29.8 C
Jakarta
Kamis, 30 Mei, 2024

Makin Populer, Inilah Jenis Koin NFT dan Marketplace Rekomendasi Buat Kamu

JAKARTA, duniafintech.com – Jenis koin NFT atau non-fungible token penting untuk diketahui, apalagi jika Anda salah satu penggemar aset investasi seperti kripto.

Baru-baru ini, netizen Indonesia dikejutkan oleh dengan Ghozali Everyday yang meraup untung hingga miliaran rupiah dari NFT. 

Ghozali berhasil menjual foto selfie yang dibuatnya setiap hari dan dijadikan produk NFT, sejak tahun 2017 hingga 2021 di platform OpenSea. Keberhasilan dia telah membuat banyak orang dari setiap kalangan tertarik mencoba NFT sebagai alat untuk mendapatkan cuan lebih banyak.

Baca juga: Lagi Tren di Dunia, Inilah NFT Marketplace Terbaik

Jika tertarik mencoba membuat dan menjual aset NFT, Anda juga harus mengetahui jenis koin NFT metaverse yang menguntungkan dan direkomendasikan. 

Ya tentu ada beragam jenis koin NFT yang bisa dipilih dan mempunyai keunggulan serta kelemahan masing-masing.

 

Jenis Koin NFT Metaverse Teratas Berdasarkan Kapitalisasi Pasar

Merujuk data dari CoinMarketCap, sebanyak kurang lebih 140 jenis koin bertema metaverse yang diperjualbelikan hingga mencapai 52,11 miliar dollar Amerika. 

Sebagai aset digital yang unik, non-fungible token atau NFT di blockchain, NFT memiliki 4 koin teratas berdasarkan kapitalisasi pasar. Berikut ini jenis koin NFT:

1. Axie Infinity (AXS)

Axie Infinity merupakan game berbasis blockchain. Di dalamnya menggabungkan elemen NFT, game, dan DeFI. Permainan ini terinspirasi dari gabungan game Pokemon dan Tamagotchi. Penggunanya akan mengumpulkan, memelihara, bertarung, dan memperdagangkan makhluk berbasis token yang bernama Axies. 

Setiap Axies merupakan NFT dan memiliki atribut unik. Berdasarkan data CoinMarketCap, Axies Infininty mempunyai kapitalisasi pasar mencapai 8,9 miliar dolar Amerika dengan harga 145,70 dollar per 1 AXS.

2. Tezos (XTZ)

Tezos termasuk cryptocurrency blockchain metaverse yang menggunakan sistem proof-of-stake (PoS). Tezos mempunyai program smart contract, seperti Ethereum. Program tersebut membuat Tezos mempunyai ekosistem DeFi dan DApps sendiri. 

Sistem PoS dari Tezos membuat biaya transaksi menjual penjualan dan pembelian NFT jauh lebih murah dibanding Ethereum. Kapitalisasi pasar saat ini mencapai 5 miliar dollar AS dengan harga 5,78 dollar per 1 XTZ.

3. The Sandbox (SAND)

The Sandbox adalah game berbasis blockchain yang memiliki fokus dalam memanfaatkan penggunaan NFT sebagai aset game yang beragam. Dalam the Sandbox, Anda akan bermain di dunia metaverse dan berinteraksi bersama ribuan pemain lain. The Sandbox sudah bekerja sama dengan banyak perusahaan besar. 

Sebut saja Atari dan grup band metal Avenged Sevenfold. Token SAND memiliki kapitalisasi pasar senilai 2,2 miliar dollar AS dengan harga 2,56 dollar per 1 SAND.

4. My Neighbor Alice (ALICE)

My Neighbor Alice merupakan game multiplayer builder. Jadi, siapa pun bisa membeli dan memiliki pulau virtual, membuat barang, serta bertemu pemain lain. ALICE terinspirasi oleh permainan lainnya, seperti Animal Crossing. 

Baca juga: Apa Itu NFT yang Bikin Ghozali Mendadak Kaya? Ini Penjelasan Lengkapnya 

Kemudian menggabungkan permainan kehidupan virtual atau metaverse dengan mengumpulkan dan mengoleksi NFT. Token ALICE dapat digunakan dalam berbagai aktivitas bermain, membeli barang, hingga aset di pasar dunia Alice.

 

Rekomendasi Marketplace NFT Terbaik

Kemudian, sama halnya seperti koin NFT, marketplace NFT juga ada banyak jenisnya. Nah, berikut ini merupakan 3 rekomendasi NFT terbaik yang bisa dicoba untuk jual beli NFT.

1. OpenSea

OpenSea adalah marketplace berbasis peer-to-peer yang membantu dalam menjual atau mencetak NFT. Platform OpenSea ini mendukung penggunaan token ERC-1155 dan ERC-721. 

2. Rarible

Rarible merupakan salah satu marketplace NFT milik komunitas. Marketplace ini menampilkan banyak karya seni, mulai dari aset digital hingga collectible item. NFT Rarible menggunakan jenis dompet kripto, di antaranya MetaMask, MyEtherWallet dan Coinbase Wallet. 

3. Axie Infinity

Marketplace NFT Axie Infinity merupakan platform game berbasis blockchain. Game yang tersedia pada Axie Infinity memiliki total trading volume lebih dari 2,1 miliar dollar AS pada DappRadar. Selain itu, berhasil menarik 15 ribu pengguna aktif setiap bulannya.

Nah, itulah jenis koin NFT metaverse teratas pada kapitalisasi pasar dan marketplace NFT terbaik yang bisa Anda coba untuk menjual dan membeli NFT supaya menghasilkan cuan. 

Namun, jika masih ragu dengan investasi NFT, Anda bisa mencoba jenis investasi lainnya yang cocok untuk generasi milenial, seperti investasi kripto salah satunya. 

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com.

Baca juga: Cara Membeli NFT itu Mudah, Begini Langkah-langkahnya

 

Penulis: Kontributor/Panji A Syuhada

Iklan

ARTIKEL TERBARU