29 C
Jakarta
Rabu, 22 Mei, 2024

Awas Jangan Sampai Terjebak, Ini Rekomendasi Pinjaman Online Resmi

JAKARTA, duniafintech.com – Rekomendasi pinjaman online resmi tentunya akan sangat bermanfaat bagi Anda yang membutuhkan dana cepat lewat layanan keuangan ini. 

Kita akui, bahwa aktivitas ekonomi terhambat saat pandemi Covid-19. Pinjaman online resmi menjadi solusi yang membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari maupun mendapatkan modal untuk usaha.

Sebagai pengingat kembali, pinjaman online atau pinjol adalah fintech (financial technology) platform yang menyediakan dana untuk dipinjamkan kepada nasabah atau masyarakat.

Pinjaman online sendiri berjasa sebagai penyedia keuangan dan beroperasi secara digital atau online sehingga masyarakat yang memerlukan dana tunai bisa mengajukan pinjaman secara daring tanpa perlu bertatap muka langsung.

Tidak seperti lembaga keuangan lainnya yang cenderung menerapkan banyak persyaratan, masyarakat pun akan lebih mudah mengajukan pinjaman online.

Sebab sejumlah layanan pinjol menerapkan prosedur dan ketentuan yang lebih mudah, tanpa agunan, serta tanpa persyaratan dokumen yang rumit.

Sebagai informasi, hingga 25 Oktober 2021 lalu, jumlah penyelenggara fintech lending terdaftar dan berizin OJK adalah 104 penyelenggara, sedangkan pada tahun 2022 ini ada 102.

Rekomendasi Pinjaman Online Resmi

Rekomendasi Pinjaman Online Resmi

Rekomendasi pinjaman online resmi akan membantu Anda, oleh karena itu simak rekomendasinya berikut ini:

1. Kredit Pintar

Aplikasi Kredit Pintar sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan. Calon nasabah hanya perlu menyertakan foto KTP untuk pengajuan pinjaman. Limit kredit tergantung dari skor yang dimiliki.

Baca jugaCara Menghindari Teror Pinjaman Online Ilegal, Simak di Sini

Proses pengajuan cukup cepat tidak lebih dari 5 menit, sedangkan pencairan dana berlangsung dalam kurun waktu 1X24 jam.

2. IndoDana

Platform kedua yang bisa Anda pilih adalah IndoDana. Kerjasama dengan berbagai merchant di Indonesia turut memperluas jangkauan dan mewujudkan pelayanan prima. Layanan pembiayaan bisa dimanfaatkan para nasabah untuk membeli barang dengan cicilan tanpa memerlukan lagi kartu kredit.

Baca jugaCiri-ciri Pinjaman Online Ilegal, Pahami Agar Tidak Terjebak

Jika nasabah membutuhkan dana tunai bisa segera cair dan bisa memilih layanan pinjaman tunai. Namun, ada syarat yang harus dipenuhi, yaitu nasabah harus memiliki penghasilan minimal Rp3.500.000 per bulan.

3. Julo

Rekomendasi pinjaman online yang selanjutnya adalah Julo. Nasabah bisa mendapatkan limit pinjaman mencapai Rp8 juta. Persetujuan yang diberikan oleh pihak Julo 2 X 24 jam untuk mendapatkan pencairan dana.

Hal yang menarik dari Julo adalah kesempatan mendapatkan cashback. Anda bisa mendapatkan cashback ketika bisa membayar cicilan lebih awal dari tenggang waktu yang ditetapkan.

4. Koinworks

Ada aplikasi Koinworks yang menyediakan 2 jenis layanan berdasarkan penggunanya. Anda sebagai pemilik bisnis dan juga sebagai personal bisa mengajukan pinjaman.

Jika Anda mengajukan pinjaman untuk keperluan bisnis bisa mengajukan KTP direktur, NPWP dan mutasi rekening 3 bulan terakhir. Sedangkan untuk personal, Anda bisa mengajukan pinjaman setelah memenuhi persyaratan, antara lain:

  • KTP
  • Nomor Pokok Wajib Pajak
  • Kartu Keluarga
  • Mutasi rekening dalam 3 bulan terakhir
  • Anda juga bisa menjadi investor dalam aplikasi ini dengan mendaftarkan diri dalam aplikasi.

Sudah banyak aplikasi pinjaman online resmi yang terdaftar di OJK. Memiliki izin usaha dan penyelenggaraan akan menguntungkan peminjam dana juga karena mendapatkan keamanan.

Manfaat Pinjaman Online Resmi

Kemudian, apa saja manfaat yang dapat Anda nikmati jika menggunakan pinjaman online ini?

1. Dana diproses secara cepat

Kamu tidak butuh waktu lama untuk memperoleh dana pinjaman. Rata-rata aplikasi pinjaman online memberikan persetujuan pinjaman yang diajukan dalam kurun waktu kurang dari waktu 24 jam. Bandingkan dengan bank konvensional yang memprosesnya selama satu sampai dua pekan. 

2. Persyaratan mudah tanpa repot

Bank kerap meminta calon peminjam menyiapkan sejumlah dokumen sebagai syarat pinjaman. Namun, penyelenggara pinjaman online hanya membutuhkan KTP dan foto diri Anda sendiri. Syarat dokumen lain bersifat opsional jika memang benar-benar itu diperlukan.

3. Praktis tidak perlu tatap muka

Karena semua proses berlangsung online, mulai dari pendaftaran, pengajuan, persetujuan, hingga pengiriman dana, Anda bisa melakukannya kapan saja dan dimana saja tentunya. Pinjaman online 24 jam dapat diperoleh dengan cepat sepanjang Anda sudah mengunduh aplikasi dan memenuhi syarat yang diminta penyedia 

4. Tenor bersifat fleksibel

Berbeda dengan jenis kredit lain, tenor pinjaman online cenderung pendek, yaitu 30 hari atau satu bulan. Tenor ini disukai karena dipandang sesuai dengan siklus gajian para karyawan. Berlawanan dengan masa pinjaman bank yang hanya memberi opsi tenor minimum sampai enam bulan. Padahal, tidak semua orang mampu membayar cicilan dalam waktu yang lama.

5. Meminjam tanpa jaminan dan kartu kredit

Tidak punya jaminan maupun punya kartu kredit? Tenang, dua hal ini tidak Anda butuhkan jika hendak mengajukan pinjaman uang yang bisa dicicil. Tentu kehadiran aplikasi pinjaman online memberi manfaat bagi Anda yang memang tidak punya kartu kredit tersebut. Bahkan, Anda tidak usah menyerahkan aset sebagai jaminan pinjaman, ini tentu praktis dan mudah.

Itulah rekomendasi pinjaman online resmi yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat. 

Baca juga: Pinjaman Uang 10 Juta Tanpa Jaminan, di Sini Tempatnya!

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com.

 

Penulis: Kontributor/Panji A Syuhada

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU