32.3 C
Jakarta
Senin, 27 Mei, 2024

Koin Kripto yang akan Naik dan Cara Menemukannya

JAKARTA, duniafintech.com – Koin kripto yang akan naik pada tahun ini sangat penting untuk diketahui oleh investor dan trader aset kripto.

Buat kamu trader kripto, memantau pergerakan pasar kripto tentu menjadi hal yang wajib untuk dilakukan.

Bukan hanya itu, kamu pun mesti melihat peluang-peluang terbaru, khususnya terkait coin crypto yang berpotensi untuk naik.

Di sini, banyak faktor yang mempengaruhi naik-turunnya mata uang kripto tersebut, salah satu sentimen-sentimen dari berbagai dunia yang menyangkut soal kondisi ekonomi terkini.

Untuk mengetahui daftar koinnya, simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Baca juga: Berita Kripto Hari Ini: Bitcoin Cs di Zona Merah, Cek Daftar Harganya

Apa Itu Cryptocurrency?

Cryptocurrency berasal dari gabungan dua kata, yaitu cryptography yang berarti rahasia dan currency yang artinya mata uang.

Mengutip MoneyDuck, aset kripto adalah mata uang digital dan dipakai untuk transaksi virtual di internet.

Dalam hal ini, terdapat kode unik dan rumit yang berfungsi sebagai sistem keamanan cryptocurrency. 

Konsep kriptografi ini sebenarnya sudah ada sejak Perang Dunia II. Jerman menggunakan kode kriptografi untuk berkomunikasi agar tidak diketahui oleh pihak lawannya. 

Sekalipun telah ada sejak tahun 1990-an, tetapi nama cryptocurrency baru terkenal sekitar 10 tahun terakhir ini.

Cryptocurrency memakai sistem desentralisasi, yang berarti bahwa tidak ada pihak ke-3 yang berperan sebagai perantara dalam sebuah transaksinya.

Dengan demikian, pembayaran memakai mata uang digital ini hanya diketahui oleh pengirim dan penerimanya. 

Sejauh ini, ada lebih dari 1.000 aset kripto yang tersebar di seluruh dunia saat ini. Aset kripto adalah investasi dengan risiko cukup tinggi, tetapi menawarkan keuntungan yang sama tingginya. 

Maka dari itu, sangat penting untuk menentukan aset kripto terbaik sebelum membelinya. Pasalnya, harga kripto cenderung tidak stabil dan mudah sekali naik ataupun turun.

Cara Menemukan Koin Kripto yang akan Naik

Menggunakan media sosial

Salah satu cara terbaik untuk menemukan prediksi crypto yang akan naik 2023 adalah dengan meninjau situs media sosial. Situs teratas cenderung Twitter dan Reddit, karena keduanya ideal untuk pembaruan waktu nyata pada proyek crypto.

Sebagian besar proyek akan memiliki subreddit khusus untuk diskusi mendalam atau misalnya seperti DeFi Coins memiliki subreddit yang berisi 5.000 anggota. Forum ini dapat menjadi sumber yang bagus untuk menemukan informasi yang disajikan dengan cara yang jelas dan tidak memihak, membantu Anda memisahkan proyek berpotensi resiko tinggi dari yang lainnya.

Memperhatikan penawaran koin awal (ICO)

Salah satu cara melihat prediksi coin crypto yang akan naik 2023 dan 2024 adalah melalui keberhasilan saat initial coin offering/ICO.

Penawaran koin awal (ICO) adalah cara di mana pengembang proyek kripto dapat mengumpulkan dana untuk memajukan pengembangan proyek. ICO ini memungkinkan investor untuk membeli token yang dikeluarkan oleh tim pengembangan (seringkali dengan harga rendah), yang memungkinkan mereka mendapatkan keuntungan saat proyek dimulai.

Banyak cryptocurrency dengan harga rendah dan terbaik untuk dimulai melalui ICO dan telah memberikan pengembalian eksponensial pada periode setelah peluncuran proyek. Namun, penting juga untuk dicatat bahwa ICO pada dasarnya tidak diatur, artinya ada banyak proyek ‘penipuan’. Karena itu, sangat penting untuk melakukan penelitian mendalam sebelum menjaminkan dana Anda ke ICO tersebut.

Mengikuti berita kripto terbaru

Kemudian di akhir, Anda dapat menemukan prediksi crypto yang akan naik 2023 dan 2024 dengan mengikuti berita terbaru tentang kripto yang paling mudah berubah. Pasar crypto masih relatif baru dibandingkan dengan pasar keuangan tradisional yang lainnya, yang berarti bahwa peristiwa berita tertentu dapat memiliki dampak besar pada pergerakan harga koin.

Selain itu, beberapa jenis berita juga dapat mendorong koin tertentu menjadi pusat perhatian, yang memungkinkan para investor dapat terlibat sebelum harga mengalami peningkatan atau meroket ke harga yang lebih tinggi. Salah satu contoh penting berita yang pernah kita dengar dimana pada saat berita Dogecoin dan Shiba Inu, yang dibahas di berbagai outlet media utama yang sebelumnya mengalami peningkatan dan menghasilkan keuntungan yang dramatis.

Baca juga: Investasi Kripto yang Menguntungkan Tahun Ini (Plus Aplikasinya)

Koin Kripto yang akan Naik

Saat ini, koin kripto mengalami pertumbuhan yang cukup pesat, baik dari nilai maupun jenisnya.

Bahkan, mata uang digital ini sudah menjadi salah satu pilihan masyarakat untuk berinvestasi. Di Indonesia, jumlah investor kripto pun terus tumbuh signifikan. 

Lain dari saham, memang diperlukan pengetahuan yang luas dalam perdagangan koin kripto dan investornya pun harus memiliki strategi yang tepat untuk berinvestasi. 

Ada beberapa koin kripto yang mengalami peningkatan signifikan alias akan naik pada tahun ini. Berikut ini ulasannya.

Koin Kripto yang akan Naik

Bitcoin (BTC)

Bitcoin adalah koin crypto asli pertama di dunia yang dibuat pada tahun 2009 oleh seorang anonim dengan nama panggilan Satoshi Nakamoto.

Mata uang ini kian populer setelah Tesla Inc memborong Bitcoin beberapa waktu lalu. Harga Bitcoin saat ini telah menyentuh angka fantastis dan sudah meningkat lebih dari 12.000 persen dibandingkan lima tahun lalu yang masih berada di kisaran harga 500 dolar AS.

Ethereum (ETH)

Ethereum atau ETH bisa disebut sebagai saingan coin crypto Bitcoin dari segi peningkatan dan kapitalisasi pasar.

Hal itu karena harga ETH saat ini telah menyentuh 4.322 dolar AS dibanding lima tahun lalu yang masih berada di kisaran 11 dolar AS.

Ethereum pun menjadi populer di kalangan developer program karena aset kripto ini memiliki aplikasi yang potensial seperti Smart Contract dan berbagai berbagai token non fungible (NFT). 

Binance Coin (BNB)

Binance diluncurkan pada 2017 dimulai dengan memfasilitasi perdagangan coin crypto melalui platformnya.

Di awal kemunculannya, BNB berada di blockchain Ethereum dan kini sudah membentuk blockchain sendiri.

Saat peluncurannya, harga Binance hanya 0,10 dolar AS dan saat ini meningkat signifikan di angka 551,75 dolar AS.

Solana (SOL)

Diluncurkan pada tahun 2020, Solana saat ini muncul menjadi salah satu 10 coin crypto dengan nilai tertinggi berdasarkan kapitalisasi pasar.

Di masa awal peluncuran, SOL diperdagangkan dengan harga 0,77 dolar AS dan saat ini telah mencapai 204,09 dolar AS.

Kenaikan Solana yang demikian cepat ini dipengaruhi berbagai hal, seperti project Wormhole dan masuk ke dalam NFT. Di samping itu, sistem blockchain Solana dikenal dengan transaksi cepat dan aman.

Cardano (ADA)

Koin kripto Cardano diluncurkan pada tahun 2017 dengan harga 0,02 dolar AS. Perkembangan harga ADA relatif stabil dan hingga kini sudah menyentuh angka 1,9 dolar AS.

Cardano pun disebut sebagai salah satu crypto yang memiliki potensi pasar yang tinggi sebba dengan transaksi yang cepat dan efektif, crypto ini bisa menghemat penggunaan energi.

Baca juga: Ikut Berpartisipasi dalam Bulan Literasi Kripto, Indodax Galakkan Edukasi

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU