26.8 C
Jakarta
Jumat, 3 Februari, 2023

Cara Cepat Kaya dengan Mengikuti Hidup Hemat ala Orang Jepang

DuniaFintech.com – Sudah umum rasanya jika sebagian orang di usia produktif masih kesulitan untuk berhemat. Akibatnya, kondisi ekonomi pun cenderung stuck di tempat. Namun jangan khawatir, banyak cara cepat kaya di usia muda. Salah satunya dengan mengikuti hidup hemat uang ala orang Jepang.  

Sikap kerja keras dan disiplin tinggi yang terkenal dari masyarakat Jepang adalah salah satu dasar mengapa mereka bisa mengatur segalanya dengan baik, termasuk soal keuangan.

Selain itu, prinsip less is more yang dianut oleh masyarakat Jepang juga benar-benar diterapkan di dalam kehidupan mereka. Berbeda dengan masyarakat di negara maju lainnya, orang Jepang justru bisa menahan diri untuk tidak membeli barang-barang di luar kebutuhan. Untuk itu, yuk tiru cara cepat kaya ala orang jepang.

Menggunakan Transportasi Umum

Sebagai salah satu negara produsen mobil yang cukup besar di dunia, lalu lintas di Jepang justru tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan Jakarta. Salah satu alasannya, mayoritas masyarakat di Jepang lebih memilih menggunakan transportasi umum dibanding kendaraan pribadi. Sekalipun penghasilan yang mereka miliki cukup untuk membeli mobil, ada beberapa pertimbangan yang membuat kendaraan umum jadi pilihan banyak orang Jepang. Misalnya, biaya parkir yang cukup tinggi serta aturan dan biaya yang tak sedikit untuk bisa memiliki kendaraan pribadi. biaya pembuatan SIM di Negeri Sakura ini mencapai 350 ribu yen atau sekitar Rp 40 juta.

Menekan Biaya Sewa Rumah

Untuk pemilihan tempat tinggal, banyak warga Jepang yang memilih tinggal di hunian sempit. Alasannya, selain biaya sewa yang lebih terjangkau, biaya perawatannya pun jadi lebih murah. Sejalan dengan hal tersebut, banyak pakar keuangan yang menyarankan agar pengeluaran sewa tempat tinggal tidak lebih dari 25 persen pendapatan bulanan. Ditambah 5 persen untuk biaya tambahan, seperti listrik, air, iuran keamanan, dan sebagainya.

Baca Juga:

Membuat Daftar Belanja

Membuat daftar belanja merupakan cara menghemat uang yang kerap dilakukan warga Jepang, terutama ibu rumah tangga. Sesampainya di toko, mereka langsung menuju rak produk yang diperlukan. Dengan begitu, mereka tidak menghabiskan waktu untuk melihat-lihat produk lain dan berakhir membeli produk yang tak dibutuhkan.

Membawa Bekal dari Rumah

Di Jepang, ada budaya membawa bento alias bekal yang disiapkan oleh orangtua untuk anaknya, ataupun seorang istri untuk suaminya. Kebiasaan serupa sebetulnya sudah banyak pula dilakukan oleh orang Indonesia. Membawa bekal memang ampuh memangkas pengeluaran sehari-hari. Biaya yang dikeluarkan untuk makan di rumah makan atau restoran bisa berkali-kali lipat lebih tinggi dibanding menyantap hidangan yang dimasak sendiri.

Melakukan Teknik “Kekeibo”

Cara cepat kaya ala orang jepang yang terakhir adalah melakukan seni menabung dengan teknik kekeibo. Teknik Kekeibo adalah sebutan bagi seni mengatur keuangan di Jepang. Teknik yang sudah populer sejak tahun 1900-an ini mewajibkan Anda untuk mencatat setiap detil pengeluaran. Pencatatan ini akan dianalisa setiap akhir bulan. Karena teknik Kekeibo ini, orang Jepang dapat menghemat pengeluarannya secara signifikan. Jadi Anda jangan kaget jika melihat gaya hidup mereka yang minimalis walaupun tinggal di negara yang sangat maju.

(DuniaFintech/VidiaHapsari)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Menteri Erick Pastikan BUMN Siap Optimalisasi Kedaulatan Pangan Indonesia

JAKARTA, duniafintech.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan BUMN siap mengoptimalisasi industri dan kerjasama di sektor pangan demi kedaulatan pangan...

Game Penghasil Crypto tanpa Modal, Intip Daftarnya di Sini

JAKARTA, duniafintech.com – Game penghasil crypto tanpa modal penting diketahui apabila kamu ingin mendapatkan cuan dari suatu permainan. Saat ini, ada banyak game penghasil crypto...

Tips Investasi untuk Pemula dan Daftar Instrumen Investasinya

JAKARTA, duniafintech.com – Tips investasi untuk pemula perlu diketahui saat kamu yang masih awam ingin terjun ke dunia penanaman modal. Saat ini, tersedia berbagai jenis...

Platform Trading Crypto Terpercaya di Indonesia, Cek Rekomendasinya

JAKARTA, duniafintech.com – Platform trading crypto terpercaya tentu saja penting diketahui jika ingin terjun ke dunia investasi kripto. Dalam beberapa waktu terakhir, aset kripto memang...

Cara Trading Bitcoin tanpa Modal dan Sejumlah Tipsnya

JAKARTA, duniafintech.com – Cara trading Bitcoin tanpa modal tentu perlu diketahui dan dipahami oleh para trader dan peminat aset kripto. Bitcoin sendiri hingga saat ini...
LANGUAGE