29.2 C
Jakarta
Rabu, 19 Juni, 2024

Kerjasama Pegadaian dan Akseleran Beri Modal Usaha Hingga 300 Milyar

DuniaFintech.com – PT Pegadaian bekerja sama dengan penyelenggara teknologi keuangan Akseleran untuk menghadirkan pinjaman biaya modal usaha hingga 300 milyar. Dalam kerjasama tersebut, Pegadaian akan berperan sebagai pemberi dana dalam organisasi Akseleran.

Dengan diterimanya pendanaan, Akseleran akan bertugas menyalurkan dana tersebut kepada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan pemberi pinjaman yang telah terdaftar di platform.

Christopher Gultom, Chief Credit Officer & Co-Founder Akseleran manilai strategi kolaborasi dengan berbagai lembaga keuangan merupakan jalan cepat untuk meningkatkan inklusi keuangan di Indonesia.

Ia mengklaim perjanjian kerja sama pihaknya dengan Pegadaian sudah berlangsung sejak 2 November 2020. Selanjutnya, realisasi penyaluran pinjaman direncanakan mulai pada Desember 2020.

“Akseleran akan menyalurkan pinjaman usaha produktif dari Pegadaian kepada para pelaku usaha, borrower, yang beragunan invoice financing yang ada di Akseleran. Hadirnya Pegadaian tentu tidak hanya menambah jumlah Institutional Lender Akseleran yang sekarang sudah mencapai lebih dari 10 institusi,”

Christopher menjelaskan bahwa para pemberi dana penyaluran seperti Pegadaian, perbankan dan lembaga jasa lainnya telah berkontribusi sebesar 20% dari portofolio total penyaluran pinjaman usaha Akseleran.

Akseleran berhasil menyalurkan total pinjaman usaha produktif secara kumulatif sebesar Rp 1,7 triliun. Jumlah tersebut telah dialirkan kepada 2.500 pengakses pinjaman dan 150 ribu lebih pemberi pinjaman ritel yang tersebar merata di seluruh wilayah Indonesia.

Baca juga:

Kolaborasi Akseleran dan Pegadaian

Sekretaris Perusahaan Pegadaian, R. Swasono Amoeng Widodo mengapresiasi kolaborasi pihaknya dengan Akseleran. Legalitas yang dimiliki Akseleran di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mampu menyalurkan pinjaman usaha produktif kepada sebanyak-banyaknya para pelaku usaha (UMKM) di seluruh Indonesia.

“Apalagi Akseleran banyak dikelola oleh para wirausaha muda yang memiliki visi untuk memajukan dunia usaha di Indonesia menjadi maju lebih cepat melalui marketplace lending platform. Oleh karena itu, upaya Pegadaian untuk merangkul para milenial merupakan langkah strategis”

Swasono menjelaskan pihaknya selalu terbuka untuk berkolaborasi secara sinergis dengan berbagai pihak yang memiliki visi yang sejalan dengan pihaknya. Hal ini meliputi kemudahan akses kepada UMKM untuk memperoleh pembiayaan modal kerja.

DuniaFintech/Fauzan

Iklan

ARTIKEL TERBARU