27.6 C
Jakarta
Minggu, 21 April, 2024

Klinik Mata Jakarta Aini: Biaya Perawatan dan Harga Kamar

JAKARTA, duniafintech.com –  Klinik Mata Jakarta Aini (KMJA) telah menjadi bagian Rumah Sakit Jakarta secara resmi pada 22 Januari 2020.

Pada mulanya, KMJA bernama RS Aini atau Rumah Sakit Mata Aini Prof. Dr. Isak Salim. Rumah sakit ini sendiri sudah berdiri sejak tanggal 10 Mei 1980 silam, dengan lokasinya berada di Setiabudi, Jakarta.

Dalam rangka meningkatkan kualitas, layanan RS Aini kemudian dialihkan ke Rumah Sakit Mata Jakarta Aini yang berlokasi di kompleks Rumah Sakit Jakarta. 

Melalui peralihan itu, kualitas RS Aini pun kian menjanjikan sebagai rumah sakit unggulan terkait pemeriksaan dan perawatan mata. Menariknya, RS Aini juga menerima pasien BPJS Kesehatan. 

Intip yuk besaran biaya perawatan dan harga kamarnya di sini.

Klinik Mata Jakarta Aini

Cara Daftar Klinik Mata Jakarta Aini

Jika kamu ingin melakukan pendaftaran online melalui WhatsApp maka lakukan dengan format berikut ini: Nama – Tanggal Lahir – Penjamin (pribadi/perusahaan/asuransi) – Pasien Baru/Lama – Nama Dokter.

Misalnya: Yusuf Rahmaji-25031980-Pribadi-Pasien Baru-dr. Indra Wiryawan, Sp.M. 

Berikut ini beberapa fasilitas dan layanan yang ada di RS Aini setelah menjadi Klinik Mata Jakarta:

  1. Layanan Unggulan

Layanan unggulannya adalah untuk kesehatan mata yang lengkap, dengan dukungan 31 dokter spesialis dan tenaga medis terlatih. Di klinik ini, kamu akan menemukan layanan unggulan, antara lain: 

  • Vitreo-Retina
  • Kornea dan Bedah Refraktif
  • Pediatrik Oftalmologi dan Strabismus
  • Glaukoma
  • Infeksi dan Imunologi
  • Neuro Oftalmologi
  • Okuloplasti dan Rekonstruksi
  • Tumor Mata
  1. Fasilitas ruangan 

Konsep cluster yang diusung oleh KMJA didesain untuk memberikan kenyamanan pasien. Bahkan, di sini, kamu akan menemukan ruang tunggu yang modern dan nyaman serta dilengkapi fasilitas AC, TV layar datar dengan ragam program televisi yang menghibur.

Di samping itu, ruang praktik dokternya juga didesain khusus untuk memberikan kenyamanan pada pasien selama konsultasi sehingga terjalin komunikasi yang baik di antara dokter dan pasiennya. Jenis ruangan di RS Aini atau KMJA adalah:

  • Kamar bedah utama
  • Ruang persiapan pasien
  • Ruang pemulihan pasca bedah yang dilengkapi dengan peralatan penunjang yang lengkap.
  1. Fasilitas penunjang

Klinik mata yang satu ini pun memiliki fasilitas penunjang dan peralatan modern, di antaranya bedah cangkok kornea (keratoplasty), glaukoma, tumor mata, terapi mata juling (strabismus), dan bedah plastik rekonstruksi mata.

Baca juga: Simak! Inilah Daftar Startup Indonesia yang PHK Ratusan Karyawannya

Di samping itu, juga tersedia alat laser indirect ophthalmoscopy untuk kasus-kasus kelainan retina, khususnya pada bayi prematur yang memerlukan tindakan laser retina dalam bius umum.

Biaya Pengobatan Mata di Klinik Mata Jakarta Aini

Biasanya, biaya pemeriksaan kesehatan mata cukup bervariasi, sesuai dengan tingkat keparahan penyakit yang diderita dan jenis tindakan yang dilakukan. Akan tetapi, biasanya, biaya yang dikeluarkan sekitar Rp100.000—Rp2.000.000. 

Adapun Rumah Sakit Aini membagi kamar rawat inapnya menjadi beberapa kategori, yakni:

  • VIP dengan biaya menginap Rp950 ribu per hari
  • Kelas I, biaya menginap Rp650 ribu per hari
  • Kelas II, biaya menginap Rp450 ribu per hari
  • Ruang Isolasi, biaya menginap Rp250 ribu per hari
  • Kelas III, biaya menginap Rp150 ribu per hari.

Asuransi Rekanan Rumah Sakit Aini

Memang bukan hal baru jika kita bicara soal mahalnya biaya kesehatan. Meski demikian, kesadaran akan pentingnya memiliki asuransi kesehatan nyatanya masih sangat rendah.  Nah, dalam hal ini, Klinik Mata Jakarta Aini telah bekerja sama dengan beberapa perusahaan asuransi ternama di Indonesia, di antaranya sebagai berikut.

  1. Asuransi Sinar Mas

Asuransi Sinar Mas mempunyai produk asuransi kesehatan Simas Sehat Gold dengan premi murah, yakni sekitar Rp116 ribu per bulan. Meski premi murah, tetapi manfaat yang diperoleh nasabah sangat besar seperti biaya konsultasi dokter umum ataupun spesialis pertanggungannya sesuai tagihan rumah sakit.

Ditambah pertanggungan biaya rawat jalan darurat, santunan harian rawat inap di rumah sakit.  Di samping itu, manfaat lain yang didapat nasabah adalah limit tahunan mulai dari Rp100 juta dan santunan meninggal dunia senilai Rp10 juta. 

  1. Asuransi Avrist

Salah satu polis asuransi kesehatan dari Avrist adalah Avrist Critical Guard yang memberi perlindungan pada nasabah jika terdiagnosis penyakit kritis. Keunggulan dari asuransi ini adalah premi tetap hingga nasabah berusia 60 tahun. 

Baca jugaPesaing Ruangguru, Zenius PHK 25 Persen Karyawannya, Total Lebih dari 200 Orang

Jumlah manfaat perlindungan yang sesuai dengan anggaran, juga proteksi terhadap 36 penyakit kritis. Selain itu, nasabah juga mendapat manfaat perlindungan sampai dengan Rp500 juta jika telat terdiagnosis penyakit kritis. 

  1. Lippo Insurance

Perusahaan milik Grup Lippo ini juga salah satu rekanan di RS Mata Aini. Salah satu polis asuransi kesehatan yang dimilikinya adalah LippoHealth Plus Family dengan premi terjangkau mulai dari Rp5 juta per tahun. 

Manfaat yang didapat nasabah adalah biaya kamar mulai dari Rp550 ribu—Rp1,4 juta per hari, pertanggungan biaya rawat inap sesuai tagihan. Dan limit manfaat tahunan mulai dari Rp150 juta—Rp300 juta. Sayangnya, asuransi ini hanya menanggung rawat inap saja, jadi tidak termasuk rawat jalan. 

  1. Asuransi Cigna

Asuransi Cigna menjadi perusahaan asuransi yang terbilang populer dalam skala nasional dan internasional.  Dikenal dengan produk asuransi kesehatan, produk yang dikeluarkannya pun terbilang variatif dan rekanan rumah sakitnya cukup luas. Salah satunya adalah Rumah Sakit Mata Aini ini. 

Produk asuransi kesehatannya adalah Cigna Proteksi Sehat dengan premi mulai dari Rp150 ribu per bulan, nasabah bisa mendapat manfaat pertanggungan rawat inap Rp300 ribu—Rp1,5 juta per hari. 

Di samping itu, nasabah asuransi Cigna juga mendapat manfaat biaya ambulans, biaya pembedahan mulai dari Rp3 juta—Rp15 juta dan adanya layanan klaim cashless. 

  1. Asuransi Manulife

Asuransi Manulife bukan hanya menawarkan proteksi asuransi jiwa sebab ada juga produk proteksi kesehatan bagi seluruh anggota keluarga. Manfaat yang diberikan dari asuransi ini adalah pertanggungan rawat inap rumah sakit di Indonesia dan Malaysia Rp500 ribu, Rp1 juta, Rp2 juta, dan Rp3 juta.

Sementara itu, pertanggungan rawat inap untuk rumah sakit di luar Indonesia dan Malaysia Rp3 juta, Rp6 juta, dan Rp9 juta. Selain rawat inap, Manulife juga memberi manfaat untuk biaya kamar ICU, visit dokter, pembedahan, biaya akomodasi pendamping dan penyuluhan psikologis.

Baca juga: Kenali 5 Risiko yang Dihadapi Pebisnis Ini sebelum Meraih Kesuksesan

 

 

Penulis: Kontributor/Boy Riza Utama

Admi: Panji A Syuhada

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE