32.1 C
Jakarta
Sabtu, 20 Juli, 2024

John Tsang Chun Wah Beralih ke Perusahaan Fintech

duniafintech.com – John Tsang Chun wah, dikenal sebagai mantan sekretaris finansial Hongkong, kini menempati jabatan baru di sebuah perusahaan fintech. Dalam sebuah pengumumannya, Ion Pacific, sebuah merchant bank yang berbasis di Hongkong menunjuk Tsang sebagai vice chairman untuk perusahaan mereka.

Tsang adalah sekretaris finansial terlama di Hong Kong. Dia menjabat selama satu dekade hingga 2017, dan mengambil kredit untuk mengarahkan industri keuangan kota melalui krisis keuangan global tahun 2008.

Nama Besar yang Pindah ke Industri Fintech

Selama menjabat sebagai kepala keuangan Hong Kong, Tsang memainkan peran penting dalam mempromosikan start-up di kota tersebut. Dia juga berhasil memompa dana senilai $ 560 juta untuk memperluas Hong Kong Science Park dan meluncurkan investasi dana teknologi dan inovasi senilai $ 260 juta.

Ada banyak pemimpin keuangan terkemuka lainnya yang juga telah bergabung dengan perusahaan fintech termasuk Vikram Pandit, mantan kepala eksekutif Citigroup. Pandit, investor yang tertarik dalam startup fintech, bekerja sama dengan perusahaan investasi Atairos Group untuk meluncurkan bisnis pembelian saham di perusahaan fintech.

Mantan co-CEO Deutsche Bank, Anshu Jain bergabung dengan Social Finance, yang dikenal sebagai SoFi, pemberi pinjaman berbasis web, sementara John Mack, mantan Credit Suisse dan kepala Morgan Stanley, adalah seorang investor dan anggota dewan rekan-rekan Klub Pinjaman yang kuat.

Tentang John Tsang Chun wah

John Tsang Chun-wah, GBM, JP, lahir pada tanggal 21 April 1951 adalah mantan pegawai negeri sipil senior Hong Kong dan pejabat pemerintah yang merupakan Sekretaris Keuangan terlama di periode Daerah Administrasi Khusus hingga saat ini.

Lahir di Hong Kong dan dibesarkan dan dididik di Amerika Serikat, Tsang bekerja di pemerintah Hong Kong selama lebih dari tiga puluh tahun. Ia adalah sekretaris pribadi ke gubernur kolonial terakhir Chris Patten dan dipromosikan menjadi Sekretaris Perdagangan, Industri, dan Teknologi pada 2003. Ia bekerja sebagai direktur Kantor Eksekutif Utama di bawah pemerintahan Donald Tsang dari 2006 hingga 2007.

Pada bulan Juli 2007, ia diangkat sebagai Sekretaris Keuangan oleh Donald Tsang. Ia mengusulkan potongan pajak $ 6.000 kepada semua penduduk Hong Kong dalam Anggaran 2011-nya. Tsang terus melayani di pemerintahan Leung Chun-ying hingga Januari 2017, ketika dia mengundurkan diri untuk mencalonkan diri dalam pemilihan Ketua Eksekutif tahun 2017 lalu.

Written by: Dita Safitri

 

Iklan

mau tayang di media lain juga

ARTIKEL TERBARU