31.2 C
Jakarta
Sabtu, 28 Mei, 2022

Apa Saja Keuntungan Menabung di Bank? Simak Ulasannya di Sini

JAKARTA, duniafintech.com – Apa saja sih keuntungan menabung di bank? Seperti diketahui, menabung di bank memang akan memudahkan Anda untuk menyimpan uang dengan lebih aman dan terjamin.

Baik dengan membuka rekening baru atau menggunakan rekening yang telah dimiliki, Anda bisa memanfaatkan kegiatan menabung di bank untuk berbagai kebutuhan keuangan Anda suatu waktu.

Nah, berikut ini adalah ulasan soal keuntungan menabung di lembaga keuangan yang paling populer di masyarakat ini.

Keuntungan Menabung di Bank Bisa Mendapatkan Bunga

Bunga atau juga suku bunga menjadi pembeda antara kegiatan menabung di bank dan di saku atau celengan atau benda apa pun di rumah sendiri. Dalam hal ini, setiap bank juga punya peraturan tersendiri dalam menerapkan besaran bunga.

Penting diingat, kian tinggi saldo yang dimiliki di rekening tabungan, akan kian besar juga bunga yang bakal didapatkan.

Keuntungan Menabung di Bank karena Cenderung Lebih Aman

Dalam kenyataannya, menabung di bank lebih memang dinilai lebih aman ketimbang menyimpan sendiri uang Anda di rumah. Artinya, cara menyimpan uang yang satu ini memang lebih minim resiko. Keamanan pun menjadi salah satu faktor kunci di balik ramainya orang memilih untuk menabung di bank.

Punya Banyak Pilihan Transaksi

Keuntungan lainnya adalah bahwa Anda akan punya akses dan kebebasan bertransaksi. Dengan demikian, akan sangat mudah buat Anda untuk mendapatkan banyak pilihan transaksi. Bukan itu saja, kemudahannya semakin dalam genggaman kalau Anda memanfaatkan keberadaan mobile banking atau internet banking.

Mudah dan Praktis

Berikutnya adalah faktor kemudahan dan praktis. Jika menabung di bank, Anda tidak perlu repot untuk membuat catatan atau mengingat berapa banyak uang yang sudah disimpan dari hari pertama menabung. Pasalnya, sistem perbankan bakal mencatat informasi itu secara otomatis dan akan ditampilkan di buku rekening atau tabungan.

Pengelolaan Keuangan Menjadi Lebih Terencana

Bagi sebagian besar orang, mengelola uang barangkali akan terdengar mudah, tetapi sulit untuk dilakukan. Nah, jika Anda menabung di bank maka Anda dapat mengontrol setiap pemasukan dan pengeluaran dengan baik. Hal itu bisa Anda pantau dari mutasi keluar masuk uang, yang nantinya dapat digunakan sebagai bahan evaluasi finansial.

Baca juga: Waspada Akun Bank Bodong di Medsos: Salah Langkah, Isi Rekening Bisa Raib

Menjadi Alternatif Investasi

Ada banyak jenis investasi yang bisa dijalankan dan memilih produk tabungan yang juga menawarkan keuntungan investasi dapat menjadi salah satu pilihan yang tepat. Hampir semua bank saat ini punya produk tersebut. Nantinya, Anda akan mendapatkan manfaat dari menabung dan investasi sekaligus.

Tabungan Bisa Diambil Kapan Saja

Kapan saja diperlukan, tabungan di bank bisa Anda ambil. Bahkan, saat ini, pengambilan uang bisa dilakukan kapan dan di mana saja, tanpa perlu repot datang ke bank. Pasalnya, di samping lewat teller, uang tabungan Anda pun bisa diambil di gerai ATM.

  1. Memiliki Kesempatan Mendapatkan Hadiah

Setiap bank biasanya punya program dan cara masing-masing untuk menarik nasabah. Pada umumnya, pihak bank akan mengadakan program hadiah untuk nasabah terpilih yang beruntung. Hal itu pun menjadi cara untuk memperlakukan nasabah dengan baik supaya semakin nyaman dengan bank pilihan mereka.

  1. Bisa Mendapatkan Promo Menarik

Promo pun akan terdengar sangat menggiurkan di telinga banyak orang. Ada banyak promo menarik yang tentu bisa Anda dapatkan saat menabung di bank. Jika Anda suka berbelanja baik online maupun offline atau mungkin lebih tertarik menghabiskan waktu bersama orang tersayang di luar rumah meski hanya sekadar makan, ingatlah bahwa ada banyak merchant yang menawarkan promo bagi pelanggan yang melakukan pembayaran menggunakan kartu debit atau kartu kredit bank tertentu, misalnya potongan harga.

