31.5 C
Jakarta
Jumat, 12 Agustus, 2022

Mengenal Kawaii Island, Game Play to Earn NFT

Kawaii Island hadir sebagai game play to earn yang memberikan alternatif tambahan bagi para gamers yang ingin bermain sambil menghasilkan pendapatan.

Lantas, bagaimana gameplaynya, dan tokenomic dari proyek ini? Simak ulasan lengkap mengenai game play to earn NFT (Non Fungible Token) berikut ini.

Apa itu Kawaii Island?

Kawaii Island adalah game anime hasil kolaborasi antara Imba Games Studio, yang merupakan studio pengembangan game terkemuka dengan lebih dari 14 juta pelanggan dan lebih dari enam tahun pengalaman pengembangan game dan mitra strategis baru Orai Chain.

Orai Chain adalah oracle data dan ekosistem bertenaga AI pertama di dunia untuk blockchain. Selain itu, permainan ini juga merupakan game play-to-earn Non-Fungible-Token (NFT) kreatif yang baru diluncurkan pada September 2021.

Permainan ini akan menciptakan alam semesta fantasi di cloud bagi banyak pemainnya untuk mengalami seluruh rangkaian permainan simulasi termasuk merancang, membangun, membuat kerajinan, bertani, dan juga jejaring sosial.

Melalui beberapa mekanisme dari Decentralized Finance (DeFi), permainan ini juga akan membawa pemainnya ke dimensi baru dari hiburan dan penghasilan campuran.

Konsep Game Kawaii Island

Dahulu kala, terdapat pulau ajaib yang ada di atas langit dan dikenal sebagai Kawaii Island. Ini adalah dunia dengan penuh keajaiban dan sumber daya yang makmur.

Sejak pertama kali melihat potensi pulau ini ditemukan, banyak orang ambisius bergegas ke sini dan mendirikan semua jenis bisnis untuk berkembang. Pemain pemula yang datang ke game ini mempunyai harapan agar bisa mengubah nasib mereka.

Dengan bergabung dalam game simulasi ini, maka pemain dapat membangun pulau asal mereka sendiri melalui berbagai event atau acara kreatif.

Di setiap Pulau Kawaii, nantinya para pemain akan mendapatkan pengalaman bercocok tanam yang luar biasa dengan bertani hingga 11 tanaman ajaib di slot lapangan dan memanen tanaman tersebut pada saat mereka dewasa untuk membuat pewarna atau makanan bagi Makhluk Ajaib.

Kemudian telur yang diletakkan makhluk ajaib dan tanaman yang dipanen akan digunakan sebagai bahan membuat untuk kerajinan barang dan furniture.

Kepulauan Kawaii juga akan menawarkan pengalaman mendesain rumah di mana pemainnya dapat dengan bebas untuk mendekorasi mansion mereka dan memamerkannya kepada penduduk pulau lainnya.

Pemainnya juga dapat merasakan pengalaman menjadi penata gaya untuk karakter mereka dengan butik mode Kawaii yang terkenal, dengan ratusan kombinasi pakaian menunggu untuk setiap selera yang indah.

Item dalam Game

Pada saat bergabung dengan dunia mempesona Kepulauan Kawaii, para pemainnya akan diajak ke dalam dunia magis dengan lima jenis item penting yakni The Fields, Magical Plants, Dyes, Magical Creatures and Materials. Semua item tersebut nantinya disimpan sebagai NFT dan dapat diperdagangkan oleh pemainnya menggunakan token AIRI di Pasar NFT Eksklusif di aiRight.

Gameplay Kawaii Island

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, terdapat beberapa hal yang bisa dilakukan pemain untuk memperoleh item. Antara lain sebagai berikut:

  • Farming

Untuk pemainnya dapat melakukan farming, maka dibutuhkan ladang dan tanaman ajaib, setelah mendapatkannya barulah pemain tersebut bisa memulai pengalaman farming dengan Kawaii.

Untuk mulai bertani di Kepulauan Kawaii, maka para pemain perlu menekan tombol Sumber Daya Pertanian untuk membuka stok sumber daya mereka, sumber daya tersebut dibagi menjadi 3 tab utama: Bidang, Tanaman, dan Makhluk. Setiap tab nantinya akan menampilkan item yang diperoleh dengan jumlah yang tepat.

Untuk dapat menggunakan item ini, maka pemain hanya perlu menarik dan juga melepasnya di tempat yang diinginkan. Ada dua area terpisah untuk bertani Tanaman Ajaib serta memelihara Makhluk Ajaib.

Ladang atau field dapat ditempatkan di manapun dalam area pertanian, para pemain juga dapat membuat keunikan individu untuk setiap Pulau Kawaii dengan pengaturan tanaman mereka. 

Selain itu, player Kawaii juga dapat mengklik dua kali slot Field serta menghapus tanaman, hingga memindahkan Field ataupun mengembalikannya ke Sumber Daya Pertanian.

Namun, hanya ada satu tanaman saja yang tumbuh di setiap bidang pada satu waktu. Dengan setiap rentang tumbuh pada satu tanaman yang akan menghasilkan tumpukan maksimal 5 buah.

Setiap Makhluk perlu 30 buah makanan sesekali, dan akan bertelur maksimal 3 butir setiap 20 menit jika makhluk ajaib tersebut diberi makan dengan baik. 

Semua buah dan telur yang dipanen nantinya akan disimpan di Silo. Untuk memeriksa stok saat ini, maka pemain dapat mengklik gedung Silo. Batas penyimpanan Silo ini mulai dari 300 item dan meningkat saat pemain naik level.

  • Crafting

Setelah memanen buah dan telur, maka pemain akan menggunakan produk pertanian ini untuk mereka buat sebagai bahan, pewarna, dan dua jenis bahan untuk  kerajinan furniture.

Selain itu, kamu juga akan diberikan 3 mesin terkait di pulau asal mereka untuk melalui proses ini.  Ketiga mesin tersebut adalah dyne machine, material factory, dan workshop. Ketiganya memiliki fungsi masing-masing sesuai dengan kegunaannya.

  • Social Club

Fitur menarik lainnya dalam permainan di Kepulauan Kawaii adalah fitur Sosial. Terdapat sebuah Klub yang merupakan tempat untuk orang bisa mengobrol dan saling membantu.

Fitur ini bertujuan untuk menciptakan komunitas yang cerdas dalam bermain dan menghasilkan bersama, fitur Klub ini juga akan memungkinkan beberapa game multipemain mini untuk terhubung dan mengikat anggota.

Selain crafting, farming, dan social feature di permainan simulasi Kawaii ada kegiatan order quest, home decorating, dan juga dress up character yang akan segera dirilis.

Mekanisme Play-to-Earn di Kawaii

Dengan memainkan permainan dari beberapa mekanisme DeFi, Kepulauan Kawaii akan memungkinkan pemain untuk mendapatkan keuntungan dengan hanya bermain game dan menjual barang di Marketplace.

Jenis NFT pertama yang ditawarkan oleh game ini adalah ‘fields’. Pada saat fase pertama rilis game. Kawaii bertujuan untuk menstabilkan game dan memungkinkan komunitas untuk membiasakan diri dengan gameplay terlebih dahulu, dan juga fitur perdagangan atau penyewaan bidang akan dinonaktifkan.

Setiap pemain awalnya akan menerima sejumlah bidang dan akan membuka lebih banyak saat mereka naik level. Dengan pembaruan selanjutnya, nantinya pemain akan memiliki akses ke pasar fitur lengkap di aiRight, tempat pemain dapat menukar ladang langka atau menyewa ladang untuk bertani, sebuah mekanisme yang memungkinkan pemain mendapatkan penghasilan saat bermain.

Sebagian orang dapat memilih untuk menyewakan ladang mereka dan mendapatkan keuntungan darinya atau menyewa dari orang lain untuk bertani dan memanen tanaman, sehingga pada akhirnya akan digunakan untuk membuat NFT lain yang dapat diperdagangkan.

Fitur NFT (Non Fungible Token) lainnya juga akan diperkenalkan secara bertahap ke aiRight Marketplace melalui pembaruan. Semua fitur-fiturnya juga dapat diperdagangkan di Marketplace, yang menciptakan lebih banyak peluang bagi semua orang untuk bermain dan menghasilkan melalui game ini.

