...

Kesenjangan Akses Keuangan antara Kota dan Desa, Ini Kata OJK

Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen, Tirta Segara mengungkapkan bahwa masih tercipta gap atau kesenjangan yang cukup lebar...

Disinggung OJK, AFPI Putus Keanggotaan Penagih Utang PT ITN

Kantor milik PT Indo Tekno Nusantara (ITN) digerebek kepolisian pada Kamis, (14/10) lalu. ITN merupakan perusahaan penagih utang yang mengoperasikan 13 perusahaan pinjol, di...

Tentang Waktu dan Petunjuk Cara Ikut Lelang Pegadaian

Lelang Pegadaian adalah penjualan barang gadai oleh Pegadaian dengan cara dilelang kepada khalayak masyarakat. Mengingat debitur tidak sanggup melunasi pinjamannya, Pegadaian pun berhak untuk...
LANGUAGE