29.6 C
Jakarta
Minggu, 29 Mei, 2022

Mengulik Kartu Kredit CIMB Niaga hingga Syarat dan Cara Pengajuannya

JAKARTA, duniafintech.com – Kartu Kredit CIMB Niaga adalah salah satu produk perbankan yang cukup diminati oleh masyarakat. Credit card yang satu ini merupakan alat pembayaran berupa kartu yang bisa digunakan untuk transaksi pembelanjaan ataupun penarikan tunai. Dalam hal ini, Bank CIMB Niaga akan membayar terlebih dahulu dan pemegang kartu yang nantinya akan melakukan pelunasan pembayaran itu pada waktu yang disepakati, baik sekaligus maupun angsuran/cicilan.

Kartu kredit yang satu ini tersedia dalam beberapa pilihan, mulai dari premium, regular, spesial, hingga bisnis. Tentu saja, masing-masing kartu punya penawaran fitur dan manfaat yang berbeda, sesuai kebutuhan.

Berikut ini penjelasan selengkapnya.

Jenis-jenis Kartu Kredit CIMB Niaga

  1. CIMB Niaga Ultimate

Kartu Niaga Ultimate ini penuh dengan manfaat, khususnya buat Anda yang hobi travelling atau jalan-jalan. CIMB Niaga Ultimate adalah layanan khusus untuk pemegang kartu kredit Premium CIMB Niaga, misalnya pemesanan peminjaman mobil, dining referral dan reservation assistance, informasi tiket penerbangan, dan event.

  1. CIMB Niaga World

Kartu ini akan memberikan manfaat khusus untuk travelling dan golf. Beberapa manfaatnya adalah:

  • Gratis biaya iuran seumur hidup.
  • Dapat mengubah transaksi retail menjadi cicilan bulanan dengan tenor 3 – 24 bulan.
  • Lounge Jakarta (Batavia, D’Green, EL John, Indosat, JW JW Sky, Premier, Sunda Kelapa, Emerald), Surabaya (Blue Sky, Majapahit/Singosari, Trowulan), Semarang (Arjuna), Yogyakarta (Borobudur), Solo (Sriwedari), Bali (Cempaka,Dewa, Premier, Sanur), Manado (Bunaken), Kendari (VIP), Makasar (JW Lounge Phinisi), Mataram (EL John), Balikpapan (Mahakam, Premier), Banjarmasin, Palembang (EL John), Padang (Minangkabau), Medan, Pekanbaru (Lembayung, Sarimbit), Batam (Bintan, EL John, JW Hang Nadim), Pangkalpinang (EL John, JW Pangkal Pinang), Belitung (EL John), Lombok, Jambi (JW Jambi), Pontianak (EL John), Palangkaraya (EL John).
  • Melindungi pemegang kartu dan keluarga untuk pembatalan penerbangan sampai dengan Rp2,5 juta (pemegang kartu & keluarga), keterlambatan bagasi Rp2,5 juta (pemegang kartu & keluarga), kehilangan bagasi Rp10 juta (pemegang kartu), Rp17,5 juta (keluarga).
  • Melindungi pemegang kartu dengan nilai perlindungan minimal sebesar limit kartu kredit dan maximal sampai dengan Rp250 juta.
  • Pemegang kartu tidak bertanggung jawab atas semua transaksi kartu yang tidak diizinkan yang terjadi setelah pemegang kartu memberitahukan bank atas kehilangan, pencurian kartu.
  • Evakuasi medis darurat, repatriasi medis, repatriasi kematian yang ditawarkan oleh SOS internasional yang bisa digunakan oleh pemegang kartu kredit sampai dengan Rp1 miliar.
  • Melindungi barang-barang pemegang kartu dari kehilangan atau kerusakan yang terjadi tidak sengaja, yang dibeli dengan menggunakan kartu ini. Per item Rp6,25 juta, per kejadian Rp10 juta. Berlaku untuk transaksi domestik dan luar negeri, maksimal 24 jam sejak pembelian terjadi.
  • Meliputi asisten perjalanan, sewa mobil, pengiriman hadiah, akomodasi hotel dan lain-lain.
  • Layanan call center 24 jam.
  • Balance transfer diubah menjadi cicilan dengan tenor 3 bulan (2.3 persen per bulan), 6 bulan (2.2 persen per bulan) 9 bulan (2.1 persen per bulan), 12 bulan (1.9 persen per bulan), 15 bulan (1.75 per bulan), 18 bulan (1.95 persen per bulan), 21 bulan (2 persen per bulan), 24 bulan (2.15 persen per bulan) dengan maksimal saldo tidak lebih dari 50 persen limit kartu kredit Niaga.
  • Penghasilan Minimum: Rp240.000.000 Penghasilan Tahunan Kotor.
  • Suku Bunga Bulanan Efektif 2,25 persen.
  1. CIMB Niaga World ALL Accor Live Limitless

Kartu Niaga yang satu ini merupakan sebuah co-branding dari CIMB Niaga dengan jaringan hotel Accor sehingga manfaat utama kartu ini ditujukan bagi konsumen yang menginap di hotel Accor. Pemegang kartu ini akan memperoleh gratis keanggotaan Accor Plus yang memberikan keuntungan sebagai berikut:

  • Gratis menginap 1 malam di Accor setiap tahun
  • Tambahan diskon 10% dari tarif terbaik yang tersedia di di jaringan Accor sepanjang tahun.
  • Makan di jaringan restoran hotel Accors mendapatkan diskon, 25% sd 50% untuk max 1 anggota dan 3 orang dewasa. Untuk poin, kartu World Le Club AccorHotels menyediakan poin Rewards ALL – Accor Live Limitless, dengan keuntungan yaitu Welcome Bonus 2000 Poin Rewards ALL dan setiap transaksi ritel kelipatan Rp20.000 mendapatkan 8 Poin Xtra + 1.5 Poin Rewards ALL.

Baca juga: Ayo! Upgrade Finansial Tahun 2022 dengan Beberapa Tips Berikut Ini

  1. CIMB Niaga Visa Infinite

Kartu kredit CIMB Niaga Visa Infinite card adalah salah satu kartu Niaga dengan manfaat poin rewards paling kompetitif. Beberapa manfaatnya adalah:

  • Gratis biaya iuran selama 2 tahun.
  • Dapat mengubah transaksi retail menjadi cicilan bulanan dengan tenor 3-24 bulan.
  • Lounge Jakarta (Batavia, D’Green, EL John, Indosat, JW Sky, Premier, Sunda Kelapa, Emerald), Surabaya (Blue Sky, Majapahit/Singosari, Trowulan), Semarang (Arjuna), Yogyakarta (Borobudur), Solo (Sriwedari), Bali (Cempaka,Dewa, Premier, Sanur), Manado (Bunaken), Kendari (VIP), Makasar (JW Lounge Phinisi), Mataram (EL John), Balikpapan (Mahakam, Premier), Banjarmasin, Palembang (EL John), Padang (Minangkabau), Medan, Pekanbaru (Lembayung, Sarimbit), Batam (Bintan, EL John, JW Hang Nadim), Pangkal Pinang (EL John, JW Pangkal Pinang), Belitung (EL John), Lombok, Jambi (JW Jambi), Pontianak (EL John), Palangkaraya (EL John).
  • Melindungi pemegang kartu dan keluarga untuk pembatalan penerbangan sampai dengan 2,5 juta rupiah (pemegang kartu & keluarga), keterlambatan bagasi 2,5 juta rupiah (pemegang kartu & keluarga), kehilangan bagasi 10 juta (pemegang kartu), 17,5 juta (keluarga).
  • Melindungi pemegang kartu dengan nilai perlindungan minimal sebesar limit kartu kredit dan maksimal sampai dengan 250 juta rupiah.
  • Pemegang kartu tidak bertanggung jawab atas semua transaksi kartu yang tidak diizinkan yang terjadi setelah pemegang kartu memberitahukan bank atas kehilangan, pencurian kartu.
  • Evakuasi medis darurat, repatriasi medis, repatriasi kematian yang ditawarkan oleh SOS internasional yang bisa digunakan oleh pemegang kartu kredit sampai dengan 1 miliar rupiah
  • Melindungi barang-barang pemegang kartu dari kehilangan atau kerusakan yang terjadi tidak sengaja, yang dibeli dengan menggunakan kartu ini. Per item Rp6,25 juta, per kejadian Rp10 juta. Berlaku untuk transaksi domestik dan luar negeri, maksimal 24 jam sejak pembelian terjadi.
  • Meliputi asisten perjalanan, sewa mobil, pengiriman hadiah, akomodasi hotel dan lain-lain.
  • Balance transfer diubah menjadi cicilan dengan tenor 3 bulan (2,3 persen per bulan), 6 bulan (2,2 persen per bulan) 9 bulan (2,1 persen per bulan), 12 bulan (1,9 persen per bulan), 15 bulan (1,75 per bulan), 18 bulan (1,95 persen per bulan), 21 bulan (2 persen per bulan), 24 bulan (2,15 persen per bulan) dengan maksimal saldo tidak lebih dari 50 persen limit kartu kredit Niaga.
  • Penghasilan Minimum: Rp3.600.000.000 Penghasilan Tahunan Kotor.
  • Suku Bunga Bulanan Efektif 2,25 persen.
  1. CIMB Niaga Preferred Visa Infinite

Kartu kredit CIMB Niaga yang paling tinggi kelasnya ini hanya bisa dimiliki kalau Anda sudah menjadi nasabah Preferred di Bank CIMB Niaga. Oleh sebab itu, kartu ini bersifat undangan. Manfaatnya, antara lain:

  • Cashback 1% untuk transaksi di luar negeri dalam mata uang asing, dengan maksimal cashback Rp1.000.000 per periode tagihan
  • Fasilitas Airport Lounge Hanya Rp 1 (Satu Rupiah) berlaku di Jakarta, Bali, Medan, Malaysia, Singapore, Thailand & Kamboja
  • Bebas iuran tahunan seumur hidup sepanjang pemegang kartu menjadi nasabah CIMB Preferred
  1. CIMB Niaga Precious

CIMB Niaga Precious menawarkan manfaat asuransi kesehatan berupa dana santunan senilai Rp100 juta untuk resiko kanker serviks atau payudara, dengan syarat pemegang Kartu Utama yang aktif bertransaksi minimal Rp1.000.000 (berlaku akumulasi) dalam 3 bulan terakhir.

  1. CIMB Niaga Platinum ALL Accor Live Limitless

Kartu ini adalah sebuah co-branding CIMB Niaga dan Accor Hotels dengan manfaat utama adalah pemberian poin ALL Accor Live Limitless, seperti berikut ini:

  • Welcome bonus 500 Point Rewards ALL
  • Transaksi ritel kelipatan Rp 20.000 di jaringan Accor Hotels mendapatkan 4 Poin Xtra + 0.5 Poin Rewards ALL, Merchant lainnya mendapatkan 2 Poin Xtra + 0.25 Poin Rewards ALL dan Setiap 16 Poin Xtra dapat ditukarkan dengan 2 Poin Rewards ALL
  • Manfaat poin ALL adalah gratis menginap di seluruh jaringan Accor Hotels di dunia tanpa blackout dates, dengan menggunakan 2000 Poin Rewards ALL.
  1. CIMB Niaga Mastercard Platinum

Niaga Mastercard Platinum ini memberikan gratis iuran tahunan seumur hidup. Kartu kredit yang satu ini punya fasilitas cicilan tetap. Dengan kartu ini, konsumen bisa belanja dan mengubah transaksinya menjadi cicilan dengan jangka waktu angsuran 3, 6 dan 12 bulan. Proses perubahan ke cicilan cukup mudah melalui Internet Banking Credit Card di www.cimbclicks.co.id atau Phone Banking di 14041 sebelum tanggal cetak tagihan.

