28.8 C
Jakarta
Sabtu, 20 April, 2024

Kapan THR 2024 Cair untuk PNS dan Swasta? Ini Jadwal Lengkapnya

Kapan THR 2024 cair masih menjadi pertanyaan banyak orang, termasuk di sektor swasta. Meskipun hari Lebaran masih tiga minggu lagi, tetapi pemerintah telah mengumumkan jadwal pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR) bagi Aparatur Sipil Negara (ASN). THR PNS, TNI dan Polri akan mulai dicairkan pada H-10 Lebaran.

Pemerintah telah resmi mengeluarkan kebijakan yang mengatur pemberian Tunjangan Hari Raya (THR) dan gaji ke-13 melalui PP No. 14/2024. Berdasarkan beleid tersebut, pemerintah memberikan THR dan gaji 13 kepada aparatur negara, pensiunan, penerima pensiun, dan penerima tunjangan.

Baca juga: Hore! ASN, Polri, Tenaga Pengajar, dan Pensiunan Dapat THR, Ini Besarannya

Kapan THR 2024 Cair

Kapan THR 2024 Cair untuk PNS

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, terkait kapan THR 2024 cair, ada sejumlah proses yang harus diselesaikan sebelum THR untuk para ASN cair.

“Saya harap ini bisa mendorong daya beli para ASN,” kata Sri Mulyani dalam konferensi pers di kantornya, Jakarta, dikutip pada Rabu (20/3/2024) dari CNBCIndonesia.com.

Sri Mulyani menjelaskan, terkait kapan THR 2024 cair, lini masa pencairan THR untuk para ASN. Dia mengatakan proses pencairan dimulai dengan terbitnya Peraturan Pemerintah Nomor 14 Tahun 2024 tentang pemberian THR pada 13 Maret 2024.

Sri Mulyani mengatakan selanjutnya pada 18 Maret 2024 akan dilakukan rekonsiliasi gaji untuk pembayaran THR oleh para satuan kerja. Sehari selanjutnya, giliran PT Taspen dan PT Asabri yang mengajukan tagihan untuk pembayaran THR bagi para pensiunan.

Pada 21 Maret 2024, Kementerian Keuangan akan memulai droping dana ke PT Taspen dan PT Asabri. Selanjutnya, terkait kapan THR 2024 cair, pada 22 Maret 2024, Kemenkeu akan menerima pengajuan Surat Perintah Membayar dan penerbitan Surat Perintah Pencairan Dana, serta transfer ke rekening pensiunan.

“Penyaluran THR dimulai setelah kami menerima pengajuan perintah membayar dan penerbitan pencairan dana,” kata Sri Mulyani terkait kapan THR 2024 cair.

Baca juga: ShopeePay THR Hadir Lagi, Bonus Rp500 Ribu Menanti!

Kapan THR 2024 Cair

Kapan THR 2024 Cair untuk Pegawai Swasta

Sementara itu, untuk pegawai swasta, terkait kapan THR 2024 cair, pembayaran THR paling lambat diberikan pada H-7 Lebaran.

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziah menegaskan, terkait kapan THR 2024 cair, Kementerian Ketenagakerjaan saat ini tengah membuat surat edaran yang akan dikirim kepada para gubernur untuk diteruskan ke pengusaha.

“Minggu ini segera dikeluarkan surat edaran untuk gubernur dan diteruskan ke pengusaha, saya kira semua sudah tahu ya THR itu adalah kewajiban pengusaha yang harus diberikan kepada pekerja atau buruh, untuk memenuhi kebutuhan Lebaran,” ungkap Ida dikutip, belum laman ini, terkait kapan THR 2024 cair.

“Pembayaran THR paling akhir 1 Minggu atau 7 hari sebelum hari H. Meskipun sudah lazim surat edaran tetap akan kita berikan kepada gubernur ini masih dalam proses administrasi dan segera kita sampaikan. Biasanya memang di awal minggu pertama bulan Ramadhan kita keluarkan,” tuturnya.

Menurut Ida, pembayaran THR merupakan kewajiban bagi setiap perusahaan kepada karyawannya. Untuk memastikan kelancaran pembayaran THR, Kemnaker akan kembali membuat Posko THR. Posko ini, terkait kapan THR 2024 cair, berfungsi sebagai pusat pelaporan bagi karyawan yang tidak mendapatkan hak THR dari perusahaan.

Kapan THR 2024 Cair

Penutup

Demikianlah ulasan terkait kapan THR 2024 cair yang perlu diketahui. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Baca juga: THR Tak Dibayarkan, Serikat Pekerja Serukan Boikot Dunkin’ Donuts

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE