31.1 C
Jakarta
Selasa, 18 Juni, 2024

Jenis Investasi yang Menguntungkan dan Populer di Indonesia

JAKARTA, duniafintech.comInvestasi jadi sebuah aktivitas finansial yang cukup menjanjikan dalam beberapa masa ke belakang hingga saat ini. Jenis investasi yang menguntungkan menjadi daya tarik utama terhadap aktivitas tersebut lho!

Seperti diketahui bahwa investasi dapat diartikan sebagai sebuah kegiatan dalam mengupayakan penanaman modal yang dapat menghasilkan keuntungan di masa depan.

Sehingga sangat diperlukan jenis investasi yang menguntungkan dan memang sudah jadi sebuah keharusan demi menjadi elemen penting yang dapat meningkatkan kondisi finansial Anda.

Anda juga sangat perlu untuk memahami bahwa setiap investasi yang menguntungkan biasanya menggunakan skema berjangka, baik jangka pendek maupun jangka panjang, dan keduanya pun merujuk pada masa yang akan datang.

Investasi bisa menjadi salah satu cara yang berguna dalam melindungi dan meningkatkan kekayaan. Sehingga beragam jenis investasi pun tersedia dan dapat dipilih sesuai dengan tujuan investasi Anda inginkan ya!

Meski begitu, minat masyarakat Indonesia akan dunia investasi memang masih terbilang rendah dibandingkan negara-negara maju. Hal tersebut dikarenakan banyaknya tanggapan bahwa investasi hanya untuk orang-orang kaya saja.

Meski demikian, paradigma tersebut terus mengalami pergeseran. Pasalnya aktivitas Investasi kini semakin mudah dijangkau oleh masyarakat berpenghasilan menengah ke bawah. Hal ini berdampak besar pada pertumbuhan investasi di Tanah Air. Selain itu, dengan adanya pendidikan finansial yang semakin merata juga turut meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya berinvestasi.

Ragam Jenis Investasi yang Menguntungkan

Namun, sudahkah Anda mengetahui apa saja jenis investasi yang minim risiko, serta tips berinvestasi dengan aman bagi pemula?

Artikel DuniaFintech kali ini akan membahas dua poin tersebut khusus untuk Anda. Jadi, simak pembahasannya sampai selesai, ya!

  1. Kripto

Investasi kripto adalah salah satu jenis investasi yang menggunakan mata uang digital.   Investasi kripto merupakan salah satu bentuk investasi yang muncul karena kemajuan teknologi modern.

Investasi dalam mata uang kripto, seperti Bitcoin, dikenal memiliki potensi keuntungan yang sangat tinggi lho! Harganya bisa mengalami kenaikan yang sangat tinggi dalam waktu singkat.

Apalagi aktivitas investasi tersebut dilakukan dengan strategi yang tepat, bukan tidak mungkin Anda dapat trading atau membeli mata uang kripto dengan harga rendah dan menjualnya dengan harga tinggi, mirip dengan saham.

  1. Emas

Emas terkenal dengan menjadi salah satu jenis investasi yang menguntungkan dan aman. Sudah cukup lama emas telah menjadi pilihan populer di kalangan masyarakat. Pilihannya untuk berinvestasi emas, perlu terlebih dahulu membeli emas murni atau perhiasan emas yang dapat dijadikan aset berharga.

Ditengah perkembangan jaman saat ini, investasi emas telah makin mudah dan bisa dalam berbagai bentuk, termasuk tabungan emas. Tersaji banyak platform yang menyediakan layanan menabung emas dan juga dengan harga yang terjangkau. Emas dikenal sebagai bentuk investasi cenderung memiliki nilai yang stabil dan risiko penurunan yang sangat rendah lho!

  1. Investasi Reksa Dana

Jenis investasi yang menguntungkan satu ini bernama reksa dana, adalah suatu entitas yang digunakan untuk mengelola dana investor oleh seorang manajer investasi. Instrumen investasi ini memungkinkan investor untuk memiliki diversifikasi investasi yang lebih luas walaupun dengan dana terjangkau.

  1. Saham

Seperti diketahui bahwa saham memiliki popularitas sebagai salah satu instrumen atau jenis investasi yang menguntungkan dan memang sudah bertahan sejak dulu. Bahkan hingga era serba canggih saat ini, saham masih sering jadi pilihan para investor dalam menghasilkan investasi yang menguntungkan. Persentase yang besar menjadi keuntungan yang datang dari investasi saham. Meski begitu, jenis investasi yang menguntungkan satu ini juga punya profil risiko yang tinggi jika dibandingkan dengan instrumen investasi lainnya, seperti obligasi atau reksa dana.

Sebaiknya Anda memiliki pemahaman yang mendalam dan mantap terkait investasi secara umum sebelum memulai untuk memilih saham sebagai jenis investasi yang menguntungkan. Perlu juga mempelajari elemen yang ada pada investasi saham demi mengurangi risiko besar yang hadir.

Anda juga wajib mengetahui bahwa saham sebagai investasi yang menguntungkan juga memiliki berbagai macam jenis. Jenis-jenis saham ini mengacu pada jenis saham dari sektor industri apa saja yang dijual atau terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Disisi lain, saham sebagai salah satu jenis investasi yang menguntungkan juga kembali dibagi menurut kinerja perdagangannya masing-masing.

