33.8 C
Jakarta
Minggu, 21 Juli, 2024

Kartu Kredit BTN: Cara Daftar dan Syarat Pengajuan

JAKARTA, duniafintech.com – Kartu kredit BTN merupakan produk dari salah satu bank tertua di Indonesia yang memberikan kemudahan bagi para nasabahnya dalam urusan transaksi. Melalui produk ini, diharapkan nasabahnya bisa mendapat banyak manfaat saat menggunakannya sebagai pilihan pembayaran mereka.

Sebab, melalui kartu kredit ini memberikan banyak promo menarik bagi para nasabahnya berdasarkan jenis kartunya, seperti hiburan, shopping, dan travel. Jadi, tidak kalah menarik jika dibandingkan dengan kartu kredit online perbankan lainnya.

Jenis Kartu Kredit BTN

Ada berbagai pilihan kartu kredit yang disediakan oleh Bank BTN bagi para nasabahnya, yaitu:

  1. BTN Visa Gold dengan besaran iuran tahunan bagi pemilik pertama sebesar Rp192 ribu, sementara pemilik kartu tambahannya sebesar Rp120 ribu.
  2. BTN Visa Platinum memiliki besaran iuran tahunan bagi nasabah pertama sebesar Rp384 ribu, sedangkan pemilik tambahannya sebesar Rp240 ribu.

Syarat Pengajuan dan Dokumen yang Dibutuhkan

Sebelum nasabahnya memiliki produk layanan satu ini, pihak bank BTN memberikan beberapa syarat dan dokumen yang dibutuhkan untuk melakukan pengajuan, yaitu:

  1. Usia pemilik kartu utama minimal berusia 21 tahun, sedangkan pemilik kartu tambahan berusia 17 tahun.
  2. Berstatus Warga Negara Indonesia atau Warga Negara Asing.

Adapun dokumen yang dibutuhkan dibagi menjadi tiga golongan, diantaranya adalah karyawan, wirausaha, dan profesional. Berikut adalah dokumen yang harus disiapkan untuk mengajukan layanan kartu kredit berdasarkan golongannya, antara lain:

Karyawan: Fotokopi KTP/KITAS dan Bukti penghasilan (SPT/SKP/Slip Gaji).

Wirausaha: Fotokopi KTP/KITAS, fotokopi rekening tabungan (2 bulan terakhir), dan fotokopi akta pendirian/SIUP/TDP.

Profesional: Fotokopi KTP/KITAS, bukti penghasilan, dan fotokopi surat izin profesi.

Cara Mengajukan Kartu Kredit BTN via Online

Jika sebelumnya Anda sudah mengetahui persyaratan umum dan menentukan produk kartu kredit yang sesuai dengan kebutuhan seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, maka cara apply kartu kredit BTN selanjutnya, bisa langsung melakukan pengajuan ke bank dengan mengisi formulir pengajuan sekaligus membawa dokumen persyaratan.

Namun, bagi Anda yang enggan untuk mendatangi bank secara langsung, cara apply kredit BTN ini juga bisa dilakukan melalui internet dan aplikasi. Hal itu bisa dilakukan melalui BTN Credit Card Mobile yang aplikasinya bisa diunduh melalui google play store atau apple store untuk memudahkan para nasabahnya dalam mengakses layanan credit card BTN, baik itu dalam proses apply maupun service melalui gawai.

Supaya bisa mengikuti cara mengajukannya, diperlukan juga untuk mengunduh aplikasi BTN Credit Card Mobile, adapun cara pengajuannya adalah sebagai berikut:

  1. Masukkan identitas calon nasabah sesuai KTP.
  2. Selanjutnya adalah pengecekan data deduplikasi.
  3. Pengisian form aplikasi pengajuan.
  4. Melakukan verifikasi email.
  5. Selanjutnya, nasabah akan mendapatkan informasi push notification berupa link untuk pengisian OTP tanda tangan elektronik, apabila aplikasi kartu kredit BTN disetujui. 
  6. Klik link tersebut dan nasabah akan menerima kode OTP yang dikirimkan melalui SMS oleh lembaga penyedia sertifikasi tanda tangan elektronik.
  7. Setelah itu, masukkan kode OTP pada kolom laman yang tersedia, dan selanjutnya proses pelacakan.
  8. Jika proses selesai dilakukan dan pengajuan aplikasi kartu kredit BTN telah berhasil, masukan alamat pengiriman, dan selanjutnya aktivasi kartu.
  9. Terakhir adalah menunggu BTN Credit Card Mobile selesai aktivasi dan tunggu pengajuannya diproses oleh pihak bank penerbit.

Cara Mendapatkan PIN Kartu

Teruntuk para nasabah pemegang kartu ini, mereka bisa langsung mendapatkan PIN Kartu Kredit BTN dengan cara mengirimkan SMS ke 3300. Adapun formatnya adalah ketik PIN (spasi) KK (spasi) 6 digit pertama nomor kartu# 4 digit terakhir nomor kartu# tanggal lahir (format ddmmyyyy). Bisa juga dengan pilihan lain yang ditawarkan pihak Bank untuk pemegang kartu yang ingin mendapatkan PIN Kartu Kredit BTN melalui kontak bank penerbit di 14017/1500017.

Nah, itulah tadi ulasan mengenai credit card BTN. Pastikan juga bahwa kamu sudah mengetahui cara applynya, sebelum kamu mengajukan pembuatan kartu. Hal ini bertujuan agar tidak bingung saat memproses pengajuan.

 

 

 

Penulis: Kontributor / M. Raihan Muarif

Editor: Anju Mahendra

Iklan

mau tayang di media lain juga

ARTIKEL TERBARU