25.6 C
Jakarta
Minggu, 4 Desember, 2022

Memulai Usaha di Garasi, Inilah Strategi Bisnis Cepat Kaya ala Ciputra

DuniaFintech.com – Ciputra tentu bukan nama yang asing di dunia bisnis. Dia terkenal sebagai salah satu tokoh properti di Indonesia. Dari tangan dinginnya, muncul beberapa grup bisnis seperti Ciputra Group, Jaya Group, dan Metropolitan Group. Lantas, bagaimana Ciputra meraih kesuksesannya dan bagaimana cara cepat kaya yang bisa kita ikuti dari sosok ciputra atau Tjie Tjin Hoan?

Pengusaha terkenal asal Indonesia, Ciputra tutup usia di Singapura pada hari Rabu dini hari tanggal 27 November 2019 lalu. Pria yang menghembuskan nafas terakhir di usia 88 tahun itu terkenal sebagai pelopor usaha real estate di Indonesia. Beliau sukses membangun berbagai mal, hotel, perumahan hingga tempat rekreasi. Menjadi salah satu orang terkaya di Indonesia, ternyata kesuksesan Ciputra diraih dengan susah payah.

Ciputra mengatakan, seorang pengusaha sukses agar cepat kaya harus menerapkan tiga prinsip yang disebut IPE. IPE sendiri terdiri dari integritas, profesionalisme, dan entrepreneur. Dia menuturkan, integritas merupakan fondasi penting dalam membangun kesuksesan. Integritas menjadi dasar dalam menjalin hubungan kepercayaan.

Usai lulus SMA, Ciputra meninggalkan desanya dan mencoba peruntungan menuju Jawa, tepatnya, ke Bandung, Jawa Barat. Ciputra mengenyam bangku kuliah di Institut Teknologi Bandung (ITB). Bersama Budi Brasali dan Ismail Sofyan, pada semester empat Ciputra mencoba mendirikan usaha konsultan arsitektur bangunan yang berkantor di sebuah garasi.

Beberapa hal berikut ini dapat diambil dari kisah Ciputra agar cepat kaya dengan memulai bisnis tanpa modal:

1. Modal Utama Hanyalah Konsep yang Bagus

Ciputra pernah memberikan petuah bahwa “Modal bukan menjadi kendala yang menjadi alasan untuk tidak maju. Jika tidak mempunyai modal tetapi memiliki konsep yang bagus, Anda bisa bekerja sama dengan orang lain yang memiliki modal”. Dengan bermodal konsep yang bagus, Ciputra akhirnya bekerja di PT Pembangunan Jaya yaitu perusahaan daerah milik Pemda DKI. Karir yang cemerlang mengantarkannya menjadi direksi dan penasihat di Jaya Group.

Baca Juga:

2. Utamakan Praktik daripada Teori

Disaat pengusaha lain berusaha untuk mempelajari teori dalam berbisnis. Berbeda halnya dengan Ciputra, menurutnya terus menerus mempelajari teori tidak akan berhasil dalam menumbuhkan jiwa kewirausahaan. Teori itu juga harus dipraktikkan.

3. Persiapkan Mental

Menjadi seorang pengusaha harus memiliki mental yang kuat, jangan mudah menyerah atas segala halangan yang terjadi. Jangan jadikan Anda yang seorang pelayan bermental seperti pelayan tetapi Anda harus memiliki mental menjadi seorang bos.

5. Gigih, Ulet & Pantang Menyerah

Dengan kegigihan, keuletan, dan sifat pantang menyerah yang di miliki Ciputra, masa krisis ekonomi dapat mengantarkannya menjadi orang terkaya di Indonesia ke-11 pada tahun 2017 versi majalah Forbes dengan harta kekayaan yang dimiliki mencapai 20,8 triliun. Bahkan, saat ini bisnis Ciputra Group sudah berekspansi ke luar negeri.

Bisa dikatakan Ciputra sudah melewati berbagai zaman di Indonesia mulai dari orde lama, orde baru, orde reformasi dan yang paling berat saat menemui krisis keuangan tahun 1998 di Indonesia. Ciputra memang bukan orang yang terkaya di Indonesia tetapi Ciputra adalah seorang yang fokus pada bidang sesuai dengan background yang dimilikinya yaitu bidang properti.

Demikianlah pembahasan mengenai rahasia cepat kaya ala Ciputra saat memulai bisnis tanpa modal yang bisa Anda teladani, banyak sekali sifat dan karakter seorang pengusaha sukses yang bisa Anda ambil.

(DuniaFintech/VidiaHapsari)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Perusahaan Asuransi yang Diawasi OJK, Simak Ya Daftarnya

JAKARTA, duniafintech.com – Perusahaan asuransi yang sudah terdaftar dan diawasi OJK (Otoritas Jasa Keuangan) hingga kini sudah banyak. Meski demikian, hanya sekitar 1,7 persen penduduk...

Outstanding Shares, Apa Itu? Ini Pengertian hingga Manfaatnya

JAKARTA, duniafintech.com – Outstanding shares merupakan salah satu istilah dalam dunia investasi saham yang wajib dipahami oleh investor. Pada dasarnya, istilah ini merujuk pada sebuah...

Kerugian Ikut Asuransi Prudential dan Keuntungannya, Cek Ya!

JAKARTA, duniafintech.com – Kerugian ikut asuransi Prudential dan keuntungannya perlu diketahui oleh nasabah dari perusahaan asuransi ini. Seperti diketahui, salah satu pertimbangan saat akan membeli...

Cara Pindah Faskes BPJS Berikut Syarat dan Ketentuannya

JAKARTA, duniafintech.com – Cara pindah faskes BPJS Kesehatan berikut ini sangat penting diketahui oleh para peserta asuransi satu ini. Cara pindah faskes-nya pun sebetulnya sangat...

Kripto Masuk Pembahasan RUU P2SK, Ini Respon CEO Indodax

JAKARTA, duniafintech.com - Rancangan Undang Undang (RUU) Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan (P2SK) resmi masuk ke dalam daftar Program Legislasi Nasional (Prolegnas) DPR yang...
LANGUAGE