34.6 C
Jakarta
Jumat, 19 Agustus, 2022

Mengenal Apa Itu PayPal yang Sempat Diblokir Kominfo

JAKARTA, duniafintech.com – Apa itu PayPal? Platform digital yang terkenal di dunia ini tiba-tiba menjadi perbincangan usai diblokir Kominfo, kemarin.

Mengutip Kompas.com, PayPal adalah salah satu Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) Lingkup Privat (platform digital) yang diblokir oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) per Sabtu, 30 Juli 2022.

Langkah pemblokiran ini dilakukan oleh pemerintah lantaran perusahaan ini masih belum mendaftarkan diri ke Kominfo. Adapun kewajiban pendaftaran itu sebagaimana amanat Peraturan Menteri Kominfo Nomor 5 Tahun 2020 tentang Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) Lingkup Privat.

Atas pemblokiran itu, PayPal tidak lagi dapat diakses di Indonesia. Namun, pada hari ini, Minggu, 31 Juli 2022, Kominfo telah menyatakan bahwa untuk sementara masih diperbolehkan beroperasi di Indonesia.

Kebijakan itu diambil mengingat banyaknya pengguna layanan ini di Indonesia yang masih terkendala dalam pencairan dananya. Sebelumnya, warganet juga sempat mengeluhkan pemblokiran lantaran mereka tidak dapat bertransaksi menggunakan platform pembayaran ini.

Nah, untuk mengetahui lebih lengkap, simak ulasannya di bawah ini.

Apa Itu PayPal?

PayPal pada dasarnya adalah layanan rekening virtual yang menyediakan layanan jasa transfer dan transaksi pembayaran secara online. Layanan yang satu ini barangkali juga sudah tidak asing lagi bagi kamu yang sering belanja online di marketplace global.

Baca juga: Sempat Diblokir, PayPal Dibolehkan Beroperasi Sementara

PayPal sendiri adalah sebuah perusahaan penyedia layanan elektronik yang memfasilitasi pembayaran antar pihak melalui transfer online. Layanannya memungkinkan pelanggan untuk membuat akun di platform ini, yang terhubung ke kartu kredit atau rekening giro pengguna.

Boleh disebut, platform ini menjadi salah satu pembayaran digital paling populer di dunia. Kini, mereka punya lebih dari 400 juta pengguna aktif di seluruh dunia.

Perusahaan ini berbasis di California Amerika Serikat, dengan salah satu pendirinya adalah Elon Musk, yang juga dikenal sebagai perintis mobil listrik Tesla. Berdiri pada tahun 1998 silam, PayPal merupakan anak usaha eBay, sebelum kemudian dipisahkan dan menjadi perusahaan tersendiri.

Apa Itu PayPal

Fungsi PayPal

Dengan menggunakan PayPal, ada banyak manfaat yang bisa diperoleh. Selain untuk memudahkan belanja online di marketplace global, kamu pun dapat menerima kiriman dari luar negeri dengan cepat dan praktis. Inilah fungsi atau manfaatnya yang perlu kamu ketahui:

Baca juga: Cara Mencairkan Bitcoin ke PayPal, Mudah Banget! 

1. Alternatif pembayaran untuk Anda yang tidak punya rekening bank.

2. Bisa belanja online dengan aman tanpa terbatas wilayah bahkan negara.

3. Sanggup menerima pembayaran kartu kredit tanpa harus mengajukan ke bank lokal.

4. Untuk mengirim uang ke teman, keluarga, atau kerabat yang tinggal di wilayah atau negara berbeda.

5. Fleksibel karena bisa menerima dana dari rekening bank, kartu kredit, atau debit.

6. Mampu menerima uang dalam bentuk mata uang asing, lalu dicairkan ke dalam rupiah.

Cara Penggunaannya

Di bawah ini adalah beberapa langkah yang harus kamu ketahui kalau ingin menggunakan layanan platform pembayaran tersebut.

1. Cara Menggunakan PayPal untuk Belanja Online

– Kunjungi marketplace global tempat Anda belanja online.

– Pilih barang dan lakukan proses check out.

– Selanjutnya, pilih menu pembayaran dengan metode “Pay with PayPal”.

– Masukkan akun dan lakukan konfirmasi pembayaran melalui email.

– Pembayaran berhasil dan tunggu info selanjutnya terkait proses pengiriman barang.

2. Cara Menggunakan PayPal untuk Transfer

– Buka situs atau aplikasi PayPal dan lakukan log in.

