Ragu dengan P2P Lending? Ketahui Keuntungan Investasi P2P Lending Berikut Ini

0
165
Keuntungan Investasi P2P Lending

DuniaFintech.com – Investasi P2P lending masih menjadi salah satu investasi pilihan masyarakat. Namun apa Anda sendiri masih mengalami keraguan untuk berinvestasi di P2P lending? Salah satau faktor yang menyebabkan keraguan adalah ketidakpahaman Anda tentang investasi P2P lending. Sekarang mari kita bahas apa saja keuntungan investasi P2P lending ini.

Mendapatkan keuntungan investasi P2P lending tentunya menjadi salah satu alasan utama seseorang memilih instrumen ini. Ketahui beberapa keuntungan investasi P2P lending bagi investor sebagai berikut.

Modal Investasi Rendah

Permasalahan modal menjadi salah satu alasan keraguan dalam berinvestasi. Karena modal awal investasi yang tinggi menjadikan kita menunda investasi.

Namun Anda tidak perlu khawatir dengan P2P lending, sebab instrumen investasi ini membuka kesempatan bagi siapa saja yang ingin berinvestasi sejak dini. Untuk menjadi investor atau pendana P2P lending, Anda dapat mulai menanamkan uang Anda meskipun jumlahnya kecil.

Bahkan kini banyak perusahaan fintech lending memberikan kesempatan berinvestasi mulai dari Rp100.000 saja. Hal ini tentunya memberi kemudahan bagi investor yang baru saja memulai investasinya.

Proses transaksi mudah

Langkah pertama sebelum menanamkan modal Anda dalam P2P lending, Anda perlu menentukan platform mana yang akan Anda pilih sebagai tempar berinvestasi.

Jangan takut memilih platform investasi ini sebab, Anda bisa memilih marketplace P2P lending yang terdaftar di OJK. Tidak hanya kemudahan mengakses marketplace loh, proses pendaftaran bahkan transaksinya pun tidaklah rumit.

Untuk proses pendaftaran menjadi investor atau lender/pendana, Anda hanya perlu menyiapkan dokumen yang dibutuhkan, download, dan isi formulir yang diminta.

Jika sudah mendaftar dan disetujui sebagai investor atau lender/pendana, Anda bisa dengan mudah dan cepat mencari calon peminjam yang ingin Anda beri pinjaman di marketplace.

Semua informasi para calon peminjam pun lengkap tertera dalam marketplace beserta jumlah pinjaman dan bunga yang mereka setujui. Mudah, bukan?

Proses pembayaran angsuran dari calon peminjam juga dapat dengan mudah dipantau tiap bulannya. Dengan begitu, Anda terbantu untuk terus mengawasi dan memantau pembayaran angsuran dari peminjam.

Baca juga:

Menawarkan imbal hasil yang menarik

Poin yang paling ditunggu-tunggu adalah keuntungan. Bagaimana sih tingkat suku bungan atau keuntungan atau imbal hasil yang ditawarkan P2P lending?

Beberapa startup fintech lending kini berbondong-bondong menawarkan tingkat suku bunga atau keuntungan yang lebih tinggi dibanding investasi sejenis lainnya. Inilah kenapa Anda tidak perlu ragu lagi untuk berinvestasi di P2P lending.

Jika selama setahun saja, kita menabung di bank, bunga tabungan ditawarkan hanya sekitar 0.5% – 1,5% per tahun. Bunga ini lebih kecil nilainya daripada tingkat inflasi yang terjadi setiap tahunnya.

Oleh karena itu Anda perlu menyimpan uang Anda di tempat dengan return yang lebih tinggi daripada inflasi salah satunya bisa dengan berinvestasi P2P lending ini, karena P2P Lending menawarkan tingkat return yang lebih baik.

Berkontribusi dalam pengembangan UMKM dan perekonomian Indonesia

Beberapa P2P lending memfokuskan produknya untuk membantu UMKM, tanpa kita sadari sebagai pendana, kita juga berturut serta dalam mengembangkan UMKM di Indonesia dalam bentuk pinjaman modal usaha.

UMKM sendiri memiliki peran yang penting dalam roda penggerak ekonomi di Indonesia. Dengan menjadi investor/ lender/pendana di P2P Lending, secara tidak langsung Anda telah membantu laju perkembangan perekonomian Indonesia loh!.

Jadi masih ragu investasi P2P lending? Tunggu apa lagi? Mari investasi sejak dini!

(DuniaFintech/ Dinda Luvita)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here