28.7 C
Jakarta
Sabtu, 15 Agustus, 2020

Pentingnya Detoks Keuangan Sejak Dini, Lakukan Sekarang Juga!

DuniaFintech.com – Detoks keuangan merupakan cara terbaik mengembalikan kondisi kronis keuangan. Jika sebelumnya Anda mengalami masalah keuangan dengan pengeluaran yang lebih besar daripada pemasukan makan sudah waktunya Anda melakukan langkah-langkah untuk memulihkan kondisi keuangan.

Pada usia-usia produktif, keuangan menjadi hal penting yang harus Anda berikan perhatian lebih. Sebagian besar dari kita kerap melakukan sistem keuangan yang salah dan membuat kita terjebak dalam kehidupan paychecktopaycheck hanya karena tidak dapat menahan diri untuk membeli kopi di kafe atau memesan makanan secara online yang membuat biaya pengeluaran menjadi lebih besar.

Dilansir dari situs Girlboss, money detox dapat membantu Anda yang mengalami kesulitan untuk mengontrol keuangan dan menabung. Detoks ini sama sekali tidak dimaksudkan sebagai cara untuk menghukum diri sendiri atau indikasi bahwa membelanjakan uang itu buruk. Tetapi dengan melakukan detoks keuangan, Anda bisa menyimpan uang lebih banyak dan memiliki gaya hidup yang lebih terkontrol.

Selain kebiasaan belanja dapat terkontrol, Anda juga akan lebih bijak menggunakan uang. Tidak akan ada lagi masalah keuangan dan stress. Bagaimana apakah Anda siap mencoba untuk menjalani detoks keuangan. Maka dari itu, berikut ini adalah 4 tipe yang bisa kamu coba:

Baca Juga:

1. Weekend Financial Detox

Pada tipe detoks ini, Anda harus membekukan pengeluaran pada akhir pekan di minggu atau bulan tertentu. Atau jika ingin perubahan yang signifikan, Anda bisa melakukannya di akhir pekan setiap bulan. Yang berarti, kamu tidak boleh mengeluarkan uang untuk apa pun selama 48 jam penuh. Sebisa mungkin, selama 48 jam ini tidak ada kegiatan belanja bahan makanan, makan malam melalui pesan online, dan pengeluaran receh lainnya. Oleh karena itu, jika baru pertama kali ingin mencoba detoks keuangan, Anda bisa mencobanya dari tahap ini terlebih dahulu, sebelum lanjut ke tahap selanjutnya.

2. Weekday Financial Detox

Metode ini tentunya berkebalikan dari metode detox weekend. Pada metode ini, Anda harus membekukan pengeluaran pada hari kerja. Dengan kata lain, usahakan untuk tidak mengeluarkan uang di hari senin hingga jumat. Adapun anggaran yang dimaksud adalah pengeluaran untuk jajan atau berbelanja barang yang bukan menjadi kebutuhan. Sebaliknya, Anda bisa menggunakan dua hari di akhir pekan untuk membantu kamu mempersiapkan detoksifikasi di hari kerja ke depan.

3. The Every Other Week Financial Detox

Metode yang ketiga adalah dengan mendetoks dihari minggu demi minggu. Pada metode ketiga ini kamu melakuakn detoks secara bergantian, minggu ini kamu melakukan detoks, minggu selanjutnya tidak dan seterusnya. Adapun manfaat dari metode ketiga ini adalah, Anda masih memiliki satu minggu akses terhadap uang untuk melakukan apa saja yang diinginkan.

4. The Full 30 Days Financial Detox

Bisa dibilang, metode keempat ini adalah kegiatan detoks yang paling ektrim. Selama 30 hari, Anda tidak diperbolehkan mengeluarkan uang untuk hal-hal yang bisa menganggu detoks keuanganmu. Bagi pemula, metode 30 hari mungkin terbilang berat dan hal tersebut memang benar adanya. Maka dari itu, saran yang bisa kamu terapkan adalah dengan merencanakan sejumlah perencanaan yang signifikan terlebih dahulu.

Sebelum memutuskan untuk memulai detoks di metode ini, ada baiknya Anda mencoba 3 metode sebelumnya terlebih dahulu. Hal ini untuk menghindari kegagalan serta rasa putus asa hingga akhirnya kamu tidak mau lagi untuk menjalaninya. Selain itu, metode 30 hari hanya boleh dilakukan sekali atau dua kali dalam setahun. Karena jika membatasi terlalu banyak untuk waktu yang terlalu lama, Anda akan membenci dengan kegiatan ini dan akhirnya menyerah begitu saja.

(DuniaFintech/VidiaHapsari)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Startup Insurtech Indonesia, Berikut Daftar Perusahaan yang Bisa Jadi Pilihan Anda

DuniaFintech.com - Setelah maraknya fintech p2p lending di masyarakat Indonesia, startup Insurtech Indonesia pun tidak kalah berkembang. Startup yang bergerak di bidang Insurtech (Insurance Technology) di...

Meski Dihadapi Sentimen, Huawei Justru Merangkak di Fortune Global 500

DuniaFintech.com - Perusahaan telekomunikasi berbasis di Tiongkok, Huawei justru merangkak ke posisi 49 dalam daftar Fortune Global 500 pada 2020. Salah satu...

Modal 1 Juta tapi Bisnis Untung Berlipat, Peluang Usaha Ini Wajib Dicoba

DuniaFintech.com - Di masa pandemi Covid-19 ini, banyak masyarakat banting stir untuk mencari penghasilan tambahan dari berbisnis. Namun, tak sedikit pula yang...

Terhapus dari Sistem, Pengembang Fortnite Gugat Apple dan Android!

DuniaFintech.com - Penerbit dan pengembang game Fortnite, Epic Game bakal melayangkan gugatan hukum kepada dua jenis pengembang gawai, yakni Apple dan Android....

Aset Kripto Sebagai Investasi? Berikut Alasan Mengapa Anda Perlu Investasi Aset Kripto

DuniaFintech.com - Aset kripto kini telah menjadi pilihan investasi di masyarakat Indonesia. Lalu, apakah Anda masih ragu menjadikan aset kripto sebagai investasi?...
LANGUAGE