Manfaat adalah sebagai berikut:

  • Untuk Kartu Kredit CIMB Niaga Platinum berlogo Mastercard akan mendapatkan gratis iuran tahunan selama menjadi pemegang kartu, bagi kartu utama dan tambahan.
  • Setiap transaksi ritel kelipatan Rp5.000 akan mendapatkan 1 Poin Xtra, kecuali transaksi penarikan tunai (cash advance), transfer balance, cash plus, cashback, katalog, cicilan, pembayaran iuran keanggotaan/membership, pembayaran angsuran dan pembayaran tagihan rutin. Poin Xtra yang dikumpulkan dapat ditukarkan dengan pilihan hadiah menarik seperti voucher belanja, mileage penerbangan dan barang lainnya.
  • Jadikan pembelanjaan ritel dengan CIMB Niaga Classic, Gold dan Platinum menjadi cicilan tetap dengan bunga ringan untuk transaksi dengan kartu kredit senilai minimum Rp500.000 (lima ratus ribu rupiah) dengan jangka waktu angsuran 3 bulan, 6 bulan, dan 12 bulan.
  • Gunakan 10.000 Poin Xtra pada kartu kredit Platinum untuk mengakses fasilitas Airport Lounge yang tersebar di kota-kota besar di Indonesia.
  • Kartu Kredit dilengkapi dengan fasilitas penarikan uang tunai dengan cepat dan mudah melalui ATM-ATM dan bank-bank lain berlogo MasterCard/Cirrus/VISA/Plus/JCB di seluruh dunia. Fasilitas ini menjadi solusi yang tepat bagimu ketika tidak dapat melakukan penarikan tunai melalui rekening tabungan atau rekening koran.
  • Kemudahan pembayaran tagihan bulanan seperti listrik, telepon, handphone, TV kabel hingga internet dalam 1 lembar tagihan kartu kredit. Kamu cukup mengingat tanggal jatuh tempo tagihan kartu kredit tanpa perlu khawatir ada tagihan bulanan yang terlewat.
  • Kemudahan fasilitas pembayaran tagihan kartu kredit secara otomatis melalui rekening tabungan atau rekening koran kamu di CIMB Niaga yang mana kamu diberikan keleluasaan untuk menentukan jumlah pembayaran kartu kredit setiap bulannya dengan pilihan pendebitan 10 persen untuk minimum payment atau 100 persen untuk full payment.
  • Setiap pembelanjaan dengan menggunakan CIMB Niaga Platinum Card, kamu akan secara otomatis mendapatkan perlindungan asuransi berupa Purchase Protection dan Travel Insurance (travel accident insurance dan travel inconvenience insurance).
  • Penghasilan Minimum: Rp90.000.000 Penghasilan Tahunan Kotor.
  • Suku Bunga Bulanan Efektif 2,25 persen.

Baca juga: Ingin Investasi Kripto? Perhatikan 5 Langkah Ini Agar Cuan Mengalir

  1. CIMB Niaga Visa Travel Card

Kartu kredit yang satu ini sebelumnya bernama CIMB Niaga Visa Platinum dan menawarkan berbagai nilai tambah serta keuntungan lebih bagi pemegang kartu untuk mewujudkan travelling impiannya. Salah satu cara untuk merencanakan travelling dengan mudah adalah meningkatkan transaksi menggunakan CIMB Niaga Visa Travel Card, dengan tujuan:

Keuntungannya:

  • Bebas Iuran tahunan untuk tahun pertama.
  • Cicilan 0% tenor 3 bulan untuk transaksi belanja minimum Rp500 ribu.
  • Pemegang kartu bisa mengubah transaksi menjadi cicilan secara langsung dari aplikasi mobile banking OCTO Mobile atau menghubungi layanan CIMB Niaga 14041.
  • Fasilitas Airport Lounge dengan menukarkan 10.000 Poin Xtra.
  • Mendapatkan perlindungan asuransi Pembelian, Ketidaknyamanan Perjalanan, dan Kecelakaan.
  • Akses ke layanan Visa Global Customer Assistance Service selama 24 jam/7 hari.
  1. CIMB Niaga Syariah Platinum

