34.6 C
Jakarta
Kamis, 30 Mei, 2024

Berbasis Syariah, Inilah Investasi yang Menguntungkan & Bisa Anda Coba 

JAKARTA, duniafintech.com – Investasi berbasis syariah tentunya juga menjadi salah satu investasi yang menguntungkan untuk dilakukan saat ini.

Tentunya, investasi Syariah tersebut dilaksanakan sesuai dengan syariat islam, sehingga halal dan terjamin.

Investasi sedari dini merupakan salah satu langkah terbaik dalam mencapai kebebasan finansial. 

Untuk anda yang memiliki rencana memulai investasi yang menguntungkan maka jenis investasi yang layak untuk anda pertimbangkan yaitu investasi syariah.

Baca juga: Jenis Investasi Syariah Bebas Riba adalah Investasi yang Menguntungkan, Apa Saja Ya?

Investasi Syariah yang Dinilai Menguntungkan dan Halal

Investasi syariah secara sederhana merupakan investasi yang dilakukan atas dasar prinsip agama Islam. 

Bagi anda yang berminat untuk menanam uang dalam investasi syariah, berikut ini rekomendasi nama investasi yang dinilai menguntungkan dan halal untuk anda coba.

1. Reksa Dana Syariah

Perusahaan manajer investasi syariah ini menghimpun dana melalui investor yang ingin berinvestasi uang dengan instrumen obligasi, saham maupun produk pasar uang sesuai prinsip syariah.

2. Deposito Syariah

Investasi yang menguntungkan ini adalah produk tabungan berjangka dari bank yang dikelola berdasarkan prinsip syariah. Sekarang ini banyak bank syariah yang telah merilis produk ini.

3. Emas

Investasi ini telah menjadi primadona bahkan sejak zaman dulu sebab dianggap cukup aman dan harganya pun cenderung selalu naik. Barang ini dapat menjadi investasi secara syariah dengan sejumlah persyaratan.

Pertama emas yang akan diinvestasikan harus ada wujudnya, barang tidak dapat diperjualbelikan dengan skema berbahaya misalnya Ponzi.

4. Properti Syariah

Investasi syariah yang menguntungkan juga dapat anda peroleh dalam bidang properti. Menurut konsep syariat Islam, investasi berupa bangunan dan juga tanah termasuk halal. Ini karena anda bukan yang memberikan uang untuk menghasilkan lebih banyak keuntungan, namun juga menjual atau menyewakannya.

Baca juga: Investasi Syariah Jadi Investasi yang Menguntungkan, Begini Simulasi Perhitungan & Jenisnya

Dengan perhitungan, harga jual bangunan dan tanah semakin meningkat setiap tahunnya. Sehingga, tidak ada unsur riba maupun hal yang dianggap menyalahi syariah. Investasi properti bahkan dapat mendatangkan penghasilan yang tetap apabila anda menjadikannya sebagai bangunan rumah sewa maupun tempat kos.

investasi yang menguntungkan

Manfaat Investasi Syariah

Kemudian, Anda juga perlu mengetahui manfaat-manfaat serta keuntungan yang didapat dengan melakukan investasi syariah dibandingkan dengan investasi konvensional. Yaitu:

1. Bebas Riba

Riba adalah sesuatu yang dilarang dan wajib dihindari dalam ajaran Islam. Dalam bahasa Arab, riba bermakna kelebihan atau tambahan terhadap pokok utang dan harta. Riba juga dipahami sebagai penetapan bunga atau melebihkan jumlah nominal pinjaman saat pengembalian berdasarkan persentase tertentu dari jumlah pinjaman pokok yang dibebankan kepada peminjam. 

Karena itu, investasi syariah tentu bisa menjadi pilihan karena investasinya berlandaskan pada syariat Islam dan tidak mengandung riba yang tidak sesuai dengan prinsip syariat.

2. Mengandung Nilai Sosial

Kelebihan lain dari investasi syariah adalah dapat menjadi sarana melakukan kegiatan sosial. Hal ini bermanfaat bagi nasabah dan untuk orang lain di sekitar. Investasi syariah dapat berfungsi sebagai penggerak untuk meningkatkan kualitas ekonomi dengan cara mengurangi jumlah pengangguran yang ada. 

Nilai ibadah yang sangat tinggi inilah yang membuat investasi syariah menjadi sangat penting untuk dilakukan oleh seluruh umat Islam di Indonesia.

3. Manajemen Sesuai Syariat Islam

Investasi syariah menggunakan manajemen yang sesuai dengan syariat dan nilai-nilai Islami. Seluruh kegiatan investasi syariah mengedepankan prinsip amanah atau kepercayaan.

4. Halal

Investasi berbasis syariah mengedepankan pula proses perekonomian yang halal karena berlandaskan pada prinsip syariat Islam dalam operasionalnya. Semua prosesnya selalu menghindari hal-hal buruk seperti penipuan, pemerasan, hingga manipulasi karena tentu Islam tegas melarang hal-hal itu.

Demikian ulasan mengenai investasi yang menguntungkan dan halal. Bagi anda yang tertarik untuk berinvestasi sejak dini maka tidak ada salahnya memilih salah satu nama investasi dari beberapa rekomendasi di atas. 

Baca juga: Tentang Investasi Syariah sebagai Solusi Investasi yang Menguntungkan bagi Para Muslim

Dengan demikian, anda bisa mendapatkan kehidupan yang lebih layak di masa depan, bahkan untuk anak dan cucu anda nantinya.

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com.

 

Penulis: Kontributor/Panji A Syuhada

Iklan

ARTIKEL TERBARU