29.8 C
Jakarta
Kamis, 30 Mei, 2024

Tips Hindari Penipuan Pinjaman Online, Wajib Untuk Diketahui! 

JAKARTA, duniafintech.com – Tips hindari penipuan pinjaman online bisa jadi pedoman agar anda tidak terjerumus. 

Masih banyak masyarakat yang belum memahami dunia pinjaman online ini. Banyak masyarakat menggunakan produk layanan keuangan tersebut. 

Jika beruntung, masyarakat tidak terjebak pinjol ilegal yang bisa berdampak negatif. Pinjaman online tersebut dapat membawa dampak positif dan juga negatif. 

Tips Hindari Penipuan Pinjaman Online

Pinjol ilegal semakin menjamur dan banyak yang tidak mendapatkan izin dari OJK. Sedangkan pinjaman online resmi akan mendapatkan pengawasan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Simak tips hindari penipuan di industri pinjaman online berikut ini:

1. Cek Legalitas

Tips selanjutnya, Anda perlu melakukan pengecekan sebelum memilih perusahaan pinjaman online. Pastikan memilih perusahaan yang telah terdaftar dan mendapatkan izin dari OJK. Jika sudah terdaftar, maka perusahaan memiliki kewajiban untuk mentaati peraturan.

Baca jugaSitus Pinjaman Online Resmi Syariah, Ini Daftarnya

Anda juga akan terhindar dari tindakan penipuan. Selain itu, bayangan jerat bunga yang tinggi tidak akan Anda alami jika memiliki pinjaman online legal.

2. Memiliki Website Resmi

Ciri dari pinjaman online selanjutnya adalah memiliki aplikasi dan website resmi. Aplikasi pinjaman dapat dengan mudah Anda temukan melalui Google Play Store maupun App Store.

Tips Hindari Penipuan Pinjaman Online

Baca jugaPerbedaan Pinjaman Online Resmi dan Bodong, Mari Cek dan Ricek

Website berfungsi sebagai media promosi dari berbagai produk yang ditawarkan pinjaman online. Calon nasabah bisa mengecek semua informasi yang diperlukan dengan mengunjungi website resmi perusahaan pinjaman online.

3. Biaya dan Bunga

Penyelenggara pinjaman online mendapatkan pengawasan sehingga harus selalu memberikan rincian biaya. Baik itu untuk bunga dan biaya lainnya secara transparan kepada masyarakat. Manfaatkan fitur simulasi untuk mencari tahu berapa biaya angsuran setiap bulannya.

4. Pertimbangkan Kemampuan Untuk Membayar

Perencanaan keuangan yang aman akan memberikan batas aman untuk pembayaran pinjaman 30 persen dari total pendapatan. Jumlah total pendapatan merupakan pendapatan rutin di setiap bulannya.

Jika angsuran pinjaman online lebih besar dari total pendapatan ini, maka sebaiknya Anda tidak mengajukan pinjaman.

5. Bukan Untuk Hal Konsumtif

Tujuan untuk melakukan pinjaman secara online bukan untuk hal yang sifatnya konsumtif. Jika Anda gunakan untuk hal-hal yang produktif, maka akan memberikan keuntungan.

Sebaliknya, jika pinjaman online ini untuk kebutuhan konsumtif, maka bersiaplah untuk mendapatkan beban keuangan.

Memahami dan melaksanakan semua tips menghindari penipuan pinjaman online resmi akan menjaga Anda dari jerat pinjol ilegal.

Rekomendasi Pinjaman Online Resmi

Rekomendasi pinjaman online resmi akan membantu Anda, oleh karena itu simak rekomendasinya berikut ini:

1. Kredit Pintar

Aplikasi Kredit Pintar sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan. Calon nasabah hanya perlu menyertakan foto KTP untuk pengajuan pinjaman. Limit kredit tergantung dari skor yang dimiliki.

Proses pengajuan cukup cepat tidak lebih dari 5 menit, sedangkan pencairan dana berlangsung dalam kurun waktu 1X24 jam.

2. IndoDana

Platform kedua yang bisa Anda pilih adalah IndoDana. Kerjasama dengan berbagai merchant di Indonesia turut memperluas jangkauan dan mewujudkan pelayanan prima. Layanan pembiayaan bisa dimanfaatkan para nasabah untuk membeli barang dengan cicilan tanpa memerlukan lagi kartu kredit.

Jika nasabah membutuhkan dana tunai bisa segera cair dan bisa memilih layanan pinjaman tunai. Namun, ada syarat yang harus dipenuhi, yaitu nasabah harus memiliki penghasilan minimal Rp3.500.000 per bulan.

3. Julo

Rekomendasi pinjaman online yang selanjutnya adalah Julo. Nasabah bisa mendapatkan limit pinjaman mencapai Rp8 juta. Persetujuan yang diberikan oleh pihak Julo 2 X 24 jam untuk mendapatkan pencairan dana.

Hal yang menarik dari Julo adalah kesempatan mendapatkan cashback. Anda bisa mendapatkan cashback ketika bisa membayar cicilan lebih awal dari tenggang waktu yang ditetapkan.

4. Koinworks

Ada aplikasi Koinworks yang menyediakan 2 jenis layanan berdasarkan penggunanya. Anda sebagai pemilik bisnis dan juga sebagai personal bisa mengajukan pinjaman.

Demikianlah ulasan mengenai tips hindari penipuan pinjaman online. Semoga informasi tersebut bermanfaat.

Baca jugaAwas Jangan Sampai Terjebak, Ini Rekomendasi Pinjaman Online Resmi

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com.

 

Penulis: Kontributor/Panji A Syuhada

Iklan

ARTIKEL TERBARU