26 C
Jakarta
Rabu, 7 Desember, 2022

Koin Kripto yang Akan Naik 2022, Ada Bitcoin Gak Nih? 

JAKARTA, duniafintech.com – Koin kripto yang diprediksi akan naik pada tahun ini ada beragam. Saat ini, pasar kripto kita ketahui memang sedang lesu. 

Mata uang digital tersebut mengalami gejolak harga sejak pertengahan 2022. Bitcoin atau BTC yang merupakan mata uang digital dengan kapitalisasi pasar tersebar juga tampak ambrol. 

Kini harganya tertahan di bawah Rp 300 juta. Penurunan harga juga disusul oleh beberapa kripto big cap lainnya. Mari kita simak ulasan seputar koin kripto yang akan naik pada tahun ini. 

Memahami Apa Itu Aset Kripto

Cryptocurrency berasal dari gabungan dua kata, yaitu cryptography yang artinya rahasia dan currency yang berarti mata uang ya. Melansir dari MoneyDuck, aset kripto merupakan mata uang digital dan dipakai untuk transaksi virtual di internet. Terdapat kode unik dan rumit yang berfungsi sebagai sistem keamanan cryptocurrency. 

Pada dasarnya, konsep kriptografi itu sudah ada sejak Perang Dunia II. Jerman menggunakan kode kriptografi untuk berkomunikasi agar tidak diketahui oleh pihak lawannya. 

Meski sudah ada sejak tahun 1990-an namun nama cryptocurrency baru terkenal sekitar 10 tahun terakhir ini. Cryptocurrency menggunakan sistem desentralisasi, yang artinya tidak ada pihak ke-3 yang berperan sebagai perantara dalam sebuah transaksinya. Sehingga pembayaran memakai mata uang digital ini hanya diketahui oleh pengirim dan penerimanya. 

Baca jugaInvestasi Kripto Terpercaya bagi Pemula, Coba 5 Aplikasi Ini

Terdapat lebih dari 1.000 aset kripto yang tersebar di seluruh dunia saat ini. Aset kripto merupakan investasi dengan resiko cukup tinggi, namun menawarkan keuntungan yang sama tingginya. 

Oleh karena itu, sangat penting untuk menentukan aset kripto terbaik 2022 sebelum kamu membelinya ya. Sebab harga kripto cenderung tidak stabil dan mudah sekali naik ataupun turun.

Koin Kripto yang Akan Naik

Koin Kripto yang Diprediksi Akan Naik Pada Tahun Ini

Mengutip dari berbagai sumber, berikut ini beberapa koin kripto yang diprediksi akan naik dan peluangnya menjanjikan di tahun 2022 ini. Di antaranya adalah:

1. Koin Kripto yang Akan Naik Salah Satunya Bitcoin (BTC)

Kendati tahun 2022 ini diwarnai pasang surut, Bitcoin masih akan menjanjikan di tahun ini lho. Secara year-to-date, harga BTC telah naik 70 persen. 

Baca jugaCatat! Investasi Kripto Terpercaya Hanya di 25 Exchanger Ini

Tak mengherankan kalau Coinmarketcap menempatkan Bitcpin tersebut di urutan pertama sebagai aset kripto yang menjanjikan dengan kapitalisasi pasar terbesar. 

2. Koin Kripto yang Akan Naik Selanjutnta Adalah Ethereum (ETH)

Koin kripto terbesar kedua di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar ini masih akan menjanjikan juga tahun ini. Sebab Ethereum adalah sistem blockchain terdesentralisasi favorit para pengembang cryptocurrency. 

Selama lima tahun terakhir ETH ini telah mengalami pertumbuhan yang luar biasa. Hanya dalam waktu lima tahun, harganya telah naik 42 ribu persen.

3. Tether

Tether (USDT) adalah stablecoin yang nilainya 1:1 dengan mata uang fiat dolar AS. Karena merupakan stablecoin, secara teori banyak ahli yang menilai bahwa Tether (USDT) seharusnya memiliki nilai yang lebih konsisten daripada cryptocurrency jenis lainnya.

Oleh sebab itu, Tether cocok sebagai pilihan investasi di 2022 karena tingkat volatilitasnya cenderung lebih rendah ketimbang aset kripto lainnya.

4. Solana

Solana (SOL) adalah platform blockchain publik yang menggunakan mekanisme proof of stake. SOL telah menjadi pemain top pada tahun 2021, naik melalui jajaran altcoin untuk menjadi cryptocurrency paling berharga kelima di dunia.

Karena memiliki pertumbuhan nilai yang positif tersebut, kamu bisa beli aset kripto Solana sebagai pilihan investasi terbaik di tahun ini. 

5. Polkadot

Polkadot (DOT) adalah protokol open-source sharding multichain, yang memfasilitasi transfer lintas rantai (cross-chain) dari data atau jenis aset apa pun.

Dengan nilai kapitalisasi Rp346 triliun, Polkadot (DOT) menempati posisi ke-11 sebagai aset kripto terkemuka di CoinMarketCap. Karena itu Polkadot (DOT) bisa menjadi salah satu pilihan aset kripto terbaik di 2022.

6. Koin Kripto yang Akan Naik Cardano (ADA)

Cardano (ADA), juga merupakan satu proyek blockchain terbesar di dunia yang disebut “Green Blockchain” karena penggunaan energi yang minim. Belum lama ini, Cadaro mendapatkan dukungan investasi senilai US$100 juta.

7. Avalanche/AVAX

Avalanche merupakan salah satu koin terpopuler saat ini. Koin ini bersaing cukup ketat dengan Dogecoin dan menjadi salah satu dari 10 cryptocurrency terbesar di dunia. Karena itu koin ini menjadi alternatif cukup baik pada 2022 nanti

Itulah ulasan seputar koin kripto yang akan naik pada tahun ini. Meski pasar kripto tengah lesu, namun peminat kripto tumbuh signifikan. Semoga informasi bermanfaat ya.

Baca juga: Berita Bitcoin Hari Ini: Awal Pekan, Gerak BTC dan ETH Masih Lesu

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com.

 

Penulis: Kontributor/Panji A Syuhada

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

RUU PPSK Tidak Semua Koperasi Diawasi Oleh OJK

JAKARTA, duniafintech.com - Rancangan Undang-Undang (RUU) Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan (PPSK) menimbulkan pro dan kontra. Hal itu karena didalamnya membahas tentang keberadaan kerja koperasi...

Presiden Jokowi Instruksikan Kemendag Bangun Ekonomi Digital di Sektor Perdagangan

JAKARTA, duniafintech.com - Presiden Joko Widodo memberikan arahan kepada Kementerian Perdagangan agar dapat memanfaatkan potensi ekonomi digital. Hal itu dilakukan melalui akselerasi transformasi digital pada...

Pinjol Cepat Cair Legal Berizin OJK, Intip Nih Rekomendasinya

JAKARTA, duniafintech.com – Pinjol cepat cair adalah pinjaman melalui aplikasi di smartphone yang proses pencairan dananya sangat cepat. Pinjol atau pinjaman online berizin Otoritas Jasa...

Ini Langkah Strategi Pemerintah Jaga Pertumbuhan Ekonomi Indonesia

JAKARTA, duniafintech.com - Didukung dengan kemampuan penanganan pandemi yang baik, percepatan vaksinasi, peran APBN sebagai shock absorber, tingginya harga komoditas unggulan, hingga kesuksesan Presidensi...

Dollar ke Rupiah Hari Ini, Cek Kurs BCA, Mandiri, dan BRI

JAKARTA, duniafintech.com – Dollar ke rupiah hari ini, sesuai kurs, melemah pada level Rp 15.618 di perdagangan pasar spot Selasa (6/12). Diketahui, rupiah melemah 0,99%...
LANGUAGE