25.1 C
Jakarta
Selasa, 19 Oktober, 2021

Cara Cepat Kaya dengan Mengikuti Hidup Hemat ala Orang Jepang

DuniaFintech.com – Sudah umum rasanya jika sebagian orang di usia produktif masih kesulitan untuk berhemat. Akibatnya, kondisi ekonomi pun cenderung stuck di tempat. Namun jangan khawatir, banyak cara cepat kaya di usia muda. Salah satunya dengan mengikuti hidup hemat uang ala orang Jepang.  

Sikap kerja keras dan disiplin tinggi yang terkenal dari masyarakat Jepang adalah salah satu dasar mengapa mereka bisa mengatur segalanya dengan baik, termasuk soal keuangan.

Selain itu, prinsip less is more yang dianut oleh masyarakat Jepang juga benar-benar diterapkan di dalam kehidupan mereka. Berbeda dengan masyarakat di negara maju lainnya, orang Jepang justru bisa menahan diri untuk tidak membeli barang-barang di luar kebutuhan. Untuk itu, yuk tiru cara cepat kaya ala orang jepang.

Menggunakan Transportasi Umum

Sebagai salah satu negara produsen mobil yang cukup besar di dunia, lalu lintas di Jepang justru tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan Jakarta. Salah satu alasannya, mayoritas masyarakat di Jepang lebih memilih menggunakan transportasi umum dibanding kendaraan pribadi. Sekalipun penghasilan yang mereka miliki cukup untuk membeli mobil, ada beberapa pertimbangan yang membuat kendaraan umum jadi pilihan banyak orang Jepang. Misalnya, biaya parkir yang cukup tinggi serta aturan dan biaya yang tak sedikit untuk bisa memiliki kendaraan pribadi. biaya pembuatan SIM di Negeri Sakura ini mencapai 350 ribu yen atau sekitar Rp 40 juta.

Menekan Biaya Sewa Rumah

Untuk pemilihan tempat tinggal, banyak warga Jepang yang memilih tinggal di hunian sempit. Alasannya, selain biaya sewa yang lebih terjangkau, biaya perawatannya pun jadi lebih murah. Sejalan dengan hal tersebut, banyak pakar keuangan yang menyarankan agar pengeluaran sewa tempat tinggal tidak lebih dari 25 persen pendapatan bulanan. Ditambah 5 persen untuk biaya tambahan, seperti listrik, air, iuran keamanan, dan sebagainya.

Baca Juga:

Membuat Daftar Belanja

Membuat daftar belanja merupakan cara menghemat uang yang kerap dilakukan warga Jepang, terutama ibu rumah tangga. Sesampainya di toko, mereka langsung menuju rak produk yang diperlukan. Dengan begitu, mereka tidak menghabiskan waktu untuk melihat-lihat produk lain dan berakhir membeli produk yang tak dibutuhkan.

Membawa Bekal dari Rumah

Di Jepang, ada budaya membawa bento alias bekal yang disiapkan oleh orangtua untuk anaknya, ataupun seorang istri untuk suaminya. Kebiasaan serupa sebetulnya sudah banyak pula dilakukan oleh orang Indonesia. Membawa bekal memang ampuh memangkas pengeluaran sehari-hari. Biaya yang dikeluarkan untuk makan di rumah makan atau restoran bisa berkali-kali lipat lebih tinggi dibanding menyantap hidangan yang dimasak sendiri.

Melakukan Teknik “Kekeibo”

Cara cepat kaya ala orang jepang yang terakhir adalah melakukan seni menabung dengan teknik kekeibo. Teknik Kekeibo adalah sebutan bagi seni mengatur keuangan di Jepang. Teknik yang sudah populer sejak tahun 1900-an ini mewajibkan Anda untuk mencatat setiap detil pengeluaran. Pencatatan ini akan dianalisa setiap akhir bulan. Karena teknik Kekeibo ini, orang Jepang dapat menghemat pengeluarannya secara signifikan. Jadi Anda jangan kaget jika melihat gaya hidup mereka yang minimalis walaupun tinggal di negara yang sangat maju.

(DuniaFintech/VidiaHapsari)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

DIREKTORI LIST

ARTIKEL TERBARU

5 Fungsi Manajemen Keuangan dan Manfaatnya bagi Perusahaan

Salah satu fungsi manajemen keuangan adalah bagaimana mengelola keuangan dari satu perusahaan dengan baik dan benar tentunya. Dari fungsi tersebut, usaha yang sedang dijalankan...

Gandeng Fintech Batumbu, CIMB Niaga Salurkan Rp50 Miliar Bagi UMKM

PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) berkolaborasi dengan perusahaan financial technology (fintech) pembiayaan berbasis aplikasi atau fintech lending PT Berdayakan Usaha Indonesia (Batumbu). Head...

Ini Alasan Maudy Ayunda Jadi Salah Satu Investor Startup Segari

Satu tahun beroperasi di Indonesia, Segari, startup grocery commerce terus catat pertumbuhan bisnis yang signifikan. Segari baru saja menyelesaikan pendanaan Seri A dari para...

Anuitas: Pengertian, Jenis, Contoh dan Cara Kerja

Anuitas adalah metode penghitungan bunga pinjaman dalam rangka memudahkan nasabah membayar angsuran setiap periodenya. Biasanya, sistem yang diterapkan adalah bunga mengambang atau efektif (floating...

Belum Punya Asuransi Kartu Kredit? Simak Pertimbangannya di Sini

Asuransi kartu kredit adalah produk perlindungan finansial yang diberikan oleh penerbit kartu kredit (CC atau credit card) kepada nasabah mereka. Proteksinya meliputi pembebasan tagihan...
LANGUAGE