28.5 C
Jakarta
Selasa, 30 November, 2021

Sinergi Perkuat Kripto Aset dan Eksplorasi Luar Angkasa

DuniaFintech.com – Mendengar nama kripto aset dan eksplorasi luar angkasa komersil dalam satu kalimat mungkin terdengar aneh bagi banyak orang. Tapi setelah dipahami lebih lanjut, ternyata eksplorasi luar angkasa sangat cocok dengan efek ideologis serta kepraktisan kripto aset.

Langkah ini dimulai dengan penggunakan API Satelit Blockchain untuk Bitcoin. Siaran yang berlangsung selama 24/7 ini akan memberikan informasi terbaru seputar Blockchain dan Bitcoin dari luar angkasa. Tujuannya adalah untuk menyediakan sumber komunikasi cadangan. Menggunakan 6 buah satelit, jangkauan siaran akan mencakup sebagian besar wilayah dunia.

Perluas Akses Informasi ke Seluruh Dunia

Untuk sejumlah alasan, teknologi ruang bermanfaat untuk kripto aset. Ini termasuk keamanan tambahan untuk node jaringan serta penggunaan internet yang lebih luas secara umum. Mengatasi poin terakhir ini adalah salah satu kekuatan potensial dari internet satelit. Kripto aset jelas, hanya dapat bekerja jika orang memiliki akses ke web.

Namun pada 2016 World Economic Forum (WEF) menyatakan bahwa lebih dari 4 miliar orang di seluruh dunia tidak memiliki akses siap ke internet. Infrastruktur tentu saja menjadi masalah di sini. Pada 2016, 15 persen populasi global tidak memiliki listrik, apalagi akses ke internet, sementara 31 persen tidak memiliki jangkauan data 3G.

Baca Juga:

WEF menambahkan bahwa internet broadband hanya sepenuhnya terjangkau bagi penduduk di 29 negara, dan mengatakan akan mendesak pemerintah untuk memperkenalkan kebijakan yang bertujuan untuk meningkatkan cakupan dan kualitas infrastruktur.

Tetapi mengesampingkan masalah keterjangkauan, infrastruktur menjadi rintangan besar bagi banyak orang mengenai akses internet mereka, karena membangun saluran telepon atau kabel data ke daerah terpencil atau pegunungan bisa menjadi tugas besar.

Di sinilah internet satelit menjadi berguna. Dengan internet satelit, internet sudah ada di sana, jadi kita hanya tinggal mencari materi saja. Hanya dibutuhkan sarana untuk berkomunikasi dengan satelit – dan layanan berlangganan -.

Dan di sinilah elemen biaya masuk. Untuk digunakan di rumah, penyedia broadband satelit Afrika Konnect menawarkan broadband satelit tanpa batas seharga £ 72,85 per bulan. Tetapi menurut penyedia layanan komunikasi satelit global GroundControl.com, itu bisa sangat mahal.

Menggunakan Afrika sebagai contoh, terminal internet satelit portabel untuk benua dengan akses data tanpa tersebut batas dikenai biaya $ 1.100 setiap bulan.

Lebih lanjut mengenai kripto aset dan eksplorasi luar angkasa, keberadaan siaran melalui satelit luar angkasa ini diharapkan akan menjadi sumber informasi cadangan bagi semua orang di dunia mengenai perkembangan kripto aset.

(DuniaFintech/Dita Safitri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Pengertian e-Polis Asuransi dan Contohnya

JAKARTA, duniafintech.com - E-polis asuransi adalah versi digital atau elektronik (polis digital) dari polis asuransi, termasuk asuransi kesehatan, yang kini mulai diterapkan oleh sejumlah...

Jadi Trending Twitter, Apa Itu Binance Coin (BNB)?

JAKARTA, duniafintech.com - Binance Coin (BNB) sedang trending di Twitter pada hari ini, Selasa (30/11), dan masih cukup hype sampai sekarang. Popularitas aset crypto...

Manfaat Asuransi Proyek hingga Daftar Rekomendasi Produknya

JAKARTA, duniafintech.com - Asuransi proyek adalah proteksi yang diberikan terhadap sektor proyek konstruksi yang diketahui punya risiko tinggi. Polis pertanggungan ini bakal memberikan perlindungan...

Cara Ikut Lelang Mobil Asuransi, Siapkan Persyaratan Berikut Ini

JAKARTA, duniafintech.com - Lelang mobil asuransi adalah salah satu cara saat mengatasi ganti rugi. Sebagaimana jamak diketahui, di antara risiko yang dijamin dalam asuransi...

Varian Covid-19 Omicron Gagal Menjegal Bitcoin Cs

JAKARTA, duniafintech.com – Pada hari ini, Selasa (30/11) pagi waktu Indonesia, mayoritas harga kripto berkapitalisasi pasar besar (big cap) kembali diperdagangkan di zona positif. Hal...
LANGUAGE