Di samping itu, juga ada merchant yang menawarkan pelanggan membayar menggunakan point yang mereka punya.

Baca juga: Ingin Jadi Nasabah BCA Prioritas? Ketahui Syarat dan Keuntungannya di Sini

Kerugian Menabung di Bank

  1. Menabung di Bank Memiliki Biaya Transaksi

Kendati dinilai sebagai kerugian, tetapi bukan berarti Anda harus kaget. Salah satu kerugian menabung di bank, yakni adanya biaya transaksi yang tidak bisa dihindari. Biaya transaksi ini tentunya hanya akan dibebankan ketika Anda melakukan transaksi tertentu.

Misalnya, saat hendak mengirim uang ke pemilik rekening di bank berbeda atau ketika Anda mungkin perlu melakukan pembelian atau pembayaran tertentu. Transaksi yang dilakukan dengan tabungan ada yang gratis, tetapi juga ada yang berbayar. Meski begitu, tidak perlu khawatir sebab umumnya biaya transaksi ini akan bervariasi dan cukup terjangkau.

  1. Nilai Tabungan di Bank Sulit Berkembang

Jika Anda berharap nilai tabungan akan berkembang, sebaiknya Anda tidak berkecil hati. Pasalnya, tabungan memang jelas berbeda dengan investasi sehingga sangat mustahil kalau uang Anda bertambah begitu saja, apalagi dengan suku bunga yang sudah ditetapkan bank. Pada umumnya, bunga tabungan berkisar maksimum satu persen. Hal itu juga yang membuat keuntungan yang didapatkan tidak begitu terasa.

Nah, kalau tujuan Anda adalah mendapatkan imbal hasil yang besar maka menabung di bank bukan pilihan yang tepat. Sebagai alternatif, Anda bisa memilih deposito berjangka. Saldo yang bertambah biasanya dari setoran tunai atau transfer masuk yang Anda terima, bukan dari keuntungan menabung.

  1. Ada Limit Transaksi yang Membatasi

Adapun kebebasan dalam bertransaksi menggunakan tabungan bank juga hadir dengan limit atau batasan. Masing-masing bank punya limit tersendiri untuk setiap jenis tabungan yang dipilih, antara lain, terkait saldo minimum yang mesti tersedia di rekening tabungan. Kemudian, juga ada limit tarik tunai harian di ATM atau pembayaran dan pembelian tertentu.

Demikianlah ulasan soal keuntungan menabung di bank berikut kerugiannya. Jika Anda juga ingin berinvestasi, Anda bisa mempertimbangkan banyak medium investasi, salah satunya P2P Lending.

Baca juga: Yuk, Cari Tahu Jumlah Saldo Minimal BCA ketika Buka Rekening

 

Penulis: Kontributor/Boy Riza Utama

Editor: Rahmat Fitranto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Tabungan Haji Muamalat: Cara Daftar dan Keunggulannya

JAKARTA, duniafintech.com – Tabungan Haji Muamalat melalui program Tabungan iB Hijrah Haji merupakan produk dari Bank Muamalat yang dikhususkan untuk pembiayaan haji atau umrah. Dengan...

Tips Merencanakan Biaya Naik Haji bagi Anak Muda

JAKARTA, duniafintech.com – Tips merencanakan biaya haji sangat penting untuk diketahui, apalagi bagi anak muda yang punya mimpi untuk berangkat haji ke Tanah Suci...

Nasib Tragis Nasabah BPR Ditagih Rp100 Juta karena Utang Rp8 Juta

JAKARTA, duniafintech.com – Nasib tragis dialami oleh keluarga Nasikah, istri dari salah satu nasabah bank perkreditan rakyat (BPR) Bumi Sanggabuana di Gresik, Jawa Timur.  Hal...

Minta Maaf, Dirut DNA Pro Berharap Industri Robot Trading Lebih Maju Lagi

JAKARTA, duniafintech.com – Direktur Utama (Dirut) DNA Pro, Daniel Abe, menyampaikan permohonan maaf sebesar-besarnya kepada para korban robot trading DNA Pro. Hal itu diutarakannya...

Ramah Lingkungan, Indodax Jalin Kerjasama Pengelolaan Sampah dengan Startup Waste Management

JAKARTA, duniafintech.com -  Indodax, perusahaan crypto exchange yang sudah berdiri selama delapan tahun lamanya, baru saja menjalin kerjasama Corporate Social Responsibility dengan Jangjo, perusahaan...
LANGUAGE