Bila Anda ingin memulai melakukan investasi saham, alangkah baiknya mempelajari terlebih dahulu mengenai istilah-istilah dalam dunia saham seperti blue chip stocks, income stocks, serta speculative stocks. Anda bisa mulai memilih instrumen investasi alternatif sembari memperdalam ilmu mengenai investasi saham, guna memaksimalkan keuntungan.

Baca juga: Investor Wajib Beli! Intip Deretan Daftar Saham IPO Murah yang Listing Awal Januari 2024

  1. Deposito

Sebenarnya deposito ini mirip dengan tabungan. Salah satu jenis investasi yang menguntungkan satu ini kerap menjadi pilihan investor pemula karena memiliki risikonya yang rendah. Namun ada dua hal yang membedakannya bila dibandingkan dengan tabungan, yakni tingkat bunga dan adanya waktu jatuh tempo.

Biasanya suku bunga deposito yang didapat akan lebih tinggi dibandingkan bunga tabungan biasa. Secara umum bunganya ada di kisaran 5-6% per tahunnya. Namun ada juga beberapa bank yang menawarkan suku bunga lebih dari 6%. Perlu diketahui juga bahwa semakin banyak uang yang Anda investasikan, biasanya bunga depositonya juga semakin tinggi.

Namun uang yang Anda investasikan ke deposito tidak bisa diambil sewaktu-waktu layaknya tabungan. Pasalnya ada tenor yang mengikat. Akan ada yang namanya deposito tersebut jatuh tempo, sehingga Anda tidak bisa menyentuhnya sama sekali.

Tenor deposito sendiri cukup beragam. Setiap bank memiliki kebijakannya masing-masing untuk itu. Biasanya sih rata-rata bank menyediakan tenor maksimal 12 bulan. Meski demikian, ada juga beberapa bank yang menawarkan tenor deposito hingga 24 bulan.

  1. Properti

Jenis investasi aman dan menguntungkan yang satu ini mungkin sudah sangat akrab bagi Anda semua.

Tidak sedikit juga  orang yang memutuskan melakukan dalam bentuk tanah atau properti, karena melihat sebagai salah satu jenis dan bentuk investasi yang sangat menguntungkan.

Intrumen investasi ini menjadi incaran para investor karena memiliki nilai yang terus meningkat setiap masanya, serta memiliki risiko yang sangat minim.

Selain itu, investasi berupa properti dapat dikembangkan menjadi ladang penghasilan bagi Anda.

Misalnya, Anda memiliki 1 unit rumah yang disewakan, sehingga Anda akan menerima penghasilan dari biaya sewa yang dibayarkan penyewa.

Apalagi kebutuhan masyarakat akan tempat tinggal pasti meningkat dari waktu ke waktu. Karena hal itu, investasi properti merupakan cara sederhana untuk berinvestasi bagi pemula!

Baca juga: Tips Investasi Properti agar Untung Maksimal

Jenis Investasi yang Menguntungkan

Tips Investasi Aman & Untung Besar bagi Anak Muda

Setelah mengetahui jenis investasi yang aman dan menguntungkan, kini tiba saatnya Anda tahu apa saja tips investasi aman untuk anak muda atau investor pemula.

  1. Pahami Konsep Investasi

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah memahami konsep investasi itu sendiri.

Dengan memahami konsep investasi akan membuat Anda memiliki kemampuan berinvestasi dengan baik, sebelum terjun ke dunia investasi.

Anda perlu mempelajari apa saja keuntungan, risiko, hingga hal-hal yang harus Anda perhatikan pada saat berinvestasi.

Jika Anda merasa belum terlalu siap menghadapi risiko investasi, pilihlah jenis investasi yang kemungkinan risikonya paling rendah, seperti investasi emas, properti, ataupun deposito.

  1. Disiplin Investasi

Dalam berinvestasi, Anda pun tetap harus bersikap disiplin. Mengapa? Sebab, hal ini mampu membantu Anda mengevaluasi kegiatan investasi yang sedang dijalankan.

Dengan disiplin berinvestasi, Anda akan lebih mudah dalam menghadapi risiko kerugian yang bisa saja terjadi sewaktu-waktu.

Lebih baik membuat target terlebih dahulu terutama dalam bidang keuangan sebelum terjun ke dunia investasi.

Menyusun strategi dapat membantu Anda dalam mendefinisikan target keuangan yang harus kamu raih dari keuntungan berinvestasi.

  1. Miliki Tujuan yang Jelas

Langkah selanjutnya adalah tentukan tujuan keuangan yang jelas untuk hidupmu atau keluarga dalam jangka waktu tertentu. Hal ini memang terdengar sederhana, akan tetapi sangat penting untuk dilakukan, lho!

Anda juga harus mengetahui manfaat dari investasi yang sedang Anda jalankan. Buatlah timeline berupa jangka waktu untuk mendefinisikan tujuan Anda.

Sebagai contoh, Anda berinvestasi deposito untuk jangka waktu pendek, yakni 2 tahun. Dana tersebut akan Anda gunakan untuk liburan bersama orang tua ke luar negeri, 2 tahun lagi.

Dari tujuan tersebut, nantinya Anda akan mengetahui seberapa besar dana yang harus kamu dapatkan dari berinvestasi.

Demikianlah pembahasan mengenai investasi aman dan menguntungkan bagi anak muda maupun pemula. Kini, sudahkah Anda teredukasi dengan baik sebelum terjun ke dunia investasi?

Baca jugaInvestasi yang Menguntungkan Tahun 2024 Bakal Panen Cuan

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

Iklan

ARTIKEL TERBARU