Ini adalah kartu kredit CIMB Niaga yang khusus disediakan bagi kalangan mapan dengan penghasilan minimum Rp7.500.000 /bulan. Kartu ini merupakan kartu pembiayaan syariah pertama di Indonesia yang memberikan program cashback bulanan hingga 5%. Keuntungannya adalah sebagai berikut:

  • Bebas iuran tahunan dan fasilitas cicilan tetap
  • Cashback setiap bulan hingga 5%
  • Nilai tukar kompetitif
  • Quick Pay & Octopay
  • Transaksi tarik tunai
  • Poin XTRA
  • Perlindungan diri dengan Asuransi
  • Harta benda yang dibeli untuk usaha atau bisnis
  • Efek, obligasi , saham dan surat berharga dan dokumen
  • Barang-barang yang terbuat dari emas/perak batangan atau perhiasan, batu permata dan batu mulia
  • Binatang ternak
  • Gigi Palsu atau alat bantu pendengaran
  • Barang-barang dekorasi dan pecah belah
  • Segala macam naskah dan karya seni atau barang antik
  • Jam tangan, voucher belanja, tiket, pakaian dan gadget
  • Harta benda yang dijual atau diberikan kepada pihak lain diluar anggota keluarga terdekat
  1. CIMB Niaga Syariah Gold

Jenis kartu kredit syariah ini akan membuat seluruh transaksi dilakukan dengan akad-akad sesuai prinsip syariah, yakni akad kafalah (akad penjaminan), qardh (akad pinjam-meminjam), dan ijarah (akad pembiayaan jasa). Di samping fitur Syariah, kartu ini pun menawarkan gratis iuran tahunan seumur hidup untuk kartu utama.

  1. CIMB Niaga Wave n Go

Wave n Go Niaga card punya fitur transaksi dengan tapping atau contactless. Anda tidak perlu gesek atau colok kartu ke mesin EDC yang biasa dilakukan, tetapi cukup dengan menempelkan kartu untuk bisa melakukan transaksi.

Manfaatnya:

  • Cashback 10% untuk transaksi belanja online, kecuali Hotel, Airlines, Tour & Travel
  • Maksimum nilai cashback untuk transaksi adalah Rp50.000/transaksi
  • Everyday 0% Installment yang berguna untuk semua transaksi minimum Rp500.000 untuk periode 3 bulan
  • Gratis iuran tahunan
  1. CIMB Niaga Classic

Kartu jenis classic ini tetap memberikan manfaat yang menarik sebab iuran tahunannya  gratis seumur hidup untuk Mastercard dan hanya di 2 tahun pertama untuk Visa. Juga ada fasilitas cicilan tetap selama 3, 6, dan 12 bulan serta poin Xtra untuk setiap transaksi berkelipatan Rp5.000.

Keuntungan Kartu Kredit CIMB Niaga

  • Gratis iuran tahunan
  • Cicilan tetap
  • Mendapat poin Xtra
  • Quick Pay (membayar tagihan bulanan)
  • Quick Cash (untuk keperluan dana tunai)
  • Otopay

Syarat dan Cara Pengajuan

Persyaratan umumnya adalah sebagai berikut:

  • Pemegang kartu utama harus berusia minimal 21 tahun dan maksimal 65 tahun.
  • Pemegang kartu tambahan harus minimal usia 17 tahun.
  • Fotokopi KTP
  • Fotokopi NPWP (wajib apabila mengajukan limit lebih dari Rp 50 juta)
  • Untuk karyawan harus menyiapkan fotokopi slip gaji atau surat keterangan penghasilan asli atau fotokopi SPT PPh 21
  • Untuk pengusaha harus menyiapkan fotokopi rekening tabungan 3 bulan terakhir, fotokopi akta perusahaan atau SIUP atau surat izin praktik, dan fotokopi jaminan pribadi atau perusahaan.

