31.2 C
Jakarta
Minggu, 14 April, 2024

Makin Populer, Begini Manfaat Metaverse Dalam Kehidupan Sehari-hari

JAKARTA, duniafintech.com – Manfaat metaverse dalam kehidupan sehari-hari membawa dampak yang positif. Anda dapat menikmati kelebihan yang ditawarkan, seperti bersosialisasi, membangun komunitas, hingga menambah pundi-pundi rupiah. 

Metaverse adalah dunia komunitas virtual yang dibangun untuk saling terhubung antara satu dengan lain. Dalam komunitas virtual ini, utamanya orang dapat bertemu, bermain, bekerja bahkan bertransaksi jual beli seperti pada dunia nyata dengan bantuan teknologi Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR). 

Transaksi dalam komunitas virtual ini biasanya menggunakan mata uang kripto sehingga banyak diartikan sebagai pengertian metaverse kripto.

Apa Itu Metaverse? 

Pada ulasan sebelumnya, secara rinci Metaverse adalah dunia komunitas virtual yang dibangun untuk saling terhubung antara satu dengan lain. 

Secara bahasa metaverse berasal dari kata ‘meta’ dan ‘verse’. Meta berarti ‘melampaui’ dan verse yang bermakna ‘alam semesta’. Secara bahasa ini, ntaverse juga bisa diartikan sebagai ruang yang berisi materi yang melampaui semua hal yang terlihat pada dunia nyata. 

Sebenarnya, konsep itu sendiri pertama kali dikenalkan pada novel Snow Crash tahun 1992 yang merupakan karya Neal Stephenson. 

Sementara itu pengertian Metaverse menurut para ahli, seperti dari penulis esai Matthew Ball memprediksi bahwa Metaverse merupakan gerbang yang membawa manusia untuk bisa merasakan berbagai pengalaman digital dan bahkan akan menjadi platform yang bisa menyerap tenaga kerja baru.

CEO sekaligus pendiri Epic Games, Tim Sweeney juga mengemukakan pendapat mengenai pengertian Metaverse menurut para ahli yaitu sebagai media sosial 3D yang dapat diakses secara realtime. Melalui teknologi tersebut, orang-orang akan dapat membuat konten di dunia virtual dan saling berbagi konten tersebut.

Baca jugaTenang Saja, Metaverse Akan Tetap Bertahan saat Crypto Crash

Selain itu Victoria Petrock, seorang analis yang mengikuti teknologi baru berpendapat mengenai bahwa Metaverse ialah evolusi konektivitas di mana semua hal bisa mulai menyatu dalam alam semesta doppelganger yang sangat real. Hal ini akan membuat manusia bisa menjalani kehidupan virtual dengan cara yang sama seperti menjalani kehidupan fisik di dunia nyata. 

Baca jugaKoin Metaverse di Indodax, Pilihan Investasi Menggiurkan!

Untuk bisa masuk ke dunia virtual itu, pengguna harus menggunakan teknologi yang khusus. Teknologi tersebut juga mencakup headset virtual reality, kacamata augmented reality, serta aplikasi dari smartphone atau dari perangkat lainnya yang bisa digunakan untuk menjangkau dunia metaverse tersebut.

Manfaat Metaverse Dalam Kehidupan Sehari-hari

Manfaat Metaverse dalam Kehidupan Sehari-hari

Teknologi metaverse punya manfaat besar dalam kehidupan. Teknologi dunia virtual membawa dampak positif bagi manusia. 

Di mana para penggunanya dimungkinkan untuk saling berinteraksi secara virtual dengan menggunakan perangkat yang berbasis Augmented Reality (AR) atau Virtual Reality (VR).

Berikut ini 5 manfaat Metaverse dalam kehidupan sehari-hari. Disimak ya. 

1. Pengguna dapat bersosialisasi dengan bebas

Para pengguna teknologi Metaverse bisa bersosialisasi dengan pengguna lainnya secara virtual. Hal itu dikarenakan dunia metaverse mempunyai jangkauan yang tak terbatas. 

Dengan begitu kapan saja dan di mana saja, para pengguna nantinya dapat saling terhubung dengan pengguna lainnya dalam dunia virtual yang telah dirancang sedemikian rupa. 

2. Meningkatkan perekonomian

Dunia metaverse ini dikatakan dapat meningkatkan perekonomian karena setiap orang bisa membeli tanah, rumah, bahkan bisa belanja barang yang diinginkan di dalamnya. 

Tidak hanya itu saja, pengguna teknologi juga dapat bekerja, berinteraksi dengan dan merencanakan proyek di jagat virtual tersebut. 

3. Menciptakan peluang kerja

Teknologi metaverse ini ternyata tidak hanya mempengaruhi terhadap perekonomian saja. Melain juga untuk peluang karir bagi kehidupan manusia. Sebab seiring berkembangnya teknologi metaverse, beberapa profesi baru akan mulai bermunculan tentunya. 

4. Sarana hiburan secara virtual

Bersamaan dengan hadirnya tren metaverse ini, sarana hiburan virtual menjadi tren bisnis baru. Tanpa keluar rumah, pengguna akan tetap bisa merasakan euforia menonton konser, pameran, bahkan liburan secara nyata di dunia metaverse.

Ini merupakan keuntungan yang didapat jika kita bergabung dengan dunia virtual tanpa batas tersebut. 

5. Menyediakan ruang untuk bekerja

Diketahui banyak perusahaan yang menerapkan Work From Home (WFH) bagi karyawannya semenjak pandemi Covid-19 melanda di berbagai negara, termasuk juga di Indonesia. Dengan adanya teknologi metaverse ini setiap orang bisa bergabung di kantor virtual metaverse yang sebelumnya telah dibuat oleh perusahaan penyedia layanan. 

Hal ini tentunya menjadi pilihan yang efektif dan menyenangkan untuk melakukan pekerjaan secara jarak jauh dan dikendalikan melalui dunia virtual yang luar biasa. 

Nah, itulah beberapa manfaat Metaverse dalam kehidupan sehari-hari yang perlu diketahui. Saat ini, teknologi berbasis blockchain tersebut tengah digandrungi, tak menutup kemungkinan Metaverse akan terus berkembang dan semakin populer di masa mendatang. 

Baca juga: Cara Beli Tanah di Metaverse Gampang Kok, Begini Tutorialnya

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com.

 

Penulis: Kontributor/Panji A Syuhada

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE