26.3 C
Jakarta
Selasa, 21 Mei, 2024

Jenis Layanan Pinjaman Online, Mulai dari Kredit Usaha Hingga Biaya Pendidikan

JAKARTA, duniafintech.com – Jenis layanan pinjaman online ada beragam. Mulai dari pinjaman pribadi, kredit usaha hingga biaya pendidikan sekalipun. 

Pinjaman online resmi adalah salah satu bentuk aplikasi jasa fintech (financial technology) yang menawarkan alternatif solusi untuk masalah keuangan Anda. Perkembangan aplikasi yang dikenal juga dengan istilah peer-to-peer lending (P2P) ini pun belakangan semakin marak.

Ada berbagai macam jenis situs pinjaman online resmi yang bisa Anda manfaatkan untuk berbagai keperluan. Bagi Anda yang kebetulan merupakan umat muslim, ada pula sejumlah situs yang menerapkan prinsip syariah dalam menjalankan operasionalnya.

Jenis Layanan Pinjaman Online

Jenis Layanan Pinjaman Online Resmi yang Umum Ditemui

Pembagian jenis layanan pinjaman online bisa dilakukan berdasarkan besarnya kredit, tenor (jangka waktu pengembalian pinjaman), agunan, bunga, dan tujuan pemanfaatan dana. Berdasarkan tujuan pemanfaatan dananya, jenis layanan pinjaman online umumnya meliputi:

1. Pinjaman pribadi

Situs ini umumnya tidak terlalu mempermasalahkan tujuan Anda mengajukan pinjaman. Anda bebas mengalokasikan dana pinjaman tersebut untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan pribadi atau lainnya.

2. Kredit usaha

Memulai suatu kegiatan usaha memang tak jarang membutuhkan ketersediaan modal yang jumlahnya relatif tidak sedikit. Pinjaman online cukup sering menjadi solusi pilihan para calon pengusaha untuk menanggulangi masalah keterbatasan dana ini.

3. KPR (Kredit Pemilikan Rumah)

Bekerja sama dengan pihak bank, sejumlah pinjaman online menyediakan layanan KPR yang bisa Anda manfaatkan untuk mencicil pembelian rumah impian.

Baca juga: Banyak yang Belum Tahu, Inilah Perbedaan Pinjaman Online Resmi dan Ilegal

4. Kredit Kendaraan Bermotor

Selain rumah, beberapa pinjaman online juga memungkinkan Anda untuk membeli kendaraan bermotor dengan cara cicilan. Fasilitas ini biasanya terbuka untuk dimanfaatkan oleh perorangan maupun badan usaha.

5. Pinjaman karyawan

Situs pinjaman online ini biasanya bekerja sama dengan sejumlah perusahaan untuk memberikan layanan kredit bagi karyawan perusahaan tersebut.

6. Biaya pendidikan

Aplikasi pinjaman online ternyata ada pula yang khusus menyediakan bantuan dana untuk kebutuhan pendidikan pelajar dan mahasiswa. Anda bisa memanfaatkan dana tersebut untuk membayar uang kuliah, kursus, dan belanja kebutuhan pendidikan lainnya.

7. Ibadah keagamaan

Selain untuk tujuan pribadi dan komersial, ada juga pinjaman online yang menyediakan dana untuk keperluan haji, umroh, atau tujuan keagamaan lainnya. Jenis pinjaman ini umumnya berbasis syariah.

Agar bisa memperoleh manfaat yang efektif dan maksimal, pilihlah pinjaman online resmi yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pastikan Anda memilih situs yang telah terdaftar secara resmi oleh pihak Otoritas Jasa Keuangan atau OJK.

Manfaat Pinjaman Online

Kemudian, apa saja manfaat yang dapat Anda nikmati jika menggunakan pinjaman online ini? 

1. Dana diproses secara cepat

Kamu tidak butuh waktu lama untuk memperoleh dana pinjaman. Rata-rata aplikasi pinjaman online memberikan persetujuan pinjaman yang diajukan dalam kurun waktu kurang dari waktu 24 jam. Bandingkan dengan bank konvensional yang memprosesnya selama satu sampai dua pekan. 

Baca jugaAwas Jangan Sampai Terjebak, Ini Rekomendasi Pinjaman Online Resmi

2. Persyaratan mudah tanpa repot

Bank kerap meminta calon peminjam menyiapkan sejumlah dokumen sebagai syarat pinjaman. Namun, penyelenggara pinjaman online hanya membutuhkan KTP dan foto diri Anda sendiri. Syarat dokumen lain bersifat opsional jika memang benar-benar itu diperlukan.

3. Praktis tidak perlu tatap muka

Karena semua proses berlangsung online, mulai dari pendaftaran, pengajuan, persetujuan, hingga pengiriman dana, Anda bisa melakukannya kapan saja dan dimana saja tentunya. Pinjaman online 24 jam dapat diperoleh dengan cepat sepanjang Anda sudah mengunduh aplikasi dan memenuhi syarat yang diminta penyedia 

4. Tenor bersifat fleksibel

Berbeda dengan jenis kredit lain, tenor pinjaman online cenderung pendek, yaitu 30 hari atau satu bulan. Tenor ini disukai karena dipandang sesuai dengan siklus gajian para karyawan. Berlawanan dengan masa pinjaman bank yang hanya memberi opsi tenor minimum sampai enam bulan. Padahal, tidak semua orang mampu membayar cicilan dalam waktu yang lama.

5. Meminjam tanpa jaminan dan kartu kredit

Tidak punya jaminan maupun punya kartu kredit? Tenang, dua hal ini tidak Anda butuhkan jika hendak mengajukan pinjaman uang yang bisa dicicil. Tentu kehadiran aplikasi pinjaman online memberi manfaat bagi Anda yang memang tidak punya kartu kredit tersebut. Bahkan, Anda tidak usah menyerahkan aset sebagai jaminan pinjaman, ini tentu praktis dan mudah. 

Demikianlah ulasan mengenai jenis layanan pinjaman online yang wajib Anda ketahui. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Baca juga: Cara Daftar Indodax dan Verifikasi Akun, Gampang Gak Pake Ribet! 

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com.

 

Penulis: Kontributor/Panji A Syuhada

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU