25.1 C
Jakarta
Minggu, 26 Juni, 2022

KoinWorks Berikan Modal Usaha untuk 13Ribu UKM

DuniaFintech.com – PT Lunaria Annua Teknologi atau KoinWorks berikan modal usaha untuk 13ribu UKM melalui sebuah kerjasama dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Kolaborasi tersebut dirangkum dalam program bertajuk Kolaborasi Sosial Berskala Besar (KSBB) untuk menyalurkan pinjaman modal usaha bagi lebih dari 13ribu UKM yang ada di wilayah Provinsi DKI Jakarta.

Pandemi Covid-19 mempengaruhi stabilitas perekonomian Indonesia, tak terkecuali Usaha Kecil Menengah (UKM). Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki beberapa waktu lalu mengatakan sekitar 50% UKM di Indonesia terancam bangkrut akibat pandemi.

Kolaborasi antara perusahan berbasis peer to peer lending dan pemerintah ini diawali dengan penandatanganan perjanjian kerjasama di antara keduanya di Gedung Balai Kota Jakarta pekan lalu yang dihadiri langsung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Transformasi UKM Digital

CEO & Co-Founder KoinWorks, Benedicto Haryono mengatakan kolaborasi yang dijalin merupakan salah satu usaha mewujudkan komitmen KoinWorks dalam mendampingi UKM Indonesia, untuk bertransformasi menjadi UKM Digital guna menjawab perubahan perilaku masyarakat akibat pandemi melalui penyediaan alternatif pembiayaan.

“Kerjasama ini juga menunjukkan kepercayaan dari berbagai pihak, khususnya pemerintah kota kepada KoinWorks sebagai lembaga yang akuntabel untuk berkontribusi pada program stimulasi pertumbuhan ekonomi lewat dukungan UKM dan sektor produktif khususnya di wilayah ibu kota,” ujar Benedicto.

KoinWorks berperan sebagai wadah penyalur pinjaman yang mempertemukan kolaborator dengan para pelaku UKM dan penerima pinjaman modal usaha yang berada dalam naungan binaan Dinas Pemprov DKI Jakarta. Kolaborator sendiri adalah orang, kelompok, badan hukum, atau badan usaha yang menyalurkan pembiayaan produktif.

Baca juga:

Penerapan Sistem Penyaluran Modal Usaha

Seluruh ketentuan penyaluran pembiayaan yang dilakukan KoinWorks untuk program ini telah disesuaikan dengan ketentuan dari pihak Pemprov DKI Jakarta dan sistem penyaluran pinjaman yang sudah KoinWorks terapkan sebelumnya.

“Lewat kerjasama ini pula, kami berharap dapat memberikan kontribusi lebih dalam membangkitkan kembali perekonomian Indonesia melalui pelaku UKM dan menjadikan inklusi finansial di Indonesia semakin luas,” tambah Benedicto.

Selain itu, ia juga mengatakan bahwa lewat pemanfaatan teknologi finansial diharapkan penyaluran pembiayaan UKM dapat lebih cepat, efisien, dan tepat sasaran.

(DuniaFintech/ Rasyid Baihaqi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Beragam akad P2P Lending Syariah, ini Guys!

JAKARTA, duniafintech - Beragam akad P2P Lending Syariah. Sistem P2P lending Indonesia ini sangat mirip dengan konsep yang diterapkan pada marketplace secara online, yakni...

Beli Rumah KPR Subsidi? ini Tips agar Tak Salah Pilih

JAKARTA, duniafintech.com - Beli rumah KPR subsidi? kenapa tidak, dan tim DuniaFintech.com punya tips agar tak salah pilih. Salah satu jenis rumah KPR adalah KPR subsidi. Apakah...

Akad dan Contoh Penerapan Transaksi P2P Lending Syariah

JAKARTA, duniafintech.com - Akad dan contoh penerapan transaksi dalam p2p lending syariah di Indonesia ini sangat mirip dengan konsep yang diterapkan pada marketplace secara...

Mengenal Investasi Jangka Pendek, Pengertian dan Jenisnya

JAKARTA, duniafintech.com - Mengenal investasi jangka pendek, tampaknya masih banyak yang bertanya-tanya terkait hal tersebut. Pasalnya jika bicara mengenai investasi selalu identik dengan jangka waktu yang...

Daftar Aplikasi P2P Lending Syariah yang Patut Kamu Catat, ini Dia!

JAKARTA, duniafintech.com - Daftar Aplikasi P2P Lending syariah apa saja? Pasti banyak dari kamu yang belum mengetahuinya. Sebagai pendatang baru, P2P lending Indonesia kini menjadi...
LANGUAGE