25.4 C
Jakarta
Senin, 15 Juli, 2024

Manfaat Financial Planning ini Bermanfaat untuk Kamu

JAKARTA, duniafintech.com – Apakah saat ini anda tengah menggeluti sebuah bisnis baru ? Jika demikian, maka anda perlu seorang financial planner yang terbaik untuk lebih mudah menjalankan berbagai strategi pemasaran perusahaan. Apa sih pentingnya dan manfaat financial planning bagi sebuah perusahaan?

Financial planning memiliki peranan cukup penting bagi jalannya sebuah perusahaan. Dimana financial planning itu sendiri merupakan sebuah susunan rencana yang digunakan untuk mengatur keuangan milik perusahaan demi tercapainya sebuah tujuan. Jadi, mengapa financial planning itu penting? Mari kita simak uraiannya satu per satu berikut ini.

Pengertian

Financial planning adalah sebuah strategi yang dilakukan untuk mencapai tujuan utama, yakni mengelola keuangan. Financial planning juga dapat diartikan sebagai proses untuk mencapai tujuan tertentu melalui pengelolaan keuangan secara terintegrasi dan terencana. Bagi sebuah perusahaan, tujuan utamanya yakni membuat perusahaan semakin berkembang.

Elemen Dalam Financial Planning

Perlu diketahui bahwa dalam sebuah perencanaan keuangan perlu adanya elemen yang mendukung. Diantara elemen yang terkandung di dalamnya yakni tujuan finansial yang ingin dicapai, jangka waktu yang dibutuhkan, sumber daya finansial, action plan dan faktor resiko. Elemen tersebut merupakan aspek terpenting yang saling berkaitan satu dengan lainnya.

Manfaat Financial Planning

Mengapa financial planning sangat penting bagi perusahaan ? Sebenarnya, dengan melihat betapa banyaknya manfaat dari financial planning itulah yang menjadikan perencanaan keuangan memiliki peran penting bagi keberlangsungan kehidupan perusahaan. Berikut ini diantara manfaat dari financial planning yang bisa didapatkan oleh perusahaan :

1. Memaksimalkan Sumber Pendapatan

Melakukan financial planning dengan matang akan menjadikan perusahaan bisa memaksimalkan sumber pendapatan yang dimiliki. Caranya yaitu dengan memperbaiki pencatatan uang yang masuk dan keluar setiap harinya. Dengan demikian, perusahaan bisa menghitung pengeluaran terbesar apa yang bisa dipangkas. 

2. Panduan Mengelola Keuangan dengan Baik

Apabila financial planning diibaratkan sebgai sebuah pedoman yang harus dijaga sebaik mungkin supaya tidak terjadi penyimpangan dalam sebuah perusahaan, maka financial planning itu sendiri memegang peranan penting bagi perusahaan. Nah, financial planning inilah yang dapat menjadi panduan mengelola keuangan dengan baik. 

3. Dapat Melakukan Penghematan

Dengan melakukan financial planning sebagus mungkin, maka kemungkinan besar perusahaan akan bisa menghemat pengeluaran sehingga dapat mencapai tujuan finansial yang lebih besar. Walaupun perusahaan memiliki dana yang sangat besar, namun jika tidak diiringi dengan financial planning yang tepat maka akan terjadi pemborosan dana. 

4. Dapat Berinvestasi

Investasi dapat diperoleh dengan melakukan financial planning. Keinginan perusahaan untuk berinvestasi bisa dicapai jika memiliki perencanaan financial yang matang. Sehingga perusahaan pun bisa melakukan investasi yang sesuai dengan kebutuhan, tujuan finansial serta kondisi keuangan perusahaan.

5. Mengurangi Kecemasan Masa Depan

Satu lagi manfaat financial planning bagi perusahaan ialah dapat mengurangi kecemasan yang berkaitan dengan finansial di masa depan. Selama perusahaan memiliki rencana keuangan yang matang, perusahaan tidak perlu khawatir dengan apa yang akan terjadi di masa yang akan datang.

6. Mewujudkan Impian

Manfaat memiliki financial planning yang terakhir yaitu akan membantu perusahaan dalam mewujudkan setiap impian finansial yang ingin dicapai. Inilah salah satu manfaat memiliki rencana keuangan yang matang, yakni perusahaan akan dengan mudah mencapai impian atau tujuan-tujuan yang telah ditentukan.

Dari uraian diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa pentingnya financial planning bagi keberlangsungan perusahaan memiliki andil besar untuk mencapai tujuan-tujuan finansial yang diinginkan. Setelah membaca artikel ini, semoga dapat membantu anda dalam memahami seberapa penting melakukan financial planning dengan matang. Semoga bermanfaat!

 

Penulis: Kontributor

Editor: Anju Mahendra

Iklan

mau tayang di media lain juga

ARTIKEL TERBARU