24.3 C
Jakarta
Senin, 8 Agustus, 2022

Kriteria Pinjaman Online yang Kredibel, Inilah Ulasannya

JAKARTA, duniafintech.com – Kriteria pinjaman online yang kredibel penting untuk diketahui. Sebab, keabsahan suatu pinjaman online merupakan hal yang mutlak. 

Pinjaman online resmi atau peer-to-peer lending (P2P) perkembangannya belakangan ini bisa dibilang semakin pesat. Hal ini tidak mengherankan mengingat aplikasi fintech (financial technology) ini menawarkan cukup banyak kemudahan terkait akses dan prosedur peminjaman.

Agar bisa memanfaatkan jasa pinjaman online resmi ini biasanya ada sejumlah persyaratan yang harus Anda penuhi. Persyaratan tersebut umumnya berkaitan dengan usia serta keharusan mencantumkan identitas atau berkas pendukung lainnya.

Memahami Tentang Pinjaman Online

Pinjaman online atau pinjol adalah fintech (financial technology) platform yang menyediakan dana untuk dipinjamkan kepada nasabah atau masyarakat.

Pinjaman online sendiri berjasa sebagai penyedia keuangan dan beroperasi secara digital atau online sehingga masyarakat yang memerlukan dana tunai bisa mengajukan pinjaman secara daring tanpa perlu bertatap muka langsung.

Tidak seperti lembaga keuangan lainnya yang cenderung menerapkan banyak persyaratan, masyarakat pun akan lebih mudah mengajukan pinjaman online.

Sebab sejumlah layanan pinjol menerapkan prosedur dan ketentuan yang lebih mudah, tanpa agunan, serta tanpa persyaratan dokumen yang rumit.

Sebagai informasi, hingga 25 Oktober 2021 lalu, jumlah penyelenggara fintech lending terdaftar dan berizin OJK adalah 104 penyelenggara, sedangkan pada tahun 2022 ini ada 102.

Baca jugaDirekomendasikan! Ini 10 Pinjaman Online Resmi Diawasi OJK

Namun, menggunakan dana hasil pinjaman online dengan tepat merupakan salah satu langkah bijak dalam mengelola keuangan. Seringnya orang tidak bisa membedakan mana kebutuhan dengan keinginan sehingga membuat keputusan yang diambil bersifat subjektif. Keputusan seperti ini tentunya sangat tidak relevan dengan kondisi yang sebenarnya terjadi.

Untuk itu ada baiknya lakukan analisa mendalam dan buat daftar yang jelas mana kebutuhan dan keinginan. Hal ini akan membuat diri sendiri dapat menentukan skala prioritas dalam keuangan. Kondisi kestabilan financial ini tentunya berdampak baik dalam melakukan aktifitas sehari-hari secara lebih produktif.

Kemudian, rekomendasi pinjaman online resmi berikut ini bisa menjadi solusi untuk kebutuhan Anda. 

Kriteria Pinjaman Online yang Kredibel

Kriteria Pinjaman Online Resmi yang Kredibel

Demi kepuasan pelanggan, rata-rata situs pinjaman online saat ini menyediakan layanan persetujuan dan pencairan dana yang cepat. Beberapa situs bahkan juga berupaya menyederhanakan syarat pengajuan kreditnya, seperti tidak perlu slip gaji atau kartu kredit.

Baca jugaAwas Salah Langkah, Begini Pertimbangan Pinjaman Online Jika Untuk Beli Mobil

Lantas bagaimana dengan situs yang menyatakan bahwa Anda tidak perlu mencantumkan KTP untuk mengajukan pinjaman? Meski tampaknya menarik, sebelum memilih situs pinjaman itu ada baiknya Anda mencermati kembali beberapa kriteria pinjaman online yang kredibel berikut ini:

1. Memiliki persyaratan yang logis dan transparan, termasuk menyangkut identitas

Kejelasan identitas tentunya merupakan faktor utama yang sangat penting untuk membangun kepercayaan antara pihak pemberi dan penerima pinjaman. Oleh karena itu, Anda perlu berhati-hati jika ada situs pinjaman yang tidak meminta Anda memberikan data identitas atau KTP.

Sebaliknya, Anda pun perlu memeriksa identitas diri pihak pemberi pinjaman dengan seksama untuk memastikannya bukanlah sekedar situs usaha jadi-jadian. Akan lebih baik jika situs calon rekanan Anda itu termasuk anggota Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI).

2. Pinjaman Online yang Kredibel: Menetapkan persentase bunga pinjaman yang masuk akal

Kisaran tingkat suku bunga pinjaman online umumnya diatur secara resmi dalam regulasi pemerintah. Jadi, sebaiknya Anda tidak serta merta tergiur oleh situs yang menawarkan bunga pinjaman sangat rendah.

Pastikanlah lebih dahulu bahwa persentase bunga pinjaman situs yang hendak Anda manfaatkan itu masih termasuk dalam kriteria regulasi pemerintah.

Mengingat kasus penipuan yang melibatkan situs pinjaman online ilegal masih cukup marak, Anda tentunya perlu lebih berhati-hati. Pilihlah pinjaman online resmi yang sudah terdaftar OJK (Otoritas Jasa Keuangan) untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak menguntungkan.

Demikianlah ulasan mengenai pinjaman online yang kredibel. Semoga informasi tersebut dapat bermanfaat untuk Anda. 

Baca jugaRecomended Banget! Inilah Pinjaman Online untuk Pelajar

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com.

 

Penulis: Kontributor/Panji A Syuhada

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Cara Top Up OVO lewat Bank DKI, Mudah dan Cepat!

JAKARTA, duniafintech.com – Cara top up OVO lewat Bank DKI memang penting untuk diketahui sebab akan menawarkan kemudahan dan prosesnya pun cepat. OVO sendiri sudah...

Jadi Fitur Baru Instagram, Begini Potensi NFT di Indonesia

JAKARTA, duniafintech.com - Potensi NFT di Indonesia sangat luar biasa. Pada awal tahun ini, Non-Fungible Token (NFT) menyita atensi publik di Indonesia setelah viralnya...

Cara Top Up Saldo DANA lewat Indomaret buat yang Anti Ribet!

JAKARTA, duniafintech.com – Panduan cara top up saldo DANA lewat Indomaret berikut ini penting diketahui, khususnya buat kamu yang anti ribet! Saat ini, perkembangan teknologi...

Keren! Batik Semar Hadirkan Warisan Budaya dalam Bentuk Metaverse

JAKARTA, duniafintech.com - PT Batik Semar berkolaborasi dengan perusahaan teknologi berbasis Augmented Reality (AR), Virtual Reality (VR) dan Artificial Intelligence (AI) WIR Group untuk...

Segini Saldo Minimal Mandiri Berdasarkan Jenis Tabungannya

JAKARTA, duniafintech.com – Pada dasarnya, saldo minimal Mandiri adalah jumlah saldo minimal yang mengendap di rekening Bank Mandiri milik nasabahnya. Perlu diketahui, setiap jenis tabungan...
LANGUAGE