26.9 C
Jakarta
Sabtu, 20 Agustus, 2022

Belum Tentu Ada di Kripto Lain, Inilah Keistimewaan Bitcoin

JAKARTA, duniafintech.com – Keistimewaan Bitcoin (BTC) sedikit berbeda dengan kripto jenis lainnya. Secara pasar, Bitcoin masih memegang tahta nomor satu di perdagangan aset kripto. 

BTC merupakan salah satu aset kripto dengan pergerakan pasar yang besar. Para peminatnya pun sangat tinggi. 

Tak heran jika harga Bitcoin turun, harga aset kripto lainnya juga akan mengalami hal serupa. Begitupun sebaliknya. BTC kini menjadi primadona investasi di dunia. 

Apa itu Bitcoin? 

Dikutip dari laman Investopedia, bitcoin adalah mata uang digital terdesentralisasi yang dibuat pada Januari 2009. Penemuan bitcoin adalah mengikuti gagasan yang ditetapkan dalam kertas putih oleh Satoshi Nakamoto (nama alias).

Baca jugaBiar Makin Cuan, Simak Indikator Analisa Teknikal Ini

Bitcoin menawarkan janji biaya transaksi yang lebih rendah daripada mekanisme pembayaran online tradisional. Tidak seperti mata uang yang dikeluarkan bank sentral, bitcoin adalah dioperasikan oleh otoritas yang terdesentralisasi.

Bitcoin dikenal sebagai jenis cryptocurrency karena menggunakan kriptografi untuk menjaganya tetap aman. Tidak ada bitcoin fisik, hanya saldo yang disimpan di buku besar publik yang dapat diakses oleh setiap orang secara transparan (meskipun setiap catatan dienkripsi).

Baca jugaBerita Kripto Hari Ini: Sri Mulyani Terima Pajak Rp48 M, Awalnya Ogah

Dengan kata lain, bitcoin adalah mata uang digital yang dibuat dan disimpan secara digital. Karena bentuknya digital, bitcoin tidak memiliki wujud fisik layaknya mata uang resmi Negara. Tidak ada otoritas yang mengatur yang mengendalikannya.

Meskipun tidak menjadi alat pembayaran yang sah di sebagian besar dunia, Bitcoin sangat populer dan telah memicu peluncuran ratusan mata uang kripto lainnya, yang secara kolektif disebut sebagai altcoin. Bitcoin biasa disingkat BTC saat diperdagangkan.

Namun demikian, ada beberapa layanan yang menerima bitcoin sebagai alat pembayaran, salah satunya PayPal. Bitcoin bahkan bisa digunakan untuk membeli mobil buatan Tesla Inc.

Bitcoin adalah aset berharga karena orang-orang bersedia menukarnya dengan barang atau jasa nyata, dan bahkan rela menukarnya dengan uang tunai.

Nilai Kapitalisasi dan Harga Bitcoin

Saat ini, BTC adalah mata uang kripto dengan kapitalisasi atau valuasi pasar terbesar di dunia. Per Desember 2021, total valuasi pasar bitcoin adalah mencapai 913,1 miliar dolar dollar AS atau sekitar Rp 13.103 triliun (kurs Rp 14.350).

Miliarder pemilik Tesla Inc, Elon Musk, melalui akun Twitter-nya, menyatakan dukungannya terhadap mata uang baru tersebut.

Musk mengatakan, pihaknya sedikit terlambat menyadari potensi bitcoin, dan menyebut bahwa seharusnya dia sudah membeli mata uang itu delapan tahun sebelumnya.

Keistimewaan Bitcoin

Keistimewaan Bitcoin yang Harus Diketahui

Jika dibandingkan mata uang kripto lain, Bitcoin memang memiliki keunggulan tersendiri, di antaranya adalah:

1. Likuiditas lebih besar– Keistimewaan Bitcoin

Sebagai mata uang kripto dengan margin yang signifikan, Bitcoin memiliki likuiditas yang lebih besar dibandingkan dengan mata uang kripto lainnya.

Hal ini memungkinkan pengguna untuk mempertahankan nilai substansialnya saat mengkonversikan Bitcoin ke dalam mata uang fiat. Mata uang fiat adalah uang yang nilainya berasal dari regulasi atau hukum pemerintah.

Hal ini berbeda dengan mata uang kripto lainnya. Sebagian besar dari mata uang itu tidak dapat ditukar langsung dengan mata uang fiat. Bahkan, ada yang kehilangan nilai substansial saat ditukar.

2. Banyak yang menerima sebagai metode pembayaran- Keistimewaan Bitcoin

Dilansir dari Money Crasher, ratusan toko online telah menerima Bitcoin sebagai metode pembayaran. Hal ini tentu sangat menguntungkan bagi pengguna Bitcoin dalam melakukan transaksi.

3. Biaya transaksi lebih rendah

Biaya transaksi dari Bitcoin terbilang lebih rendah jika dibandingkan dengan metode pembayaran digital lainnya seperti kartu kredit atau PayPal.

Biasanya, biaya transaksi dari Bitcoin tidak lebih 1 persen dari nilainya. Hal ini berbeda dengan pembayaran digital lainnya yang mengeluarkan biaya 2-3 persen.

4. Transaksi internasional lebih mudah

Keuntungan lainnya saat menggunakan mata uang digital ini adalah transaksi internasional jadi lebih mudah. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, Bitcoin adalah salah satu mata uang kripto yang populer di dunia.

Dengan begitu, penggunanya dapat melakukan transaksi internasional dengan mudah. Bahkan, dengan menggunakan Bitcoin tidak diperlukan birokrasi khusus.

Melakukan transaksi internasional dengan menggunakan Bitcoin cenderung sama dengan transaksi di dalam negeri.

Demikianlah ulasan mengenai keistimewaan Bitcoin. Semoga informasi ini bermanfaat buat Anda.

Baca jugaRupiah Digital Segera Diluncurkan, Pelaku Industri Kripto Respon Baik

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com.

 

Penulis: Kontributor/Panji A Syuhada

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Luhut: Presiden Akan Umumkan Kenaikan Harga BBM Subsidi

JAKARTA, duniafintech.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mengumumkan kenaikan harga BBM subsidi jenis...

Bahaya! Kejahatan Siber Serang Akses Keuangan Digital

JAKARTA, duniafintech.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) meminta kepada seluruh pihak untuk mewaspadai adanya risiko keamanan terhadap kejahatan siber di era keuangan digital ditengah...

Cara Erick Thohir Stabilkan Harga Tiket Pesawat

JAKARTA, duniafintech.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir secara intens berkoordinasi dengan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi terkait upaya pemerintah...

Mendag Targetkan Satu Juta UMKM Gunakan Digitalisasi di Tahun 2022

JAKARTA, duniafintech.com - Kementerian Perdagangan menargetkan penerapan digitalisasi di 1000 pasar rakyat dan 1.000.000 UMKM di seluruh Indonesia pada tahun 2022. Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan...

Cara Mengatasi Kartu ATM Mandiri tidak Diizinkan, Mudah Loh!

JAKARTA, duniafintech.com – Cara mengatasi kartu ATM Mandiri tidak diizinkan sejatinya bisa dilakukan dengan beberapa panduan yang sangat mudah. Pengguna kartu ATM Mandiri sendiri bisa...
LANGUAGE