28.4 C
Jakarta
Minggu, 2 Oktober, 2022

Fantastis, Kini Sudah 21 Juta UMKM Indonesia Terdaftar di e-Commerce

JAKARTA, duniafintech.com – Angka pertumbuhan pelaku usaha mikro kecil dan menengah atau UMKM Indonesia yang terdaftar di e-Commerce meningkatkan tajam.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menyebutkan, bahwa hingga saat ini sudah 21 juta UMKM di Tanah Air yang terdaftar di e-commerce atau perdagangan elektronik.

“Target dari Pak Presiden ada 30 juta UMKM yang terdaftar di e-commerce maka akan bisa menggerakkan ekonomi Indonesia 1,7 persen dan membuka dua juta lapangan kerja baru,” kata Sandiaga Uno di Padang, Sumatera Barat, dikutip dari Suara.com, Sabtu (17/9/2022).

Baca jugaWaduh! UMKM di Indonesia yang Melek Teknologi Digital Hanya 20 Persen?

Dirinya menyampaikan hal itu pada penutupan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) dengan tema UKM Bangkit UKM Tumbuh digelar oleh OJK dihadiri Komisioner OJK Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen Friderica Widyasari Dewi.

Menurut dia, sebelum ada Gernas BBI baru delapan juta UMKM Indonesia yang terdata di e-commerce. Kemudian terjadi penambahan 1,3 juta UMKM tambahan terdaftar di e-commerce pada tahun ini.

Baca jugaBerita Fintech Hari ini: Amartha Luncurkan Layanan Baru Kembangkan UMKM

Ia menargetkan pada 2023 dari 30 juta pelaku UMKM di Tanah Air sebanyak 62 persen telah terdaftar di e-commerce.

Pada sisi lain ia menyebutkan potensi transaksi pembelian dalam negeri ditargetkan Rp 500 triliun dan tulang punggungnya ada pada UMKM.

“Jadi jangan hanya sebatas bangga dengan buatan Indonesia tapi mari membeli produk buatan Indonesia,” ajak Menparekraf Sandiaga Uno.

Gernas BBI merupakan gerakan nasional yang bertujuan untuk meningkatkan kecintaan masyarakat Indonesia terhadap produk-produk buatan dalam negeri serta membangkitkan UMKM.

Acara yang dipimpin langsung oleh Kementerian Koordinator Bidang Maritim dan Investasi tersebut telah diluncurkan sejak 2020 dan rutin digelar setiap bulan di berbagai provinsi yang berbeda sejak 2021.

Kegiatan dalam Gernas BBI Sumatera Barat 2022 dipusatkan di tiga kota yaitu Bukittinggi, Payakumbuh, dan Padang, diawali dengan dari grand opening yang dilaksanakan pada 12 April 2022 di Jam Gadang Bukittinggi oleh Wakil Presiden Maruf Amin.

Baca juga6 Jurus Jitu Telkom Transformasi Digitalisasi UMKM 

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com.

 

Penulis: Kontributor/Panji A Syuhada

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Kartu Debit Mandiri: Jenis-jenis hingga Cara Membuatnya

JAKARTA, duniafintech.com – Kartu debit Mandiri senantiasa memberikan kemudahan dalam bertransaksi di banyak tempat dan di waktu kapan saja. Sebagai informasi, kalau dibandingkan dengan uang...

Call Center Allianz Asuransi dan Layanan Pengaduannya

JAKARTA, duniafintech.com – Call Center Allianz asuransi dan layanan pengaduannya tentu penting diketahui oleh para pemilik polis/nasabahnya. Seperti diketahui bersama, Allianz Indonesia menjadi salah satu...

Jenis-jenis Mining Bitcoin, Bisa Dilakoni Buat Mendulang Cuan! 

JAKARTA, duniafintech.com - Mining atau menambang bitcoin ada berbagai jenis juga lho. Ini perlu diketahui bagi seorang investor crypto. Karena selain trading, ada cara...

Wow, Hampir Rp 1 Triliun Bitcoin Dibekukan Terkait Kasus Bos Terra Luna

JAKARTA, duniafintech.com – Otoritas Korea Selatan meminta dua platform jual beli kripto untuk membekukan Bitcoin senilai US 60 juta dollar yang terkait dengan Bos...

Asuransi Rumah Tinggal Terbaik, Ini 5 Rekomendasi Produknya

JAKARTA, duniafintech.com – Asuransi rumah tinggal, apa itu? Adapun rumah tinggal adalah tempat beristirahat hingga berkumpul bersama keluarga. Fungsi rumah tinggal ini membuat siapa pun...
LANGUAGE