Tokenomics Kawaii Island

Token Kawaii atau KWT adalah token asli dari permainan ini, token dasar Kepulauan Kawaii dengan tiga tujuan utama yaitu utilitas, governance (tata kelola), dan farming.

  • Utilitas

Setiap pemain membutuhkan KWT untuk dapat membeli NFT game atau bahan apa pun, untuk membuat barang (baik itu membuat atau menggabungkan bahan menjadi barang lain), melewati waktu tunggu, ataupun membayar biaya lain seperti biaya acara atau pasar.

Para pengguna akan mendapatkan KWT sebagai hadiah untuk aktivitas bermain mereka, yang mencakup pengiriman pesanan, dekorasi rumah/fashionista.

Mereka juga dapat menukar aset game mereka dengan menjual NFT mereka di aiRight Exclusive Marketplace untuk Kepulauan Kawaii guna mendapatkan token KWT. Selain itu, ada namanya Papan Peringkat pemain yang terletak tepat berada di atas (default: 100 Teratas) akan diberi token KWT.

  • Tata Kelola

Pemegang token KWT ini memiliki hak untuk berpartisipasi dalam mengatur keputusan kebijakan apa pun yang terkait dengan bermain atau membelanjakan dalam permainan dengan cara DAO.

Setiap proposal nantinya akan diajukan melalui antarmuka pemungutan suara dalam game (segera hadir) dan hanya jika mayoritas memilih untuk “lulus”, maka kebijakan diterapkan.

  • Farming

Pemegang KWT juga dapat memperoleh KWT sebagai imbalan atas hasil dari aktivitas farming mereka, termasuk menyediakan likuiditas atau mempertaruhkan token KWT mereka. Platform untuk farming nantinya akan diumumkan pada waktunya.

Pasokan Token Kawaii

Total pasokan KWT adalah kurang lebih sekitar 1.000.000.000. Pasokan awal yang beredar di TGE adalah sebanyak 26.666.667 (2,67%)

Harga daftarnya adalah senilai $0,03, dan kapitalisasi Pasar Awal adalah sebesar $800,000, sedangkan kapitalisasi Pasar Terdilusi Penuh kurang lebih sebesar $30.000.000.

Alokasi Token Kawaii

Adapun alokasi Token Kawai, antara lain:

  • Ecosystem: 16.0%
  • Marketing & Listing: 14.0%
  • Play-to-earn: 22.0%
  • Staking (farming) rewards: 20.0%
  • Private sale: 10.0%
  • Advisor: 6.0%
  • Team: 12.0%

 

Penulis: Kontributor

Editor: Anju Mahendra

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Cara Top Up OVO lewat Panin Bank, Pasti Praktis dan Aman!

JAKARTA, duniafintech.com – Cara top up OVO lewat Panin Bank berikut ini tentunya penting diketahui oleh para pengguna kedua layanan keuangan ini. Kemajuan teknologi seperti...

Cara Mengaktifkan Rekening Pasif Mandiri, Gampang Kok!

JAKARTA, duniafintech.com – Cara mengaktifkan rekening pasif Mandiri berikut ini tentu penting untuk diketahui oleh para nasabah Bank Mandiri. Pasalnya, hal ini diperlukan, terutama ketika...

Pajak Fintech Berikan Kontribusi Rp83,15 Miliar

JAKARTA, duniafintech.com - Kementerian Keuangan mencatat sektor keuangan digital atau financial technology (fintech) memberikan kontribusi (pajak) sebesar Rp83,15 miliar dari capaian bulan Juni 2022...

Berita Bitcoin Hari Ini: Bitcoin Cs Lanjutkan Penguatan Harga

JAKARTA, duniafintech.com - Berita Bitcoin hari ini datang dari pergerakan aset kripto yang masih menguat dan menunjukkan pergerakan yang cukup signifikan.  Belakangan ini, harga Bitcoin...

Menkeu Pusing Kuota Anggaran BBM Subsidi Makin Bengkak

JAKARTA, duniafintech.com - Menteri Keuangan (Menkeu) mengkhawatirkan anggaran untuk subsidi energi akan membengkak lantaran harga BBM dan volume penggunaan BBM subsidi merangkak naik. Jika mengacu...
LANGUAGE