Langkah-langkah pengajuan kartu kreditnya:

  • Centang ketentuan dan syarat, kemudian pilih kriteria pemegang credit card CIMB Niaga lalu tulis nomor kartu kredit yang sudah Anda miliki (jika ada). Kemudian, klik next.
  • Kemudian, isi data diri kamu pemegang kartu utama dengan lengkap dan informasi referensi bank (jika ada) kemudian klik next.
  • Isi data pekerjaan dan perusahaan tempat Anda bekerja dengan lengkap kemudian klik next.
  • Isi data kontak keluarga Anda yang dapat dihubungi pada saat kondisi darurat. Apabila Anda ingin menunjuk seseorang sebagai pihak yang diberi kuasa untuk mengkonfirmasi layanan kartu kredit, seperti aktivasi kartu atau pengecekan saldo & transaksi, maka isi data pada bagian “Pihak yang Diberi Kuasa”. Apabila tidak ada maka biarkan kosong kemudian klik next.
  • Isi data diri pemegang kartu tambahan (jika ingin membuat kartu tambahan) kemudian klik next.
  • Isi data rekening untuk pembayaran tagihan kartu kredit secara otomatis (jika ingin mendapatkan fasilitas tersebut).
  • Lalu pilih alamat pengiriman kartu dan tagihan (jika disetujui oleh pihak bank) berdasarkan data alamat yang sudah kamu masukkan, kemudian klik next.
  • Nantinya, bank CIMB Niaga akan menghubungi Anda untuk melanjutkan proses selanjutnya dalam kurang lebih 5 hari kerja. Selama periode 5 hari kerja ini, angkatlah semua telepon dari nomor yang tidak dikenal karena penelpon mungkin dari pihak bank CIMB Niaga. Jika pihak bank CIMB Niaga gagal menghubungi Anda 2—3 kali maka pengajuan kartu kredit Anda otomatis akan ditolak.
  • Apabila pengajuan kartu kredit Anda disetujui maka kartu kredit itu akan dikirimkan ke alamat yang sudah ditulis di formulir.
  • Jika pengajuan kartu kredit CIMB Niaga Anda disetujui maka kartu kredit akan segera dikirim ke alamatmu. Setelah itu, sebelum digunakan, Anda harus mengaktifkannya terlebih dahulu.

Baca juga: Gunakan 13 Aplikasi Pengelola Keuangan Ini supaya Finansial Tetap Terkendali

 

Penulis: Kontributor/Boy Riza Utama

Editor: Rahmat Fitranto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Investasi Bodong Minyak Goreng, Emak Asal Ponorogo ini Masuk Penjara 4 Tahun

JAKARTA, duniafintech.com - EV (30) warga Desa Munggung, Kecamatan Pulung, Ponorogo, diamankan Satreskrim Polres Ponorogo usai melakukan penipuan investasi bodong, dengan kedok jual minyak...

Indonesia Masuk Jebakan Utang dari China?, Ini Jawaban Luhut..

JAKARTA, duniafintech.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marinves) Luhut Binsar Pandjaitan buka suara terkait anggapan bahwa Indonesia telah terperangkap jebakan utang...

WOW! Ajang Formula E Jakarta Gaet 7 Sponsor dalam Negeri

JAKARTA, duniafintech.com - Panitia penyelenggara Formula E Jakarta menggaet tujuh sponsor dalam negeri untuk mendukung pelaksanaan ajang balap mobil listrik di Ancol, Jakarta Utara. "Benar...

Profil Lengkap PT Asuransi Binagriya Upakara dan Daftar Produknya

JAKARTA, duniafintech.com – Binagriya Upakara merupakan salah satu perusahaan asuransi umum di Indonesia yang sudah mendapatkan izin operasional resmi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Pada...

Tabungan Haji Muamalat: Cara Daftar dan Keunggulannya

JAKARTA, duniafintech.com – Tabungan Haji Muamalat melalui program Tabungan iB Hijrah Haji merupakan produk dari Bank Muamalat yang dikhususkan untuk pembiayaan haji atau umrah. Dengan...
LANGUAGE