23.7 C
Jakarta
Sabtu, 13 Juli, 2024

Trik Menabung dengan Gaji Dibawah 1 Juta

JAKARTA, duniafintech.com – Mencari pekerjaan dengan gaji yang mapan tidak semudah membalikan telapak tangan. Banyak orang rela bekerja seadanya dengan gaji dibawah 1 juta. Sehingga untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari diperlukan pengaturan yang ekstra. Terutama dalam menyimpan uang, anda pun perlu mengetahui cara menabung dengan gaji dibawah 1 juta.

Gaji 1 juta jika diperhitungkan hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan pokok. Mulai dari kebutuhan makan, minum, membayar tagihan, transport, uang saku dan sebagainya. Akan tetapi, dengan menghemat pengeluaran, anda tetap bisa menabung walaupun gaji anda dibawah 1 juta. Maka dari itu, simak cara menabung dengan gaji dibawah 1 juta berikut.

Cara Menabung dengan Gaji di Bawah 1 Juta

1. Menerapkan Hidup Hemat

Agar anda bisa berhasil mengumpulkan uang dalam bentuk tabungan, anda perlu menerapkan gaya hidup yang hemat. Hemat disini bukan berarti pelit, akan tetapi mengendalikan pengeluaran yang tidak penting. Misalnya membeli baju baru padahal anda masih memiliki baju-baju yang kondisinya masih bagus.

Cara hidup hemat lainnya yakni anda bisa mengatur gaji anda dengan mengalokasikannya menjadi beberapa bagian. Diantaranya untuk memenuhi kebutuhan pokok, dan sisanya untuk ditabung. Uang yang anda tabung sebisa mungkin jangan anda sentuh jika tidak ada keperluan yang mendesak.

2. Mengurangi Pengeluaran Uang

Cara menabung dengan gaji dibawah 1 juta yaitu mengurangi berbagai jenis pengeluaran yang tidak penting. Misalnya anda bisa mengurangi kebiasaan nongkrong di luar. Jika anda nongkrong, dipastikan secara otomatis anda ingin mengeluarkan uang untuk membeli makanan atau minuman. Hal inilah yang menjadi penyebab utama pemborosan uang.

Solusi terbaiknya, yaitu mengurangi kebiasaan serta rajin menabung sedikit demi sedikit. Anda bisa menabung di bank, koperasi, ataupun di celengan. Latih diri anda menabung minimal sebulan sekali dan biasakan setiap bulan aktivitas tersebut. Misalnya setiap hari gajian, anda dapat menyisihkan sedikit penghasilan anda sekitatr 50 ribu atau 100 ribu ke dalam tabungan.

3. Menentukan Target untuk Masa Depan

Cara selanjutnya yaitu menentukan target untuk masa depan anda. Pikirkan kebutuhan jangka panjang anda, misalnya untuk biaya saat berkeluarga, pendidikan anak, hingga masa tua. Selain itu, anda juga perlu memikirkan sesuatu hal yang tidak dapat diprediksi sebelumnya. Misal ada keperluan mendesak ataupun hal lainnya di masa yang akan datang.

Jangan merasa keberatan akan hal ini, karena target masa depan akan berguna untuk diri anda dan keluarga anda nantinya. Anda bisa belajar mengelola keuangan dengan baik dan membuat motivasi yang tinggi dalam menabung agar lebih bersemangat dalam mengumpulkan pundi pundi uang.

4. Melakukan Investasi

Cara lainnya selain menabung adalah berinvestasi. banyak instrument investasi yang bisa anda pilih sesuai dengan minat anda. Anda bisa berinvestasi saham, emas, properti, atau mendepositokan uang anda. Anda juga bisa memilih investasi untuk jangka pendek ataupun jangka panjang. Investasi telah diamini banyak orang jika keuntungannya cukup menjanjikan. 

Untuk melakukan investasi, anda bisa datang ke lembaga keuangan baik bank ataupun non bank. Jika menurut anda cukup ribet, anda bisa berinvestasi melalui platform digital yang telah terdaftar di OJK. Uang investasi anda dijamin aman dan terkendali.

Itulah beberapa cara menabung dengan gaji dibawah 1 juta. Berbagai cara dapat anda lakukan untuk mengumpulkan uang walaupun gaji dibawah 1 juta. Dengan gaya hidup yang hemat, cara-cara di atas memang sukar untuk dilakukan, tetapi akan berhasil anda lakukan jika berani mencoba. Pada akhirnya, Anda pun mempunyai simpanan tetap untuk masa depan.

 

Penulis: Kontributor

Editor: Anju Mahendra

Iklan

mau tayang di media lain juga

ARTIKEL TERBARU