28.3 C
Jakarta
Selasa, 4 Agustus, 2020

Jadi Tajir Melintir, Catat Poin Penting Ini untuk Investasi Anda!

duniafintech.com – Fakta yang semakin terlihat di era modern saat ini adalah banyaknya orang yang mulai “melek finansial”. Hal tersebut dapat dilihat pula dari semakin banyaknya talkshow bahkan artikel populer di media massa yang membahas topik terkait finansial seperti investasi. Mulai dari memperkenalkan berbagai jenis investasi hingga ragam tips jadi tajir melintir yang bisa digunakan sebagai pedoman dalam mengelola keuangan Anda.

Jadi tajir melintir bisa dimulai dari fondasi Anda dalam memilih investasi pertama. Menurut Robert T. Kiyosaki yang perlu Anda siapkan untuk memulai investasi adalah 3E (Education, Experience dan Excess Money).

Ketiga hal tersebut memang sangat berpengaruh saat Anda memutuskan untuk memulai berinvestasi. Melihat ketiga aspek tersebut, berikut beberapa poin penting untuk memulai berinvestasi yang bisa membuat Anda jadi tajir melintir.

Baca juga :

Pelajari Terlebih Dahulu dan Temukan Investasi yang Tepat

Ada berbagai jenis investasi yang bisa ditemukan. Nah, sebelum memilih ada baiknya Anda pelajari terlebih dahulu investasi apa yang tepat untuk Anda. Seperti yang ketahui sebelumnya bahwa  Robert T. Kiyosaki pun juga menetapkan edukasi sebagai aspek yang perlu disiapkan untuk memulai investasi.

Edukasi sangat penting karena dapat membantu Anda menemukan jenis investasi yang sesuai dengan tujuan dan kemampuan Anda. Hal ini pula sesuai dengan aspek Excess Money, Bagaimana bisa berinvestasi jika tidak memiliki uang (excess money) bukan?. Selain itu Anda juga harus memahami bahwa setiap jenis investasi memiliki kelebihan dan keuntungannya masing-masing, dan tentunya dengan kisaran risiko yang juga berbeda.

Mulailah dari Sekarang

Setiap orang yang sukses dalam berinvestasi pasti sebelumnya pernah mengalami kerugian dan itu hal wajar. Sayangnya banyak orang yang memilih main aman justru dengan tidak berinvestasi. Menurut Robert T. Kiyosaki kebanyakan orang gagal dalam investasi karena mereka khawatir takut rugi atau merasa belum mapan.

Jangan menunggu sudah mapan baru berinvestasi, tetapi berinvestasilah agar menjadi mapan. Untuk itu, lakukan investasi sedini mungkin. Jika Anda sudah berumur, lakukanlah sekarang. Namun, Anda juga perlu untuk menentukan niat dan tujuan Anda dalam berinvestasi. Ada baiknya investasi dilakukan dalam jangka panjang dengan tujuan agar Anda dapat bebas finansial ketika sudah lanjut usia.

Berani Menghadapi Risiko

Setelah memulai investasi pertama, tentu akan ada banyak pengalaman yang Anda dapatkan. Pengalaman tersebut bukan hanya keberhasilan tetapi juga akan ada kegagalan. Seperti yang dijelaskan di atas, investasi selalu identik dengan risiko, dan risiko itu akan selalu ada.

Apabila risiko itu datang kepada Anda dan menjatuhkan Anda, jangan menyerah. Jadikan pengalaman itu sebagai guru yang berharga dan membuat Anda semakin berkembang. Ingatlah aspek pengalaman (experience) yang dikatakan Robert T. Kiyosaki. Anda dapat bangkit lagi meskipun terkena beberapa risiko, dan semakin sering Anda bangkit, semakin Anda dekat dengan yang namanya keberhasilan.

Memang dalam pembahasan ini telah ditegaskan untuk menetapkan mindset Anda bahwa memulai investasi bukanlah berlandaskan agar cepat kaya. Oleh karena itu, tak ada salahnya jika kita memahami dan mempraktikkan tips jadi tajir melintir dalam kehidupan sehari-hari sehingga Anda dapat dengan bijak mengalokasikan uang yang Anda punya ketimbang hanya menghambur-hamburkan uang saja. Selamat mencoba investasi pertama Anda.

(Dinda Luvita/ duniafintech.com)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Pengguna Spotify Meningkat Drastis di Kuartal 2 2020

DuniaFintech.com - Platform digital streaming musik dan hiburan, Spotify mendapatkan peningkatan pengguna, atau monthly active user sebanyak 299 juta. Hal tersebut disampaikan...

Mencari Pinjaman Bulanan Online? Ini Rekomendasi Aplikasi Pinjaman Online Terpercaya

DuniaFintech.com - Apakah Anda mengalami kesulitan untuk mencari pinjaman bulanan online? Berikut rekomendasi bagi Anda yang mencari pinjaman bulanan online terpercaya

Sukses tapi Sederhana, 5 Tips Kaya Raya ala Mark Zuckerberg ini Bisa Anda Contek

DuniaFintech.com - Sosok ini dikenal sebagai salah satu orang terkaya di dunia. Tentu semua berpikir, dia bisa membeli apapun dengan kekayaan yang...

Perkembangan Fintech Lending Pesat Buat Pegadaian Siapkan Digital Lending

DuniaFintech.com - Perkembangan fintech lending di masyarakat kian pesat. Perkembangan fintech lending tersebut pun dilihat sebagai peluang besar bagi PT Pegadaian. Oleh...

Akulaku Ambil Langkah Restrukturisasi Kredit Rp47,3 Miliar Saat Pandemi

DuniaFintech.com - Perusahaan Fintech Akulaku ambil langkah restrukturisasi bagi 13.876 debitur dengan total pinjaman Rp47,3 miliar per Juli 2020. Langkah tersebut diambil...
LANGUAGE