26.8 C
Jakarta
Jumat, 1 Maret, 2024

Wajib Tahu, Inilah Kelebihan Pinjaman Online Dibanding Bank

JAKARTA, duniafintech.com – Informasi mengenau kelebihan pinjaman online dibanding Bank dapat berguna bagi Anda. Dua layanan keuangan ini tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. 

Meski pinjaman online mengandung berbagai ancaman resiko, namun apabila pinjaman online digunakan dengan bijak, ada keuntungan yang bisa diperoleh debitur. 

Meski masih menjadi pro dan kontra tapi tetap saja pinjol masih menjadi alternatif masyarakat untuk mendapatkan kucuran dana segar. Hal ini terutama dilakukan ketika berada dalam situasi terdesak.

Apalagi kala pandemi yang mengancam kemarin, dimana banyak orang kehilangan mata pencaharian mereka dan membuat perekonomian lesu. Tentunya keberadaan layanan pinjaman online disambut begitu antusias terutama bagi mereka yang tidak menyiapkan dana darurat. 

Apa Itu Pinjaman Online

Sebagai pengingat kembali, pinjaman online atau pinjol adalah fintech (financial technology) platform yang menyediakan dana untuk dipinjamkan kepada nasabah atau masyarakat.

Pinjaman online sendiri berjasa sebagai penyedia keuangan dan beroperasi secara digital atau online sehingga masyarakat yang memerlukan dana tunai bisa mengajukan pinjaman secara daring tanpa perlu bertatap muka langsung.

Tidak seperti lembaga keuangan lainnya yang cenderung menerapkan banyak persyaratan, masyarakat pun akan lebih mudah mengajukan pinjaman online.

Sebab sejumlah layanan pinjol menerapkan prosedur dan ketentuan yang lebih mudah, tanpa agunan, serta tanpa persyaratan dokumen yang rumit.

Sebagai informasi, hingga 25 Oktober 2021 lalu, jumlah penyelenggara fintech lending terdaftar dan berizin OJK adalah 104 penyelenggara, sedangkan pada tahun 2022 ini ada 102.

Namun, menggunakan dana hasil pinjaman online dengan tepat merupakan salah satu langkah bijak dalam mengelola keuangan. 

Seringnya orang tidak bisa membedakan mana kebutuhan dengan keinginan sehingga membuat keputusan yang diambil bersifat subjektif. Keputusan seperti ini tentunya sangat tidak relevan dengan kondisi yang sebenarnya terjadi.

Baca juga: Harus Diperhatikan, Inilah Pertimbangan Sebelum Memanfaatkan Pinjaman Online

Untuk itu ada baiknya lakukan analisa mendalam dan buat daftar yang jelas mana kebutuhan dan keinginan. Hal ini akan membuat diri sendiri dapat menentukan skala prioritas dalam keuangan. Kondisi kestabilan financial ini tentunya berdampak baik dalam melakukan aktifitas sehari-hari secara lebih produktif.

Kelebihan Pinjaman Online Dibanding Bank

Kelebihan Pinjaman Online Dibanding Bank

Meminjam uang pada layanan penyedia jasa pinjaman online memiliki beberapa keunggulan dibanding lembaga keuangan perbankan. Berikut kelebihan pinjaman online dibanding Bank, di antaranya:

1. Kelebihan pinjaman online dibanding Bank –Persyaratan gampang

Tidak seperti lembaga perbankan lain yang biasanya memerlukan serangkaian proses panjang dan rumit hanya untuk memberikan pinjaman. Layanan pinjol memungkinkan pengguna mendapatkan uang dengan cara lebih mudah dan cepat.

Hal ini dikarenakan mereka menawarkan persyaratan yang ringkas serta mudah. Bahkan tidak sampai menunggu satu hari, dana dapat segera dicairkan ke alamat rekening nasabah.

2. Bisa untuk mendanai usaha

Sebagai komitmen dalam menyajikan pelayanan unggulan, selain memiliki program pinjaman untuk pribadi, mereka juga membuka jasa mendanai modal usaha. Jadi pelaku usaha yang ingin memperbesar bisnisnya namun tidak memiliki uang yang cukup bisa menggunakan layanan pinjaman online tersebut.

3. Akses mudah

Mengakses pinjaman online resmi dapat menggunakan platform khusus yang bisa didownload melalui Playstore. Pengguna bisa langsung melakukan registrasi dengan memasukan sejumlah data diri yang diminta.

Baca juga: Wajib Diketahui, Begini Batasan Akses Pinjaman Online Kepada Nasabah

Pastikan dokumen yang dimasukan adalah asli sebagaimana adanya. Hal ini dikarenakan sistem akan melakukan penyocokan keaslian data-data tersebut. Apabila sudah terbukti kebenarannya, barulah pengguna akan dikirimkan kode verifikasi untuk mengesahkan akun yang dibuat.

4. Tidak terbatas jarak dan waktu

Seluruh proses peminjaman dari awal hingga uang keluar dilakukan sepenuhnya secara online. Jadi sangat memudahkan bagi kreditur untuk mendapat pinjaman di mana pun berada dan kapan pun. Pelayanan tersebut merupakan keunggulan yang tidak dimiliki oleh lembaga keuangan lain.

Sah-sah saja melakukan pinjaman online resmi untuk berbagai keperluan baik konsumtif maupun produktif. Tetapi hal yang harus diingat agar lebih aman, maka pilihlah layanan yang sudah jelas legalitas serta performanya. 

Bila perlu cari rekomendasi selengkapnya dari rekan-rekan yang pernah menggunakan jasa mereka.

Demikianlah ulasan mengenai kelebihan pinjaman online dibanding Bank yang bisa jadi referensi. Semoga bermanfaat. 

Baca jugaInvestasi Syariah Jadi Investasi yang Menguntungkan, Begini Simulasi Perhitungan & Jenisnya

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com.

 

Penulis: Kontributor/Panji A Syuhada 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE