31.8 C
Jakarta
Sabtu, 2 Juli, 2022

Mengenal 5 Jenis Bunga KPR Lebih Dalam

Ternyata ada beberapa jenis bunga KPR, lho. Bisa dibilang, suku bunga menjadi hal yang terpenting dan harus diperhatikan sebelum melakukan pinjaman. Apalagi melakukan kredit kepemilikan rumah di mana rumah selalu memiliki peningkatan setiap tahunnya. Tidak heran jika suku bunga terkadang menjadi masalah tersendiri untuk seseorang yang ingin melakukan KPR.

Itulah kenapa banyak orang yang akan berusaha untuk mencari KPR yang murah dan tentunya menguntungkan. Lalu, apakah bisa menemukan bunga KPR yang murah dan tidak tinggi di masa sekarang? Tentu saja bisa, lho.

Jenis Bunga KPR 

Bagi kamu yang ingin melakukan pinjaman kredit kepemilikan rumah, ada baiknya untuk mencari suku bunga terendah. Tujuannya agar kamu tidak merasa terbebani atau pusing mencari uang untuk melunasinya. Berikut beberapa jenis bunga KPR yang bisa ditemukan.

1. Bunga Fixed

Jenis bunga yang pertama adalah bunga Fixed atau dikenal sebagai bunga tetap. Dari namanya saja, bunga ini mempunyai sifat yang tetap dan tidak mengalami perubahan pada setiap bulannya. Tentunya jenis bunga tersebut mempunyai keuntungan tersendiri bagi para nasabahnya.

Secara umum, jenis pinjaman yang menggunakan bunga fixed adalah pinjaman dengan tenor relatif pendek. Misalnya KTA dan KKB. Jenis bunga ini masih ditawarkan oleh perbankan, tapi hanya berlaku untuk periode tertentu di awal masa pinjaman saja. Setelah masa tersebut berakhir, maka bank akan menerapkan jenis bunga yang lain.

2. Bunga Floating

Jenis bunga KPR yang bisa kamu temukan selanjutnya adalah bunga floating. Jenis bunga ini mempunyai tingkat suku bunga yang tidak tetap. Hal ini karena suku bunga didasarkan pada suku bunga pasar. Alhasil, nasabah harus siap ketika suku bunga mengalami peningkatan dan juga penurunan.

Jenis ini juga dikenal sebagai bunga mengambang dan kerap digunakan untuk kredit jangka panjang. Meski ada bank yang menetapkan bunga sejak awal masa kredit, tapi ada juga yang menetapkannya setelah masa bunga tetap berakhir. Jika kamu memilih jenis bunga ini, pastikan untuk mengetahui untung dan ruginya untuk kamu, ya.

3. Bunga Cap

Jenis-jenis KPR yang ada di Indonesia, salah satunya adalah bunga cap. Jika dilihat dari prinsip, jenis ini tidak jauh berbeda dengan jenis bunga floating. Namun, yang menjadi pembeda adalah struktur bunga cap yang mempunyai batasan maksimal suku bunga yang diterapkan.

Melalui jenis bunga ini, kamu bisa memperhitungkan besarnya cicilan KPR dalam jangka waktu 5-7 tahun pertama masa kredit. Hal yang paling penting adalah memperhatikan besaran suku bunga dan periode suku bunga tetap yang ditawarkan oleh pihak bank. Jika semakin kecil bunga dan lama periodenya, maka nasabah akan mengalami keuntungan.

4. Bunga Anuitas

Jenis suku bunga KPR 2021 yang menggunakan sistem perhitungan modifikasi dari perhitungan suku bunga efektif adalah bunga anuitas. Jenis bunga tersebut mempunyai jumlah angsuran bulanan yang tetap. Akan tetapi, komposisi bunga dan pokok angsurannya akan berbeda di setiap periode. Tidak heran jika suku bunga ini harus menggunakan software dalam melakukan perhitungannya.

5. Bunga Efektif

Salah satu jenis bunga yang digunakan dalam jangka panjang dan diterapkan dalam KPR adalah bunga efektif. Jenis bunga KPR ini akan dihitung berdasarkan sisa pokok utang atau saldo pinjaman milik nasabah. Dengan kata lain, jika nasabah mengajukan jenis ini, maka beban bunga yang dibayarkan setiap bulan tergolong semakin kecil.

Secara sederhana, besaran angsuran kedua akan lebih kecil jika dibandingkan dengan angsuran pertama. Begitu juga dengan angsuran seterusnya. Wah, bisa kamu bayangkan bagaimana keuntungan nantinya? Tentu saja hal ini sangat membantu nasabah yang merasa kesulitan membayar cicilan jangka panjang untuk dapat mempunyai rumah

Kesimpulan

Kamu bisa menemukan jenis suku bunga KPR di atas pada masing-masing bank. Saat ini sudah cukup banyak program dari bank yang menghadirkan suku bunga rendah. Alhasil, nasabahnya tidak perlu takut atau khawatir tidak bisa melunasi utangnya.

Melihat jenis bunga KPR di atas, manakah suku bunga yang ingin sekali dicoba? Pastikan untuk memilih suku bunga yang sesuai dengan kebutuhan, ya. Yuk, cicil rumah idaman dengan suku bunga terendah dan rasakan keuntungannya.

 

Penulis: Kontributor

Editor: Anju Mahendra

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Tak Konsisten, Rusia Batalkan Rencana Pembayaran Ekspor Minyak Pakai Bitcoin

JAKARTA, duniafintech.com - Pemerintah Rusia membatalkan rencana sebelumnya untuk menerima pembayaran Bitcoin untuk ekspor minyak. Kementerian keuangan negara itu menganggap bitcoin sebagai opsi pembayaran...

Dijuluki Ratu Kripto, Ternyata Perempuan Ini Tipu Investor Sampai Rp60 Triliun

JAKARTA, duniafintech.com - FBI menambahkan Dr. Ruja Ignatova, yang memproklamirkan diri sebagai 'Cryptoqueen' atau ratu kripto ke dalam daftar Sepuluh buronan Paling Dicari. Bahkan lembaga...

Menyasar Timur Indonesia, Pemerintah Tambah Kuota Ekspor Produsen Minyak Goreng 

JAKARTA, duniafintech.com - Pemerintah akan memberikan insentif berupa penambahan kuota ekspor bahan baku minyak goreng bagi produsen yang memasok minyak goreng ke wilayah Indonesia...

Asuransi Mobil Bekas, Segini Besaran Preminya

JAKARTA, duniafintech.com – Kehadiran asuransi mobil bekas tentunya akan memberikan proteksi sekaligus kenyamanan bagi pemilik kendaraan. Bukan hanya untuk mobil baru, asuransi mobil memang sangat...

HFIS BPJS Kesehatan, Begini Cara Menggunakannya

JAKARTA, duniafintech.com – Aplikasi HFIS BPJS Kesehatan merupakan aplikasi yang digunakan untuk menghimpun data milik fasilitas kesehatan mitra BPJS. Aplikasi ini adalah akronim dari Health...
LANGUAGE