– Pastikan saldo akun Anda cukup untuk melakukan transfer.

– Klik “Transfer Money” dan masukkan nominal jumlah uang yang akan ditransfer.

– Masukkan nama akun atau nomor rekening lain yang dituju.

– Jika sudah benar maka silakan klik “Send”.

Cara Mengambil Uang di PayPal

Buat kamu yang punya saldo PayPal melimpah setelah mendapatkan kiriman dari luar negeri dan berniat mencairkannya ke rupiah, tersedia cara yang bisa dilakukan dengan mudah dan cepat, yakni sebagai berikut:

1. Masuk ke akun PayPal kamu dan pilih menu “Withdraw Funds” atau tarik dana.

2. Masukkan sumber dana dan bank lokal Indonesia kamu untuk pencairan.

3. Setelah itu, klik tanda panah yang ada di kolom dan pilih “Continue”.

4. Tentukan jumlah yang ingin dicarikan, lalu klik “Continue”.

5. Kamu bakal diarahkan ke halaman verifikasi, pastikan semua data benar sebelum klik menu “Tarik”

6. Jika sudah selesai maka selanjutnya akan muncul notifikasi dan platform ini akan mengirimkan email informasi proses pengiriman.

7. Biasanya, uang akan masuk ke rekening bank kamu selama 1—2 hari kerja. Dalam hal ini, silakan cek saldo kamu secara berkala.

8. Jika sudah masuk maka kamu bisa tarik uang tersebut dari rekening bank dan menggunakannya.

Kelebihannya

1. Bisa diakses dengan mudah melalui aplikasi atau situs resmi PayPal.

2. Mempermudah belanja online di marketplace global. Ada juga sistem refund jika barang pesanan kamu tidak kunjung sampai.

3. Sering memberikan diskon menarik untuk pembelanjaan di beberapa merek atau e-commerce yang bekerja sama dengan PayPal, seperti Nike, HP, Wal-Mart, dan lainnya.

4. Data-data dan informasi akun pembeli maupun penjual dijamin keamanannya.

5. Transfer ke sesama akun PayPal atau ke rekening pribadi bank di beda negara hanya membutuhkan waktu kurang dari 24 jam.

6. Biaya administrasi per transaksinya terhitung murah. Bahkan, untuk pengiriman uang antar sesama akun PayPal tidak dikenakan biaya administrasi.

Sekian ulasan tentang apa itu PayPal yang sempat diblokir Kominfo, tetapi sudah diperbolehkan beroperasi sementara. Dengan platform ini, pada dasarnya kamu dapat dengan mudah berbelanja online di marketplace. 

Baca juga: Inovasi Baru, PayPa Izinkan Transfer Aset Kripto ke Dompet Eksternal

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com.

 

Penulis: Boy Riza Utama

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Asuransi Kesehatan Keluarga Cashless, Inilah Rekomendasinya

JAKARTA, duniafintech.com – Asuransi kesehatan keluarga cashless sejatinya adalah sebuah asuransi yang menyediakan layanan klaim secara non-tunai. Nah, jika kamu sedang mencari asuransi untuk keluarga...

Panduan Lengkap Cara Deposit Indodax lewat Berbagai Metode

JAKARTA, duniafintech.com - Cara deposit Indodax pada dasarnya akan bisa dilakukan dengan menggunakan berbagai macam metode sesuai pilihan. Langkah ini merupakan langkah awal untuk para...

Geser Pasar Modal, Investor Kripto Indonesia Tembus 15 Juta

JAKARTA, duniafintech.com - Jumlah investor kripto di Indonesia terus meningkat. Bahkan jumlahnya cukup fantastis, melebihi investor pasar modal.  Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Suahasil Nazara mengungkapkan...

Cara Top Up OVO lewat BRI, Dijamin Mudah dan Praktis!

JAKARTA, duniafintech.com – Cara top up OVO lewat BRI atau Bank Rakyat Indonesia berikut ini penting diketahui oleh para pengguna layanan ini Seperti diketahui, perkembangan...

Berita Bitcoin Hari Ini: Harga BTC-ETH Melemah, Waktunya Beli? 

JAKARTA, duniafintech.com - Berita Bitcoin hari ini datang dari aset kripto jajaran teratas, di antaranya Bitcoin dan Ethereum yang tampak melemah.  Bitcoin (BTC) dan Ethereum...
LANGUAGE