26.1 C
Jakarta
Rabu, 17 Juli, 2024

Pacu Masyarakat Mandiri Melalui YBKB

duniafintech.com – Yayasan Bangun Kecerdasan Bangsa (YBKB) didirikan pada tanggal 16 Juli 2007 dengan sebuah misi untuk bisa membina masyarakat mandiri, khususnya anak muda untuk bisa mandiri dan memiliki wawasan bertanggung jawab terhadap keluarga, lingkungan, agama, bangsa, dan negara.

Kegiatan YBKB diawali dengan kegiatan-kegiatan di bidang sosial, seperti cepat tanggap bencana, santunan anak yatim piatu, dan donor darah. Kegiatan YBKB tahunan pada gerakan sosial meliputi bakti sosial pada momen-momen tahunan, seperti peringatan Hari Pendidikan, Hari Kemerdekaan, Tahun Baru Islam, Ramadhan serta hari lain yang tidak dapat diprediksi, misalnya tanggap darurat bencana alam. Ke depannya, YBKB juga sedang mempersiapkan pembangunan sarana pendidikan untuk anak-anak yang kurang memiliki kemampuan untuk membiayai pendidikan.

Baca juga

Pada prinsipnya, YBKB mengembangkan dan menjalankan sejumlah program di tiga bidang, yakni pendidikan, sosial budaya, dan keagamaan. Pada bidang pendidikan, para relawan YBKB menginisiasi sebuah gerakan yang ditujukan kepada anak-anak yatim piatu, dhuafa, dan marjinal bernama “Rumah Belajar Kita” di tahun 2013. Ini adalah sebuah gerakan pendidikan yang bertujuan membentuk karakter positif untuk anak bangsa dengan mengembangkan kreativitas, sains, dan kewirausahaan.

Rumah Belajar Kita atau biasa disebut RBK merupakan bagian dari YBKB yang fokus pada divisi pendidikan. RBK memiliki tujuan mengajak kaum muda dan masyarakat mandiri untuk berpartisipasi dalam kegiatan pemberdayaan masyarakat agar dapat membentuk mental dan sikap kepemimpinan dalam masyarakat. Rumah Belajar Kita memiliki tiga kegiatan, yakni

  • Kelas Belajar

Merupakan kegiatan belajar mengajar yang bertujuan membentuk karakter positif pada anak melalui pengembangan kreativitas, sains, dan kewirausahaan.

  • Taman Baca

Memberikan akses bahan-bahan bacaan bagi anak-anak indonesia agar tercipta budaya membaca yang akan meningkatkan kecerdasan dan pengetahuan.

  • Kampung Binaan

Program berkelanjutan yang bertujuan mengembangkan potensi lokal masyarakat.

Pada ranah pendidikan, YBKB juga memiliki program anak didik, yaitu program santunan dana pendidikan kepada anak sekolah yang membutuhkan bantuan. Dengan dasar dari pendidikan inilah, YBKB membentuk dan menjalankan program-program yang dapat mendidik dan membantu banyak orang.

Baca juga

Di bidang sosial, YBKB membentuk komunitas Goodlife pada 4 Maret 2012. Ini merupakan sebuah komunitas sosial yang bertujuan mewujudkan generasi muda yang menerapkan kehidupan yang baik dan menjadi masyarakat mandiri. Goodlife Society mempunyai enam pilar dasar dan juga sekaligus prinsip yang ingin ditularkan ke masyarakat, khususnya anak-anak muda. Keenam pilar tersebut adalah NO Smoking, NO Drugs, NO Alcohol, NO Free Sex, NO Littering, dan NO Violence.

Sementara itu, pada bidang keagamaan, YBKB menjalankan kegiatan Majelis Albalad dan Komunitas Taaruf Membangun Umat (KTMU). Seluruh kegiatan yang dijalankan oleh YBKB tak terlepas dari campur tangan Sang Pencipta. Untuk itu, YBKB menyadari perlu adanya wadah yang dapat mengakomodir kegiatan secara habluminallah, baik itu sifatnya internal di yayasan maupun eksternal yang mengikutsertakan masyarakat sekitar. Dasar pemikiran inilah yang membawa YBKB membentuk Majelis Albalad dan KTMU. Melalui program Majelis Albalad dan KTMU, YBKB berharap dapat menyeimbangkan segala kegiatan di YBKB yang bersifat dunia maupun akhirat.

Baca juga

YBKB membuka pintu bagi khalayak luas yang ingin berdonasi. Caranya bisa mealui transfer bank atau mendatangi kantor YBKB di kawasan Pasar Rebo, Jakarta Timur.

 

Source: ybkb.or.id

Written by: Sebastian Atmodjo

1 KOMENTAR

Iklan

mau tayang di media lain juga

ARTIKEL TERBARU