28.4 C
Jakarta
Minggu, 2 Oktober, 2022

Resiko Pakai Joki Pinjaman Online, Pahami Biar Gak Rugi! 

JAKARTA, duniafintech.com – Risiko menggunakan joki pinjaman online sangat beragam, dan cenderung merugikan. Kerugian yang paling umum adalah upahnya yang mahal. 

Keberadaan joki pinjol kian marak muncul menawarkan diri di jejaring media sosial. Pinjaman online memang menggiurkan sebagai solusi masalah keuangan saat ini. 

Akibat joki pinjol tersebut. hingga akhirnya Anda menjadi tertarik dan terjebak sehingga menjadi dirugikan. 

Mengenal Joki Pinjaman Online

Kemunculan joki pinjol ini menawarkan jasa untuk mengajukan pinjaman online. Joki akan menawarkan jasanya melalui media sosial agar masyarakat yang membutuhkannya bisa tergiur.

Joki akan membantu masyarakat mendapatkan pinjaman walaupun masih memiliki angsuran yang belum lunas. Masyarakat yang tergiur atas iming-iming ini lantas akan menghubungi joki tersebut. 

Cara kerjanya, joki akan mendaftarkan klien ke penyedia pinjol ilegal. Pada umumnya perusahaan pinjaman online ilegal tidak memiliki catatan klien yang notabene memiliki tunggakan. Selanjutnya, joki akan menggunakan identitas korban maupun orang lain melalui pencurian data.

Baca jugaDeretan Kasus Korban Pinjol Gagal Bayar Mengakhiri Hidupnya 

Ada risiko yang akan kamu hadapi jika menggunakan jasa joki pinjol ini. Untuk memahaminya, simak ulasan berikut ini. 

Joki Pinjaman Online

Risiko Menggunakan Joki Pinjaman Online

Apa saja risiko menggunakan jasa joki pinjol? simak beberapa berikut ini:

1. Upah yang Mahal- Joki Pinjaman Online

Informasi mengenai upah memang tidak ditetapkan secara pasti. Namun, berdasarkan informasi di berbagai forum tarif mulai dari Rp300.000. Jika disimpulkan jumlahnya 10 persen dari pencairan dana tersebut. 

2. Risiko Pencurian Data

Ketika menyetujui menggunakan jasa joki, maka pengguna jasa wajib memberikan data diri untuk memproses pencairan pinjaman. Seorang joki tidak memiliki kode etik dan berkewajiban menjaga keamanan data bagi penggunanya. Tindakan ini jauh dari rasa tanggung jawab.

Baca juga: Berita Fintech Indonesia: Kredit Macet Pinjol Capai Rp 1,21 Triliun

Bisa saja data dari klien digunakan untuk keperluan lain dan potensi untuk penyalahgunaan cukup tinggi. Tentunya pihak joki tidak akan bertanggung jawab dan tidak akan meminta izin dari Anda.

3. Penyebaran Data

Resiko berikutnya masih berkaitan dengan data pribadi. Joki bisa mendapatkan data pengguna pinjaman online dengan mudah. Apabila pengguna jasanya tidak bisa melakukan pelunasan, bukan tidak mungkin joki akan menyebarluaskan data dari pengguna.

Joki juga tidak ingin bertanggung jawab atas akibat ini. Sehingga pengguna juga yang akan menanggung kerugiannya.

Pinjaman online resmi sebagai pilihan tepat tanpa menggunakan jasa joki. Hal ini demi keamanan data pribadi Anda dari penyebarluasan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Itulah ulasan seputar joki pinjol yang perlu anda pahami. Semoga informasi tersebut bermanfaat bagi Anda.

Baca jugaAFPI Bungkam Korban Pinjol Bunuh Diri Akibat Teror Debt Collector

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com.

 

Penulis: Kontributor/Panji A Syuhada

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Kartu Debit Mandiri: Jenis-jenis hingga Cara Membuatnya

JAKARTA, duniafintech.com – Kartu debit Mandiri senantiasa memberikan kemudahan dalam bertransaksi di banyak tempat dan di waktu kapan saja. Sebagai informasi, kalau dibandingkan dengan uang...

Call Center Allianz Asuransi dan Layanan Pengaduannya

JAKARTA, duniafintech.com – Call Center Allianz asuransi dan layanan pengaduannya tentu penting diketahui oleh para pemilik polis/nasabahnya. Seperti diketahui bersama, Allianz Indonesia menjadi salah satu...

Jenis-jenis Mining Bitcoin, Bisa Dilakoni Buat Mendulang Cuan! 

JAKARTA, duniafintech.com - Mining atau menambang bitcoin ada berbagai jenis juga lho. Ini perlu diketahui bagi seorang investor crypto. Karena selain trading, ada cara...

Wow, Hampir Rp 1 Triliun Bitcoin Dibekukan Terkait Kasus Bos Terra Luna

JAKARTA, duniafintech.com – Otoritas Korea Selatan meminta dua platform jual beli kripto untuk membekukan Bitcoin senilai US 60 juta dollar yang terkait dengan Bos...

Asuransi Rumah Tinggal Terbaik, Ini 5 Rekomendasi Produknya

JAKARTA, duniafintech.com – Asuransi rumah tinggal, apa itu? Adapun rumah tinggal adalah tempat beristirahat hingga berkumpul bersama keluarga. Fungsi rumah tinggal ini membuat siapa pun...
LANGUAGE