26.9 C
Jakarta
Selasa, 16 April, 2024

Mau Mudik? Cek 3 Hal Ini Agar Perjalanan Aman dan Nyaman

JAKARTA, duniafintech.com – Bagi anda yang bersiap untuk berangkat mudik, cek lagi semua kebutuhan yang diperlukan selama perjalanan dan di tempat tujuan.

Jangan sampai keamanan dan kenyamanan Anda terganggu gara-gara melupakan hal penting dan krusial.

Simak 3 hal penting yang harus Anda cek sebelum memulai perjalanan mudik, mengutip siaran pers dari Lazada yang diberitakan via Suara.com berikut.

Baca juga: Cara Cek Tarif Tol via Online, Info Penting Para Pemudik Lebaran 2022

  1. Cek kondisi kendaraan, pastikan dalam keadaan baik sebelum digunakan

Sebelum menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan rental untuk mudik, pastikan kondisi kendaraan dalam keadaan prima sehingga siap menempuh perjalanan jauh. Pengecekan kendaraan ini bisa dilakukan sendiri atau dengan bantuan tenaga profesional.

Ada beberapa hal yang harus dicek dan dipersiapkan secara teliti, mulai dari lampu mobil, kondisi ban dan tekanan ban, termasuk juga untuk ban cadangan, minyak rem, level air aki yang mencukupi, sampai ke air radiator dan selang radiator.

Sony Susmana, Director Training, Safety Defensive Consultant (SDCI), mengatakan bahwa ketika mudik, kendaraan harus dipersiapkan secara matang.

“Kita harus memastikan seluruh komponen dan suku cadang mobil dalam kondisi yang baik untuk meminimalisir terjadinya kerusakan di tengah perjalanan mudik. Pastikan kalau masa pakai komponen ini sudah habis, sebaiknya diganti, karena kita membutuhkan kendaraan dalam keadaan prima. Saya menyarankan untuk menyerahkan kepada bengkel atau mekanik untuk melakukan pengecekan kembali kondisi kendaraan dan melakukan perbaikan jika diperlukan,” katanya.

Jangan lupa juga untuk membawa beberapa barang berikut sebagai cadangan untuk membantu kamu ketika dalam keadaan darurat, seperti air coolant, air aki, dan wiper fluid.

  1. Cek kondisi kesehatan tubuh Anda dan keluarga

Sebelum melakukan perjalan jauh untuk mudik ke kampung halaman, pastikan kalau Anda dan keluarga dalam kondisi sehat. Lakukan banyak istirahat yang cukup, makan makanan bergizi, dan mengkonsumsi vitamin serta suplemen yang cukup agar kondisi badan tetap sehat dan stamina terjaga saat berkendara di waktu mudik.

“Selama perjalanan mudik, kita akan menempuh waktu yang cukup panjang, sehingga pastinya akan menguras tenaga kita. Jadi, pastikan jangan memaksakan diri untuk terus mengemudi. Agar kondisi badan tetap optimal, disarankan untuk beristirahat selama 15 menit setiap 3 jam untuk me-refresh kondisi fisik dan psikis,” tambah Sony.

Jangan lupa untuk menyiapkan obat-obatan sederhana untuk bekal selama perjalanan yang sesuai dengan kondisi kesehatan Anda dan keluarga, seperti obat anti mual, sakit kepala, dan diare. Siapkan juga aneka vitamin pendukung untuk menunjang performa tubuh selama melakukan perjalanan mudik.

Tambahan tip supaya perjalanan tetap nyaman adalah dengan mengenakan pakaian dan sepatu yang nyaman, kacamata hitam supaya mata tetap nyaman, dan pastikan untuk mengoleskan tabir surya pada lengan dan kaki agar tidak terbakar sinar matahari meskipun berada dalam mobil.

Baca juga: Jokowi Terbitkan Keppres Biaya Ibadah Haji 2022, Segini Besarannya..

  1. Cek makanan dan minuman bekal yang sesuai kebutuhan

Persiapan bekal makanan yang tepat sangatlah penting untuk menunjang kemudahan dan kelancaran perjalanan, apalagi jika Anda melakukan perjalanan jauh. Walaupun Anda mudik dalam keadaan berpuasa, bekal makanan ini wajib ada untuk berjaga-jaga ketika harus berbuka puasa di jalan.

Kuncinya adalah menyiapkan jenis makanan yang praktis, tahan lama, tidak mudah basi dan mudah untuk dikonsumsi pada saat perjalanan. Disarankan untuk membawa makanan kering, yang digoreng, dan punya tekstur kering. Selain mudah untuk dikemas, jenis makanan ini lebih tahan lama hingga sehari semalam.

Anda juga bisa menyiapkan beberapa tipe cemilan, seperti cokelat, biskuit, atau wafer. Pastikan kamu juga menyiapkan tempat storage yang pas dan cukup untuk menyimpan makanan dan cemilan yang dibawa.

Baca juga: Insya Allah Berkah, Segini Biaya Haji Plus hingga Daftar Travel ONH Plus Terbaik

 

Penulis: Kontributor/Panji

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE